Beres-Beres Sampai Bersih, Kegiatan Positif Saat Diam Di Rumah


Beres-Beres Sampai Bersih, Kegiatan Positif Saat Diam Di Rumah
Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan saat diam di rumah adalah beres-beres. Kegiatan yang memang sudah jadi bagian dari aktivitas harian ini, bisa lebih kita intensifkan saat diam di rumah sekarang, agar lingkungan semakin bersih dan hati pun semakin tenang.

Ada berbagai kegiatan beres-beres yang bisa dan biasa kita lakukan. Diantaranya menyapu, mengepel, membersihkan debu, merapikan perabotan, dan menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai. Pada masa pandemi ini, aktivitas beres-beres memerlukan perhatian ekstra, dimana kita dianjurkan untuk :

  • Mengelap tempat-tempat yang sering disentuh dengan disinfektan
  • Mencampur cairan antiseptik dalam air pel lantai dan untuk membersihkan barang-barang tertentu
  • Lebih sering mengganti seprei
  • Menjemur pakaian dibawah sinar terik matahari
Aktivitas beres-beres ini ternyata memiliki banyak manfaat positif lho. Berikut diantaranya :

  •   Menurunkan tingkat stres
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 dan diterbitkan oleh jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, diikuti oleh 60 partisipan dengan bantuan software analisis linguistik mengungkapkan bahwa “para wanita yang mendeskripsikan rumah mereka yang dipenuhi dengan ‘barang berserakan’ cenderung depresi dan nampak kelelahan. 


Sebaliknya, wanita yang mendeskripsikan rumahnya sebagai rumah yang ‘rapi’ dan ‘damai’ terlihat lebih bahagia. Studi ini masih berlanjut dengan penemuan bahwa wanita yang memiliki rumah dengan barang yang berserakan memiliki level hormon stres kortisol yang tinggi.

  • Menyehatkan tubuh
Saat melakukan aktivitas bersih-bersih, tubuh kita akan aktif bergerak. Hal in ternyata memberi manfaat bagi kesehatan yang tak bisa disepelekan. Berdasarkan  sebuah penelitian yang dipimpin oleh Profesor Nicole R. Keith, Ph.D dari Indiana University mengungkapkan bahwa kesehatan fisik orang dengan rumah yang lebih bersih cenderung lebih tinggi. Dan penelitian ini dilakukan terhadap 900 orang partisipan.


  • Meningkatkan usia harapan hidup
Berdasarkan riset yang diterbitkan di Journal of the American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa aktivitas bersih-bersih rumah akan meminimalisir risiko kematian bagi wanita yang berusia 63 hingga 99 tahun. Walaupun riset ini dilakukan di Amerika,  profesor Michael LaMonte selaku kepala penelitian menegaskan bahwa efek ini tetap berlaku pada semua ras dan segala golongan usia. Ini karena beres beres rumah memang melibatkan aktivitas fisik yang bisa membakar kalori dan menjauhkan pelakunya dari risiko obesitas.

  •  Meningkatkan fokus
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 di Princeton University menemukan bahwa melihat barang yang berserakan bisa membuat seseorang sulit untuk fokus pada pekerjaan. Penjelasan hal ini adalah karena setiap manusia mempunyai bagian otak yang bernama korteks visual. Bagian otak ini disinyalir akan merasa panik jika melihat objek yang tak relevan dengan tugas nampak berserakan di mana-mana. Selanjutnya pikiran akan terganggu sehingga tugas yang ada tidak bisa dikerjakan dengan baik dan efektif.

  • Membuat tidur lebih nyenyak
Terdapat sebuah survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation di Amerika Serikat. Hasilnya adalah orang yang selalu menata tempat tidur setiap pagi tidurnya lebih nyenyak 19 persen dari mereka yang tidak punya kebiasaan ini. Sementara untuk orang yang memiliki kebiasaan membersihkan sprei juga dikatakan akan tidur lelap hingga 75% daripada mereka yang malas membersihkan sprei.  Hal ini disebabkan oleh efek rasa nyaman yang berasal dari tempat tidur yang bersih.


Kalian pasti suka ‘kan dengan aroma sprei bersih yang baru dipasang? Nah hal inilah yang mendatangkan kenyamanan serta melihat tempat tidur yang tertata rapi.

Diantara kegiatan beres-beres rumah, yang mana nih favorit kalian?




No comments