Riawani Elyta: 4 (empat) Aktivitas Pengisi Waktu Ramadhan Yang Positif dan Bermakna

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Friday, 31 May 2019

4 (empat) Aktivitas Pengisi Waktu Ramadhan Yang Positif dan Bermakna


Kebahagiaan seorang muslim dengan datangnya bulan Ramadhan, merupakan salah satu pertanda keimanan.  Berbagai keutamaan Ramadhan menjadikan bulan suci ini  terasa istimewa dan membedakannya dari bulan – bulan lainnya. 

Ganjaran pahala berlimpah, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, setan – setan dibelenggu, terdapat malam dengan kebaikan yang lebih besar daripada 1000 bulan dan berbagai kemuliaan lainnya, adalah keistimewaan Ramadhan yang seyogyanya membuat kita sangat merindukannya dan berusaha maksimal untuk memperbanyak ibadah di bulan nan mulia ini. 

Memasuki penggal terakhir Ramadhan, mari sejenak kita review beberapa aktivitas positif sepanjang bulan Ramadhan yang bermakna positif pula bagi peningkatan kualitas hidup kita : 

  1. Tilawah Al Quran

Tilawah Al Quran yang dilakukan di dalam bulan suci Ramadhan memberikan energi yang berbeda. Kita akan terpacu dan berlomba – lomba untuk mengkhatamkan Al Quran di bulan suci ini. Ganjaran pahala yang dijanjikan untuk setiap huruf yang dibaca dan syafaat Al Quran bagi pembacanya, adalah magnet besar yang membuat kita betah berlama – lama membacanya. Selain itu, tidak dapat kita pungkari, bahwa membaca Al Quran menghadirkan ketenangan dankeamaian dalam hati yang sulit diuraikan dengan kata-kata. Semakin banyak kita membaca Al Quran, akan kita rasakan kualitas psikis kita yang semakin meningkat, menjadi lebih stabil, sabar, dan mampu melihat segala persoalan dari sudut pandang positif.


2.       Berbagi kepada sesama

Manfaat berbagi tidak hanya memberikan manfaat positif bagi kehidupan kita di dunia saja. Bahkan menjadi amalan yang akan menaungi di hari akhir kelak. Jika yang kita bagikan adalah infaq dan ilmu yang bermanfaat, itu akan memberi kita ganjaran berlipat, yaitu tidak terputusnya pahala amal jariah yang terus mengaliri kita meski kita telah wafat.

Ada beragam kegiatan berbagi kepada sesama yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan.  Misalnya saja : berbagi takjil kepada pengendara motor, mengajak anak panti asuhan berbuka bersama, memberi suguhan makanan dan minuman ringan kepada jamaah masjid yang tadarrus usai tarawih, dan sebagainya. Apapun bentuknya, aktivitas berbagi di bulan Ramadhan in sya Allah akan diganjar dengan pahala berlipat dan keberkahan dariNya.


3.       Mencoba berbagai menu baru

Berbuka puasa merupakan saat – saat bahagia bagi kita yang berpuasa. Berbagai menu menarik pun bisa kita coba untuk menambah kebahagiaan tersebut. Inilah kesempatan yang baik untuk kita  mencoba berbagai kreasi resep makanan di bulan Ramadhan dan membagikan hasil kreasi masakan tersebut dengan handai taulan dan teman – teman. Selain dapat mengasah keterampilan kita memasak, memberi makan orang yang berpuasa akan diganjar dengan pahala yang sama besarnya dengan orang yang berpuasa tersebut. Kita juga dapat mempererat silaturahim dengan saling berbagi hasil kreasi masakan kita.


Baca :

4.       Membereskan rumah

Membereskan rumah dapat melepaskan stres sehingga menghasilkan efek positif bagi tubuh. Itu sebabnya, tidak sedikit kaum ibu yang kala marah, melampiaskan emosinya dengan beberes rumah. Beres-beres di bulan Ramadhan juga akan membuat waktu terasa cepat berlalu. Istirahat tentu saja boleh dilakukan, tetapi jangan kebablasan terlalu lama karena biasanya membuat tubuh kita semakin lemas. Lebih baik diisi dengan kegiatan beres – beres rumah. Tubuh tetap bugar, rumah pun jadi bersih dan rapi.

Melaksanakan berbagai kegiatan positif di bulan Ramadhan akan memberikan manfaat yang positif pula. Apalagi ditunjang dengan pelaksanaan puasa yang baik dan benar, baik dari sisi fiqih maupun kesehatan, kita akan mendapatkan tubuh bugar, pikiran yang semakin jernih dan tentu saja yang paling utama, bertambahnya kualitas keimanan. Semoga Ramadhan kita tahun ini menjadi Ramadhan yang penuh berkah dan kita diberi kesempatan untuk bersua dengannya tahun depan, agar dapat kita mengisinya dengan amalan dan kegiatan positif yang lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment