5 Hal Menyenangkan Saat Merayakan Lebaran di Rumah Saja



Lebaran tinggal menghitung hari. Meskipun tahun ini kita tak bisa merayakannya seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi tak akan mengurangi makna kesyukuran kita karena telah diberikan kesempatan beribadah yang luar biasa di bulan Ramadan yang mulia. 
Sejumlah kegiatan menyenangkan bisa menjadi pilihan untuk merayakan lebaran tahun ini bersama keluarga di rumah saja. Berikut diantaranya :

     1.  Memasak menu istimewa bersama keluarga
Walaupun kita tidak bisa bersilaturahmi ke rumah handai taulan dan sahabat, menyiapkan menu spesial menjadi agenda yang tak bisa dilewatkan. Dan tahun ini menjadi sebuah kesempatan untuk mencoba menu-menu baru yang berbeda. Terutama menu yang memiliki biaya yang jauh lebih bersahabat untuk kantong kita.

Libatkan anak-anak dan diskusikan menu apa yang ingin disajikan saat lebaran nanti. Kita juga bisa membuat kue dan penganan istimewa serta menyiapkannya untuk dijadikan hantaran lebaran.


     2.      Berbagi dari rumah
Libatkan seluruh anggota keluarga untuk menyiapkan hantaran untuk diberikan kepada handai taulan. Selain itu kita bisa berdonasi secara online, baik berupa barang-barang misalnya APD untuk nakes (tenaga kesehatan) ataupun berupa uang yang diserahkan secara online melalui banyak badan amal.

Kini juga banyak lembaga amal dimana kita bisa berdonasi mulai dari 10 ribu rupiah dan memiliki begitu banyak pilihan program donasi mulai dari dalam hingga luar negeri. Dengan begitu kita bisa memberikan donasi kita ke banyak penerima manfaat.

Cara lain yang bisa digunakan misalnya dengan mengirimkan paket sembako, kue kering, penganan ringan hingga makanan kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

      3.      Bersilaturahmi secara online
Kegiatan asyik selanjutnya adalah bersilaturahmi secara online. Ada banyak pilihan aplikasi untuk melakukan video call mulai dari video call dalam jumlah terbatas hingga jumlah banyak sehingga bisa melibatkan seluruh anggota keluarga besar.

Tentunya dengan memastikan bahwa aplikasi tersebut tersedia di seluruh perangkat telekomunikasi yang kita miliki. Hal ini bisa menjadi sebuah aktivitas yang mengasyikkan karena akan menghadirkan suasana baru sekaligus menjadi alternatif silaturahmi di saat kita harus tetap tinggal di rumah saja hingga jangka waktu yang belum diketahui.

Baca : 4 Aplikasi Yang Mudah Digunakan untuk Silaturahmi Online

Cara lain untuk bersilaturahmi online adalah dengan mengirimkan Kartu Ucapan Idul Fitri melalui social media dan sarana komunikasi digital seperti WA, Line, Messenger dan lain-lain. Apalagi, saat ini banyak aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat kartu Lebaran sendiri. Salah satunya adalah Canva, yang menyediakan banyak desain template menarik termasuk untuk kartu ucapan Lebaran.

      4.      Bermain bersama
Ada banyak kegiatan bermain yang bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Jika sebelumnya kita semua memang telah bersama-sama di rumah sembari melakukan kegiatan Work From Home (WFH), tentunya tak akan leluasa untuk bermain dalam jangka waktu yang cukup lama.


Momen lebaran bisa dijadikan waktu berkualitas untuk melekatkan hubungan dengan seluruh anggota keluarga. Kita bisa bermain scrabble, berkemah di halaman rumah, tebak-tebakan, menceritakan kisah dan cerita hingga membaca buku bersama-sama. Kita juga bisa merencanakan pengaturan program kegiatan setelah liburan lebaran ini dengan melibatkan seluruh anggota keluarga.

      5.      Membersihkan dan mengecat rumah bersama keluarga
Jika sebelumnya waktu libur lebaran kita tak memiliki banyak waktu untuk mengurusi rumah dengan baik. Kini saatnya kita bisa mengurus rumah dengan lebih seksama. Mengecat rumah, merapikan lemari, mencuci sepatu dan sendal, mencuci gorden, mengelap jendela, dan masih banyak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan bersama keluarga dan berbagi tugas.

Selain seru untuk dilakukan, kegiatan ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap rumah dan kebersihannya. Buatlah kegiatan ini menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan sehingga anak-anak akan merasa senang dan tanpa beban saat melakukannya.
Lebaran dalam suasana perjuangan melawan penyebaran virus corona yang masih menyisakan tanya besar tentang kapankah semuanya akan berakhir, tak lantas membuat kita tak bisa merayakan lebaran dengan bahagia. Tentunya ada sejumlah penyesuaian yang harus kita lakukan, sejumlah alternatif kegiatan yang dipilih, cara-cara bersilaturahmi dan berdonasi yang memanfaatkan teknologi serta pengetatan dana di berbagai sektor.
Namun di balik semua itu, kita tetap patut bersyukur karena kita masih diberi kesempatan untuk bertemu lebaran tahun ini. Semoga pada lebaran tahun depan, kita bisa merayakan lebaran seperti tahun-tahun yang kita rindukan, dengan silaturahmi, berbagi secara langsung, mudik ke rumah orang tua dan saudara di kampung halaman serta sholat Ied bersama-sama di mesjid.

Selamat Berpuasa dan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1441 H.

Sumber gambar :
pexels
  

No comments