Ide Hantaran untuk Lebaran Tahun Ini, Silaturahmi Terjaga di Tengah Pandemi Covid-19



Sekitar satu minggu lagi, kita akan bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri. Sebuah momen penuh keharuan karena berpisah dengan bulan suci penuh kemuliaan, seiring harapan agar bisa berjumpa kembali di tahun mendatang, tentunya tanpa kehadiran virus  Covid-19. 

Sejumlah kebiasaan dan tradisi lebaran akan menjadi kerinduan bagi kita tahun ini karena harus dilakukan dengan suasana dan cara berbeda. Tetapi, tentunya ada banyak cara agar momen tersebut tak kehilangan keindahannya. Salah satunya dengan melakukan silaturahmi online dengan menggunakan aplikasi yang bisa membuat kita bisa terhubung dengan keluarga, sanak saudara, sahabat dan teman dimana pun berada selama ada akses internet dan fasilitas gawai.

Untuk mempererat silaturahmi, dan pengganti kehadiran diri yang tak bisa kita lakukan karena himbauan tegas untuk di rumah saja, maka kita bisa membuat hantaran lebaran yang spesial dan dikirimkan kepada orang tua, sanak saudara dan sahabat yang berada dalam satu kota.

Berikut beberapa ide hantaran lebaran yang spesial dengan harga yang bersahabat di kantong :

     1.      Hantaran kue kering
Di urutan pertama, ada favorit hantaran lebaran yakni kue kering. Tak perlu yang berharga mahal, tak juga harus banyak. Kita bisa membuat hantaran yang cantik dan menarik hanya dengan satu toples kue kering yang dibuat dengan sepenuh hati.
Satu toples kue kacang atau skippy, kue margarin dengan buah campur hingga kue coklat goodtime bisa dijadikan hantaran yang cantik. Kita tinggal menghias toples mika dengan ucapan dan pita. Hantaran ini tentunya akan membuat mereka yang menerimanya merasa bahagia.

     2.      Hantaran buah-buahan
Buah-buahan tak melulu diberikan saat kita mengunjungi orang sakit atau sebagai hantaran pernikahan saja. Sebagai hantaran lebaran pun, paket ini terasa sangat spesial. Apalagi di saat kita harus berjuang menghadapi pandemi yang membutuhkan daya tahan tubuh yang baik.
Buah-buahan bisa menjadi bagian ikhtiar kita untuk menjaga tubuh dalam kondisi sehat. Kita bisa memilih jeruk, pepaya, nenas, jambu, mangga, pisang dan berbagai jenis buah-buahan ropis maupun impor. Kita tinggal mengemasnya menjadi hantaran yang menarik atau cukup dengan menambahkan pita dan kartu ucapan yang manis.


     3.      Hantaran APD
Di saat sekarang ini, memberi hantaran berupa Alat Pelindung Diri atau biasa disingkat APD menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. Hal ini menunjukkan perhatian dan bentuk kepedulian kita. Kita bisa membuat hantaran yang berisi masker, hand soap, hand sanitizer hingga sarung tangan plastik yang dikemas secara menarik.


      
       4.      Hantaran penganan ringan
Kita telah lama mengenal parsel. Mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang lumayan mahal. Isinya pun bermacam-macam. Parsel sering diisi dengan makanan ringan seperti wafer, kripik, minuman kaleng, biskuit, kukis dan beberapa penganan ringan lainnya.

Pada tahun ini, untuk menggantikan penganan tersebut, kita bisa membuat penganan ringan sendiri misalnya puding yang dimasukkan ke dalam cup-cup lalu diberi hiasan buah, kue basah seperti brownies, bolu atau cake yang dipotong lalu diberi hiasan, sus isi vla hingga makanan ringan seperti kripik, pangsit goreng dan masih banyak lagi pilihan penganan ringan yang bisa kita jadikan hantaran.

     5.      Hantaran sembako
Memberi hantaran sembako di saat lebaran atau di malam lebaran? Mengapa tidak. Saat ini kebutuhan pokok meliputi beras, tepung, gula, teh, minyak goreng, sarden hingga mie, sangat dibutuhkan banyak orang di tengah penurunan penghasilan akibat terdampak Covid-19 ini.
Kita juga bisa membuat parsel sederhana dengan menggunakan bahan-bahan pokok ini. Lalu mengirimnya kepada mereka sebagai tanda cinta dan kepedulian kita.



      6.      Hantaran lauk masak
Selanjutnya kita bisa mengirim lauk masak. Bisa dari menu yang kita buat untuk hari raya. Misalnya satu paket hantaran lauk masak yang berisi ketupat, gulai, balado dan kerupuk. Kita tinggal menatanya dengan cantik. Lalu selanjutnya mengirimkannya kepada keluarga atau kerabat.
Kita juga bisa melengkapinya dengan ucapan selamat lebaran yang mewakili kehadiran kita.


Saling mengirimkan hantaran telah menjadi sebuah tradisi dan kebiasaan dalam masyarakat kita. Apalagi dalam keterbatasan akses untuk bertemu secara langsung saat ini. Sehingga dibutuhkan kreativitas untuk tetap menjalin hubungan silaturahmi dengan cara-cara yang tetap aman dan nyaman bagi kita semua.

Penyebaran Covid-19 memang masih terjadi dan salah satu metode untuk memutusnya adalah dengan menjaga jarak dan mengurangi intensitas berkumpulnya banyak orang dalam satu ruangan atau satu tempat. Mau tak mau kita memang harus tetap berada di rumah bahkan saat lebaran tahun ini. Tetapi bukan berarti kita tak bisa tetap bersilaturahmi. Ada banyak jalan, salah satunya dengan membuat hantaran lalu mengirimkannya kepada mereka yang kita sayangi.
Selamat berpuasa.

Sumber gambar :
id.pinterest.com
pictame2.com
sumutpos.co
parselday.com
anekaparsel.blogspot.com
blog.tunaikita.com

No comments