Riawani Elyta: Resep Buka Puasa : Puding Kopi Skippy

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Wednesday, 8 May 2019

Resep Buka Puasa : Puding Kopi Skippy

Awal puasa tahun ini, cuaca lumayan panas. Jadi, untuk berbuka langsung kebayang yang dingin dan seger. Salah satunya puding. Nah, setelah lihat-lihat resep di internet, saya ketemu resep yang belum pernah saya coba. Menggabungkan kopi dengan selai kacang, kira-kira apa rasanya ya?


Tetapi, tentu aja, sesuai kebiasaan saya, jarang banget mau taat 100 % sama resep aslinya, selalu aja ada modifikasi. Dan ....ini dia nih hasilnya. Gampang kok bikinnya :

Bahan :
Lapis coklat tua :
1/2 bungkus jelly coklat
1/2 bungkus agar-agar coklat
150 gr gula pasir
1 sachet kopi instan
700 ml air

Lapis coklat muda :
1/2 bungkus jelly coklat
1/2 bungkus agar-agar coklat
100 gr gula pasir
1/2 kaleng susu kental manis
700 ml air
2 kuning telur
1 sdt esen vanili

Cara membuat :
Lapis coklat tua :
  • Campur jelly, agar-agar, kopi instan, gula dan air.
  • Masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk
  • Sisihkan
Lapis coklat muda :
  •  Campur jelly, agar-agar, susu kental manis, gula dan air.
  • Masak sampai mulai panas sambil diaduk-aduk
  • Kocok dua kuning telur asal lepas, tambahkan selai kacang, aduk rata
  • Tuangkan satu sendok sayur rebusan puding kedalam campuran telur dan selai kacang, aduk-aduk sampai rata. Jika ingin lebih halus boleh menggunakan mixer
  • Tuang campuran ini kedalam rebusan puding. Tambahkan esen. Aduk dan masak sampai mendidih.
Penyelesaian :
Ambil 400ml adonan coklat tua, tuang di cetakan. Setelah mulai mengeras, tuang 400ml adonan coklat muda. Begitu seterusnya sampai habis.

Dan.....mau tahu rasanya? Enaak banget. Gurih dan kerasa banget selai kacangnya. Serasa makan kacang beneran tetapi yang udah disulap jadi puding. Kalo mau dibikin untuk berbuka, sebaiknya bikinnya sekitar pukul 4 sore gitu deh, atau dua jam sebelum berbuka. Jadi pudingnya udah keras dan dingin, siap untuk disantap. 
Selamat mencoba ya....semoga suka :)

Untuk 24 potong



1 comment: