4 Aplikasi yang Mudah Digunakan untuk Silaturahmi Online di Lebaran Tahun Ini



Lebaran Idul Fitri tahun ini akan menjadi lebaran yang sangat berbeda dari yang pernah kita jalani selama berpuluh tahun lamanya.  Ada rasa sedih karena tidak bisa mudik menemui orang-orang terkasih sebagaimana yang biasa kita lakukan. Saling kunjung-mengunjungi secara langsung dengan handai taulan menjadi hal yang sebaiknya tidak dilakukan dan banyak penyesuaian lainnya yang harus kita lakukan sebagai ikhtiar untuk memutus penyebaran virus corona.

Namun, di sisi lain,  kita bersyukur karena hidup di era teknologi informasi yang memungkinkan kita tetap terkoneksi walaupun tidak bisa bertemu secara langsung. Salah satu cara untuk tetap bisa bersilaturahmi dengan orang tua, saudara, kerabat dan teman adalah melalui aplikasi video call yang banyak tersedia di internet. Kita tinggal memilih aplikasi mana yang ingin kita gunakan dan membuat kita merasa nyaman.

Tentunya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menggunakan video call untuk bersilaturahmi nantinya di saat lebaran, diantaranya :
  •       Ketersediaan sinyal yang baik
Tanpa sinyal yang baik, tentunya akan terjadi buffering yang membuat video call kita terganggu. Jadi pastikan kita dan orang yang akan mengadakan video call dengan kita berada di daerah dengan sinyal yang lancar.
Jika menggunakan wifi, pastikan semua perangkatnya berfungsi baik sementara jika menggunakan kuota, pastikan kuotanya cukup ya.

  •   Kemudahan menggunakan video call
Ada kalanya kita menggunakan video call dengan mereka yang tidak memahami aplikasi yang tidak familiar. Maka pastikan memilih aplikasi yang mudah digunakan baik untuk kita maupun mereka yang menerima panggilan video call.

  •   Adanya aplikasi di ponsel kita dan orang yang hendak kita hubungi
Ini juga penting lho. Jangan sampai aplikasinya tersedia di ponselmu, tapi belum tersedia di ponsel orang yang akan kita hubungi. Daripada repot harus mengunggah aplikasi baru yang bisa jadi memiliki kapasitas yang besar, lebih baik menggunakan aplikasi yang telah tersedia saja.
Berikut beberapa aplikasi yang mudah digunakan untuk melakukan sambungan video call saat silaturahmi di kala lebaran nanti :

Skype
Teknologi Skype ini dtemukan oleh wirausahawan Niklas Zennstrom dan Janus Friis bersamaan dengan ditemukannya Kazaa dan Joosst (P2P untuk televisi). Di tahun 2003, grup Skype dibentuk dan dibeli oleh perusahaan elang internet raksasa di Amerika e-Bay yang bermarkas di Luxembourg, Jerman. Sejak pertama kali digunakan, Skype telah mengalami pertumbuhan pesat akibat penggunaannya yang populer dan pengembangan perangkat lunaknya. Diketahui di tahun 2006 saja, Skype telah memiliki 100 juta pengguna.

Kita bisa menggunakan Skype dengan gratis atau berbayar, dengan ponsel, PC atau Alexa. Biasa digunakan dalam rapat yang bisa melakukan panggilan audio dan video hingga 50 orang dalam satu kali pertemuan. Cocok bagi kamu yang punya keluarga besar sehingga bisa melakukan silaturahmi online pas lebaran nanti. 

Skype ini juga terhubung melalui akun facebook sehingga kita bisa menggunakan akun ini untuk masuk. Setelah mengunduh aplikasi ini di ponsel milikmu, kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya lalu bisa langsung menggunakannya. Keunggulan Skype ini terletak pada kualitas suaranya yang unggul dibandingkan aplikasi video call lainnya. Selain itu juga mudah digunakan dan bisa mengarahkan lalu-lintas dan memastikan berbagai jalur yang ada. Hal ini membuat aplikasi Skype langsung menjadi pusat perhatian orang banyak karena dampaknya yang sangat baik bagi pengguna.
 
Kelemahan aplikasi ini yakni pada kapasitas memori yang terpakai karena akan menggunakan kapasitas hardisk atau memori android yang cukup besar. Selain itu, sebaiknya kamu janjian dulu agar sama-sama membuka aplikasi ini sebelum digunakan. Dan tidak adanya panggilan darurat sehingga tidak dapat melakukan panggilan sewaktu-waktu seperti aplikasi video call lainnya.

Whatsapp
Sebelumnya Whatsapp video call hanya memungkinkan 4 orang saja dalam satu waktu percakapan. Kini jumlah tersebut meningkat menjadi 8 orang dalam satu kali percakapan. Tapi fitur ini baru bisa dinikmati di perangkat yang memiliki versi beta pada versi 2.20.133 pada android dan 2.20.50.25 pada iOS. Dan jika ingin mengadakan percakapan hingga 8 pengguna ini, seluruh perangkat pengguna harus sudah memiliki versi beta ini.

Walaupun memiliki jumlah peserta yang terbatas, tidak seperti aplikasi video call lainnya, aplikasi ini cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Selain itu dengan jumlah pengguna yang sangat besar yakni mencapai 1,6 miliar pengguna aktif bulanan, kamu bisa melakukan video call kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet tentunya.

Google Duo
Aplikasi ini kini bisa menampung hingga 12 orang dalam satu waktu percakapan. Cukup puas kan saat digunakan pas silaturahim nanti. Selain itu, cara penggunaanya juga mudah dan koneksinya juga stabil dan cepat karena adanya teknologi WebRTC. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini walaupun kamu beda platform dengan temanmu, misalnya kamu menggukan Android dan temanmu menggunakan iOS.

Untuk soal keamanan, aplikasi video call yang memungkinkan kita untuk melihat interface penelepon kita ini sudah menjamin keamanan dan privasi penggunanya karena adanya teknologi end-to-end encrypted yang mampu mengenkripsi data mulai dari awal hingga akhir. Salah satu kelemahan dari aplikasi video call ini adalah belum banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini.

Line
Satu lagi aplikasi video call yang bisa kamu gunakan pas lebaran nanti untuk bersilaturahmi online adalah Line. Aplikasi yang banyak digunakan anak muda ini dan telah mencapai 90 juta pengguna di Indonesia ini dimana 72 jutanya merupakan pengguna aktif bulanan ini memang disukai anak muda karena memiliki tampilan dan fitur-fitur yang menarik.

Dikembangkan dari negeri matahari terbit, Jepang ini memungkinkan penggunanya melakukan video call hingga 200 orang secara bersamaan, tentunya dengan menggunakan Line Group Video Call. Terdapat pula efek emosi yang ditampilkan dengan emotikon sehingga membuat percakapan jadi tambah seru. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang ingin silaturahmi dengan teman-teman di saat lebaran nanti.

Nah itu dia 4 aplikasi video call yang mudah dan bisa kamu gunakan saat silaturahmi lebaran nanti. Mana yang menjadi favoritmu?


Sumber :
skype.com
123ish.com
itgeek.id
tekno.kompas.com
cnnindonesia.com
sabigaju.com
official-blog.line.me
freepik.com

23 comments

  1. untungnya pandemi ini datang saat teknologi kita sudha canggih ya mbak,jadi walau tidak bisa mudik, masih bisa silaturahmi via online

    ReplyDelete
  2. Ini angkatan cucu eyang udah pada mau zoom-an untuk lebaran nanti

    Tapi generasi anak eyang yg ga begiti tertarik soalnya udah usia pensiun semua

    Mungkin kl ditawari WA mereka baru tertarik krn ga perlu ngulik-ngulik lagi

    Entah nanti lebaran pake apa, yg jelas siapin kuotanya

    ReplyDelete
  3. Kita pake wa ajalah gl, mamak pun dah bisa pakai, hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau sama ortuku pakai Whatsapp. Beliau nggak punya line, skype beliau nggak paham.

    ReplyDelete
  5. walaupun lebaran tahun ini nggak bisa mudik dan ketemu sanak saudara tapi masih bisa dihubungkan oleh teknologi jaman sekarang yg semuanya udah serba canggih ya hihi

    ReplyDelete
  6. aku senang skrg whatsapp bisa berdelapan,soalnya sinyal yang stabil di rumahku cuma bisa dipake whatsapp, entah lah kalo pake aps lain ga bisa kuat sinyalnya, putus2

    ReplyDelete
  7. Semenjak ada WhatsApp aku udah ngga pake Skype, padahal Skype itu awal-awal juara dan favorit banget apalagi sama temen dan sodara di luar negeri. Soalnya waktu itu WA belum banyak yang pake orang luar. Line juga udah mulai jarang dipake. Hehehe

    ReplyDelete
  8. hahaha, saya cuman whatsapp aja, nggak install banyak-banyak takut memori kepenuhan :)
    Apalagi di masa online kayak sekarang, kyaknya semua aplikasi berlomba-lomba mengupgrade semua kelebihannya masing-masing, mempermudah komunikasi di masa pandemi sekarang :)

    ReplyDelete
  9. Belakangan ini aku melupakan skype dan beralih ke zoom dan WhatsApp. Kalo line sih udah lama aku uninstall

    ReplyDelete
  10. aku suka pakai platform di atas mba...memang sekarang video conference jadi pilhan paling oke yaaa

    ReplyDelete
  11. Semua aplikasi ini bagus mbak untuk menjalin komunikasi apalagi saat ini bisa video call bareng keluarga jadi walau enggak mudik dan jauh jadi terasa dekat dengan aplikasi ini.

    ReplyDelete
  12. Waduuuh, langsung berasa banget sedihnya. Karena saat ini aku sedang di rantau dan emang tidak bisa mudik. Tiap hari harus vc via whatsapp dan sepertinya lebaran nanti bakal sungkem via video call juga deh. huhuhu. 😔😔

    ReplyDelete
  13. Keluaargaku biasanya pake vcall dari WA aja, soalnya mereka pahamnya ituu, hiiii.
    Yang penting tetp berasa silaturahminyaa.

    ReplyDelete
  14. Iya nih mbak sedih banget rasanya gak bisa mudik...padahal tiap tahun mudik sudah menjadi tradisi saya dan keluarga untuk bertemu keluarga besar yang sama2 satu kampung halaman. Jadi pengen nyobain video call lewat Line yang bisa digunakan oleh orang banyak. Terimakasih referensi nya yang sangat bermanfaat dengan begitu meski tak mudik masih ada cara lain untuk bersilaturahmi.

    ReplyDelete
  15. Sepertinya untuk silaurahmi online unthk keluarga aku pakainya wa aja soalnya kakek nenek ngertinya cuma itu, kalau harus pakai aplikasi yang lain belum diajarkan heehehe. Yang penting bisa silaturahmi dulu ya

    ReplyDelete
  16. Beneeer sinyal yg oke tuh jadi syarat utama banget. Aku berkali2 video call sama mertua di desa suka kesendat2 karena sinyal di sana kurang baik.

    ReplyDelete
  17. Yang belum unduh itu google duo, jadi penasaran cara kerjanya gimana, kalau skype dulu pernah oake karena ada sodara yang tinggal di Inggris ngajakin skypean

    ReplyDelete
  18. Selama pandemi, aku dan kelompok tahsinku tetap bertemu via online.
    Dan kita mencoba berbagai apps. Dari wa, zoom meeting dan IG.
    Yang paling oke sampai saat ini Zoom Meeting siih...meski sering putus karena kita gak beli yang pro.

    ReplyDelete
  19. Enaknya skarang bisa video call mba. Jadi berasa liat dan ngobrol langsung ya mba.

    ReplyDelete
  20. Belum pernah nyobain Duo mba, kapan-kapan ah mau juga ketemuan dengan teman-teman via app ini. Makin banyak aja ya app yang bisa kita jadikan sarana untuk berjumpa secara online dengan teman dan sahabat.

    ReplyDelete
  21. WA ttetap yang paling mantap lah untuk komunikasi dengan keluarga maupun kerabat..

    ReplyDelete
  22. Line blm pernah coba nih, boleh jd referensi

    ReplyDelete
  23. line udah aku uninstal dari dulu kebanyakan notif berita yang muncul, pas juga lagi musim whatsapp, dari pada double mending whatsapp aja penuhin kapasitas hp hehehe.. tapi google duo baru denger nih, mau coba ahh...

    ReplyDelete