Yuk, Mengelola THR dengan Bijak!

Yuk, Mengelola THR dengan Bijak!

Beberapa hari yang lalu, saya pergi membeli keperluan bulanan saya. Biasanya saya hanya pergi ke supermarket dekat rumah, tetapi hari itu saya memutuskan untuk pergi ke pasar yang lebih besar. Dan saya tidak menyangka, suasana begitu ramai seperti layaknya tahun-tahun sebelumnya, seolah tanpa ada corona. Walaupun kebanyakan orang-orang tersebut mengenakan masker, tetapi physical distancing tak terlaksana dengan baik.

Dan ternyata kejadian ini tak hanya terjadi di kota saya. Ketika saya melihat beberapa berita di televisi pun, di kota-kota lain pun terjadi hal yang sama. Saya sempat berpikir karena mereka baru saja menerima THR. Dan lebaran sebentar lagi. Namun yang disayangkan, di tengah kenyataan bahwa kita masih berperang melawan corona, kita semestinya tetap berada di rumah saja kecuali untuk urusan yang sangat penting serta menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.
Sangat disayangkan memang. Saya sangat memahami euforia menyambut Hari Raya Idul Fitri yang begitu besar, tetapi jika kita tidak mau mengubah sikap kita, khusus tahun ini saja, semoga hanya tahun ini saja, akankah kita bisa bebas hidup tanpa corona setelah lebaran tahun ini? Tidak ada yang tahu.

Satu hal lagi yang saya sayangkan, ketika kita berada di masa yang sangat sulit, dimana sebagian besar masyarakat Indonesia mengalami penurunan pendapatan hingga kehilangan pekerjaan dan kita juga tak tahu bagaimana kondisi ekonomi kita kedepannya nanti, THR yang biasanya diorientasikan untuk kebutuhan Lebaran, sesungguhnya masih bisa dialokasikan untuk tabungan. 

Tetapi apapun alasan mereka, saya mencoba berbaik sangka bahwa mereka keluar rumah, berjejalan di tempat umum memang untuk membeli sesuatu yang sangat penting. Dan doa-doa yang dipanjatkan di bulan yang mulia ini termasuk agar corona ini segera menghilang dikabulkan oleh Allah. 

Bagi kita yang mendapatkan THR, tentunya harus bijak menggunakannya. Karena setelah ini bagi kita yang telah mempunyai anak apalagi yang berada di usia sekolah, maka akan segera bertemu dengan tahun ajaran baru. Mau tak mau kita harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Oleh karena itu, berikut tips untuk mengelola THR tahun ini dengan bijak :

     1.      Buat skala prioritas
Sebenarnya dalam situasi apapun, untuk masalah keuangan, kita harus tetap membuat skala prioritas agar tetap mampu bertahan. Terlebih lagi dalam situasi saat ini dimana kita mengalami hal yang benar-benar unpredictable. Sehingga sangat penting membuat skala prioritas dengan menyusun segala pengeluaran secara seksama. Tentunya hal ini dengan mempertimbangkan hal yang benar-benar dibutuhkan. Usahakan tetap bisa menyisakan uang THR tersebut untuk cadangan saat kita membutuhkan dana kelak.


      2.      Tetap prioritaskan kesehatan
Tak dipungkiri bahwa kesehatan menjadi hal yang sangat penting saat ini. Oleh karenanya, tetap prioritaskan dana untuk menjaga kesehatan. Misalnya untuk pembelian Alat Pelindung Diri atau APD (masker, hand sanitizer, disinfektan, dll),. membeli buah dan sayur serta makanan yang bisa meningkatkan imunitas diri, ini jauh lebih bijak daripada membeli hal-hal lain yang kurang mendesak.


    
      3.      Berhemat
Hal selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah berhemat. Tahun ini bukanlah tahun yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita harus mampu menahan diri dan mengendalikan belanja agar tak sampai mengalami kesulitan keuangan.


Caranya tentu dengan berhemat. Rencanakan dengan detil setiap pengeluaran dan lakukan penghematan di semua lini. Jangan sampai tergoda membeli sesuatu yang bisa kita tunda atau tidak termasuk kebutuhan kita.

Demikianlah beberapa tips bijak untuk mengelola THR yang kita dapatkan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kembali kepada kehidupan normal yang kita rindukan.
Selamat berpuasa.


Sumber gambar :
pexels.com







No comments