5 Inspirasi Penganan Istimewa untuk Lebaran Tahun Ini



Kemarin kita sudah membahas inspirasi menu yang simpeldan berbeda untuk lebaran tahun ini. Hari ini kita akan membahas inspirasi penganan istimewa untuk lebaran. Walaupun dalam suasana yang sangat berbeda, dimana kita masih diminta untuk tetap berada di rumah saja dan merayakannya dengan keluarga, kurang lengkap rasanya jika tidak ada penganan istimewa yang biasanya mendampingi menu utama.
Jika biasanya kita menyiapkan kue-kue, seperti kue bolu, cake hingga makanan seperti siomay, batagor untuk menyambut tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah, tahun ini kita bisa tetap membuat penganan atau makanan ringan, dalam versi yang lebih ekonomis.

Berikut inspirasi penganan istimewa yang mudah dibuat dengan harga bersahabat untuk lebaran tahun ini :
     1.      Kue bolu ekonomis
Lebaran tak lengkap rasanya tanpa kehadiran kue basah ini. Ada banyak varian bolu ekonomis yang bisa kita buat. Yang kemudian bisa dipanggang dengan oven, dikukus, dimasak menggunakan double pan hingga alat panggang misalnya happycall.

Penggunaan bahan bisa kita substitusi dengan yang lebih murah. Misalnya jika di resep menggunakan butter, bisa kita ganti dengan margarin. Untuk menghemat biaya, kita bisa memilih resep yang menggunakan telur kurang dari delapan telur per loyang kue. Kita juga bisa memvariasikan isian kue misalnya dengan menambahkan pisang, tapai atau labu kuning untuk memberi citarasa yang berbeda. 

Sementara untuk hiasan, kita bisa memberikan meses coklat, meses warna-warni, sukade, kismis atau taburan gula halus. Ada begitu banyak pilihan menu ekonomis dengan harga bersahabat tetapi rasanya tidak kalah enak. Saya sendiri sering membuatnya untuk keluarga dan biasanya tidak sampai hitungan jam, kue-kue tersebut sudah ludes.

     2.      Puding atau agar-agar
Di pilihan kedua ada puding atau agar-agar. Kedua jenis penganan ini sebenarnya sedikit berbeda. Agar-agar dibuat dengan menggunakan rumput laut. Untuk membuatnya, kita tinggal mencampurkannya dengan air, dimasak hingga mendidih dan tunggu hingga mengeras.

Sementara puding dibuat dari campuran agar-agar dengan bahan lain misalnya susu, santan dan buah. Bisa pula dengan mencampur antara agar-agar dan jelly. Jelly sendiri dibuat dari umbi konyaku atau iles-iles yang dicampur dengan rumput laut karagenan. Jeli umumnya dijual dalam bentuk bubuk dan diberi perasa buah-buahan seperti jeruk, mangga, melon, jambu, leci dan lain-lain.

Untuk membuat penganan ini, kita tinggal berkreasi memadukannya sesuai selera. Bahkan jika memang tidak ada bahan tambahan lainnya, membuat agar-agar yang diberi gula saja sudah enak lho. Dan tentunya sangat menyegarkan. Apalagi menjadi hidangan penutup setelah makan hidangan utama saat lebaran nanti.
 
     3.      Pempek
Penganan yang berasal dari Palembang ini telah menjadi penganan yang disukai dan dikenal oleh masyarakat kita sejak jaman dahulu kala. Nama pempek sendiri berasal dari penyebutan kepada penjualnya saat makanan ini dijajakan. Terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu, menghasilkan makanan dengan tekstur kenyal.

Pempek biasa disajikan bersama cuko, yang terbuat dari gula merah, cabe rawit, bawang putih, garam dan air asam jawa atau asam cuka. Penganan ini bisa kita buat sendiri di rumah sebagai penganan pas lebaran nanti lho. Apalagi untuk kamu yang tinggal di daerah-daerah yang memiliki penjual ikan yang sudah dihaluskan. 

Cukup sediakan tepung sagu dengan perbandingan setengah dari ikan, saya kadang menggunakan campuran 1:1, lalu beri telur dan bawang putih halus, garam dan penyedap bagi yang suka, uleni hingga bisa dibentuk. Lalu rebus dalam air mendidih yang diberi sedikit minyak sayur. Tunggu hingga adonan mengapung dan matang. Bisa dimakan langsung atau bisa juga digoreng sebentar atau ditambahkan mie, bisa pula dicampur telur lalu digoreng seperti dadar.

     4.      Siomay dan batagor
Hampir serupa dengan pempek, penganan yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar ikan, biasanya juga ditambahkan udang cincang. Meskipun berasal dari Bandung, berdasarkan sejarah, ada yang mengatakan bahwa siomay berasal dari Mongolia, sebagai makanan dimsum khas China. Siomay berasal dari kata “Shoa-mau’ yang artinya tepung terigu.

Sementara batagor, disebutkan dibuat pertama kali oleh pedagang tahu bakso asal Jawa Tengah yang merantau ke Bandung. Untuk membuatnya, kita butuh daging ikan, daging ayam yang dihaluskan dan tentunya tahu. Jika siomay dimasak dengan cara dikukus, maka batagor disajikan dengan cara digoreng.

Kedua menu ini disajikan dengan kuah kacang yang dihaluskan, diberi perasan jeruk atau daun jeruk, cabe, bawang, garam dan kecap manis. Kita bisa menggunakan kulit pangsit untuk diisi adonan lalu dikukus atau digoreng. Lalu bisa pula ditambahkan dengan kentang, sayur kol, pare hingga kerupuk.

Rasanya yang kenyal berpadu dengan kuah kacang akan memberi sensasi makan yang menyenangkan setelah menyantap menu utama ketika lebaran nanti.

      5.       Martabak telur
Inspirasi selanjutnya adalah martabak telur. Untuk membuatnya kita butuh isian dan kulitnya. Kalau tidak mau repot, kita tinggal membeli kulit siap pakai. Tetapi kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan biaya lebih irit. Cukup sediakan tepung terigu, air, garam dan sedikit minyak sayur. Sementara untuk isinya, kita bisa membuatnya dari kentang, wortel, bawang, daun bawang dan tentunya telur.

Untuk menambah cita rasa, kita bisa menambahkan daging ayam atau daging sapi, kornet atau sosis. Sementara itu untuk kuahnya, bisa dipadukan dengan kuah kari atau cukup saos sambal atau bisa pula dengan acar kecap. Bahkan dimakan dengan cabe rawit juga nikmat lho. Sangat nikmat jika digoreng sesaat sebelum disajikan.

Walaupun kita tidak bisa mudik atau berkumpul dengan keluarga besar, handai taulan dan sahabat, kita tetap bisa merayakan lebaran bersama keluarga tercinta ditemani menu-menu spesial lengkap dengan penganan istimewa yang tak kalah enaknya. Bisa pula untuk hantaran yang dikirimkan kepada handai taulan.
Jadi yang mana penganan favoritmu untuk lebaran nanti?

Sumber :
faktualnews.co
rumahmesin.com
id.pinterest.com
doyanresep.com

No comments