Riawani Elyta: 3 (tiga) Amalan Rutin di Bulan Ramadhan

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Friday, 24 May 2019

3 (tiga) Amalan Rutin di Bulan Ramadhan

Jika setiap orang tahu keutamaan amalan di bulan Ramadhan, saya yakin banyak yang berusaha menggapainya, meski berat dan susah. Kehadiran bulan Ramadhan yang hanya sekali setiap tahunnya, merupakan kesempatan terbaik bagi kita untuk meningkatkan amal ibadah dan ketakwaan kita kepada Allah swt.

Saking istimewanya ibadah puasa, dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Allah swt berfirman yang artinya : “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untukku.”

Terdapat beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk diperbanyak pada bulan puasa. Dan diantara amalan tersebut, berikut adalah amalan yang berusaha saya tingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya pada bulan ramadhan dan mudah-mudahan dapat terus meningkat pada ramadhan-ramadhan yang akan datang :


  • Membaca Al Quran
Sejak kecil, saya sudah terbiasa mengkhatamkan Al Quran pada bulan Ramadhan. Rekor tertinggi saya adalah saat SMA kelas 3. Ketika itu saya berhasil khatam 3x dalam bulan Ramadhan. Sampai sekarang, rekor ini belum berhasil saya ulangi atau lampaui.
Meskipun demikian, saya berusaha meningkatkan pemahaman saya terhadap isi Al Quran dengan mengaji plus membaca terjemahannya. Hal ini sudah saya lakukan selama lebih dari lima tahun terakhir. Dan khusus pada bulan Ramadhan, saya berusaha sekurang-kurangnya dapat khatam satu kali.

Saya memang orang awam. Saya belum sampai ke tahap menghapal Al Quran dan seterusnya. Namun apa yang saya rasakan, semakin banyak saya membaca Al Quran, hati saya terasa semakin tenang. Jiwa saya juga semakin mudah untuk berada dalam kondisi ikhlas dan menerima ketentuan Allah.


  • Sedekah
Saya juga berusaha memperbanyak sedekah di bulan mulia ini. Membayar zakat tabungan (mal) dan ikut dalam beberapa program donasi. In sya Allah, ini sama sekali enggak bermaksud riya atau apa. Mudah-mudahan saja bisa memotivasi teman-teman yang baca untuk juga memperbanyak sedekah di bulan mulia ini.


  • Menjaga lisan
Ini termasuk amalan yang lumayan berat untuk dilakukan di bulan puasa. Menjaga lisan, terkotori dosa ghibah, mengumpat, berbohong, dan sebagainya. Apalagi di tengah suasana politik yang serba panas ini, hati dan kepala pun harus dijaga agar tak ikut panas sehingga mulut pun tidak jadi sarana pelampiasan emosi.

Demikianlah beberapa amalan yang saya lakukan di bulan ramadhan, harapan saya semoga saya tetap bisa istiqamah untuk meneruskannya setelah ramadhan, dapat menjadi berkah bagi kehidupan saya dunia dan akhirat serta membawa manfaat kebaikan bagi yang sudah berkenan membaca tulisan sederhana ini.

1 comment:

  1. Aamiin.. semoga berkah buat yg baca dan yg nulis tentunya. Amalan tambahan mbak : Qiyamul Lail :)

    ReplyDelete