Riawani Elyta: Aplikasi Quran Best Indonesia, Aplikasi dengan Fitur Lengkap dan Nyaman Untuk Kelancaran Ibadah

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Saturday, 25 May 2019

Aplikasi Quran Best Indonesia, Aplikasi dengan Fitur Lengkap dan Nyaman Untuk Kelancaran Ibadah

Hari ini saya mau berbagi cerita tentang aplikasi yang baru beberapa hari ini saya gunakan dalam bulan Ramadhan. Namanya Quran Best Indonesia. Saya pertama kali tahu aplikasi ini dari seorang rekan blogger Triani Retno melalui artikel di blognya. Sebelumnya sih saya menggunakan aplikasi Quran yang biasa. Meskipun saya sudah memasang aplikasi Quran Best Indonesia sebelum Ramadhan tiba, saya tidak langsung menggunakannya, karena untuk mengaji, saya lebih suka menggunakan mushaf biasa. Saya baru mengaji di ponsel saat berada dalam perjalanan atau di kantor.


Tentang aplikasi Quran Best Indonesia ini, ada banyak kelebihan yang terdapat didalamnya yang akan saya ulas di sini.  Saya mulai aja dari langkah awalnya ya.
Untuk memasang aplikasi ini, tinggal buka playstore lalu cari nama aplikasinya Quran Best Indonesia yang iconnya seperti ini :

Dan, setelah dipasang, inilah tampilan awal dari aplikasi ini. Terdapat penanggalan masehi dan hijriah di sudut kiri atas, lokasi kita di sudut kanan atas, dan waktu sholat yang disesuaikan dengan lokasi kita. Untuk waktu sholat ini kita bisa mengatur notifikasinya agar memberikan tanda saat waktu sholat tiba.


Lalu, dibawahnya terdapat menu pilihan untuk kita membaca Al Quran sesuai keinginan dan kebutuhan. Terdapat beberapa pilihan yaitu Al Quran Indonesia (tajwid dan non tajwid), Al Quran per ayat dan Al Quran Madinah (tajwid dan non tajwid). Dan kelebihan aplikasi ini, salah satunya adalah pada tampilan ayat yang nyaman dibaca selayaknya kita membaca langsung dari mushaf. .
tampilan dengan tajwid
tampilan dengan non tajwid
 Selain itu, untuk kita yang ingin menghapal Quran ataupun ingin menikmati lantunan bacaan Al Quran, aplikasi ini juga menyediakan pengaturan audio murottal yang bisa kita pilih sendiri siapa yang membaca dan ayat mana yang ingin kita dengar.


Saat kita scroll down, akan kita temukan grafik dan perkembangan jumlah halaman Al Quran yang sudah kita baca, dan terdapat tombol bagikan untuk kita membagikan perkembangan tersebut di sosial media agar dapat memotivasi teman-teman yang lain untuk meningkatkan keaktifan mengaji.
Lalu di bagian bawahnya lagi terdapat informasi tentang hukum tajwid bacaan Al Quran yang tentunya dapat menambah ilmu kita terhadap hukum-hukum bacaan.


Selain penanggalan hijriyah dan pengaturan waktu sholat, aplikasi ini juga didukung dengan fitur arah kiblat. Ini sangat memudahkan kita yang sedang dalam perjalanan dan kita juga tidak perlu lagi memasang aplikasi khusus arah kiblat. 





Fitur pendukung lainnya adalah pencarian terjemahan Al Quran. Pada tampilan awal, kita tinggal ketik topik yang ingin kita cari pada kolom pencarian terjemah, lalu akan muncul ayat-ayat yang berkenaan topik tersebut. sebagai contoh, saya memasukkan kata kunci “riba”, lalu muncullah nama surat dan ayat yang membahas tentang riba.





Didalam aplikasi ini, juga terdapat pada tampilan awal, terdapat menu bookmark yang memfasilitasi kita untuk membuat file tentang topik-topik tertentu dari Al Quran.  


 Berikut tampilan menu bookmark :


Jika kita ingin menambah folder topik tertentu, tinggal klik tanda tambah yang di pojok kanan atas, tuliskan judul topik dan masukkan nama surat serta ayat yang relevan.
Untuk semakin meningkatkan kenyamanan, pada aplikasi ini kita juga bisa mengatur besaran font ayat, mengaktifkan atau mematikan fungsi penerjemahan dan seterusnya sesuai kebutuhan. 





Pada menu pengaturan juga terdapat tautan hidup ke akun-akun social media dan situs Quran Best, dimana masing-masing akun tersebut menyediakan informasi dan artikel-artikel Islami yang semakin memperkaya dan melengkapi pelayanan dari aplikasi ini.



Jadi, dengan satu aplikasi yang lengkap ini, ada banyak manfaat yang bisa kita raih, mulai dari pengalaman membaca Al Quran dengan nyaman, belajar ilmu tajwid dan ilmu-ilmu lainnya seputar Islam, sebagai sarana pengingat waktu sholat dan petunjuk arah kiblat, serta memudahkan kita untuk menggali pemahaman terhadap ayat Quran sesuai topik-topik keilmuan didalamnya.


Semoga ulasan ini bermanfaat, dan selamat memanfaatkan aplikasi Best Quran untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini.

No comments:

Post a Comment