Riawani Elyta: 5 (lima) Bisnis Favorit yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Tuesday, 18 October 2016

5 (lima) Bisnis Favorit yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Bekerja di Rumah
Ada yang sudah menanti kelanjutan artikel #BekerjadiRumah? Baiklah. Kita langsung saja ngobrolin topik berikut ini ya. Topik yang pastinya sangat dibutuhkan oleh kaum wanita yang ingin menghasilkan uang dari rumah, yaitu 5 (lima) bisnis favorit yang bisa dikerjakan wanita di rumah. Oh ya, beberapa bagian dari tulisan ini mengambil referensi dari buku Sukses Bekerja Dari Rumah karya Brilyantini.


Pingin tahu apa saja jenis bisnisnya? Ini dia :
1.       Bisnis online
Ini adalah jenis bisnis yang paling banyak diminati, karena relatif mudah dilakukan, tidak membutuhkan modal yang besar dan pengerjaannya pun sangat fleksibel. Modal utama dari bisnis yang dilakukan secara online adalah tersedianya sarana teknologi informasi yang memadai khususnya internet dan gadget. Jadi, buat kamu yang ingin berbisnis online, pastikan kamu memiliki akses internet yang bagus di rumah dan gadget dengan fitur yang mampu mengakomodir keperluan bisnismu.

Secara umum, bisnis online terbagi dua : bisnis produk dan jasa. Bisnis produk dapat dibagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu : usaha mandiri, dropship dan reseller. Usaha mandiri, mengandung pengertian bahwa produk yang kamu jual adalah produk yang kamu produksi sendiri (homemade product). Keuntungannya, kamu bisa menentukan harga sesuai biaya produksi dan pangsa pasar, serta bisa berkreasi dengan membuat produk yang jarang dijual di pasaran. Tetapi, jangan lupa, saat produkmu mulai dikenal luas, uruslah merk dan hak patennya untuk menghindari duplikasi dan plagiasi karya cipta.

Dropship yaitu cara pemasaran dimana kamu cukup menampilkan gambar dan data produk dari distributor, agen atau produsen yang sudah diajak bekerjasama, dan jika ada pesanan dari konsumen, kamu tinggal meneruskan kepada produsen, dan dari proses tersebut, kamu mendapatkan keuntungan dari fee yang diberikan produsen ataupun selisih harga yang sudah disepakati sebelumnya. Dengan cara ini, kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk membeli produknya terlebih dulu ataupun menyediakan ruang khusus untuk menyimpan stok barang. Pokoknya, rajin-rajin aja mengunggah setiap produk terbaru dari produsen dan layani konsumen dengan sepenuh hati, insya Allah, dengan bisnis yang minim modal ini kamu udah bisa menghasilkan uang.

Reseller yaitu cara pemasaran dimana kamu menjual kembali produk dari produsen atau distributor. Produk tersebut bisa kamu pasarkan melalui sistem konsinyasi ataupun produsen menitipkannya padamu dan kamu memperoleh keuntungan dari setiap produk yang terjual.

Bisnis jasa, mengandung arti bahwa yang kamu bisniskan berupa jasa. Misalnya saja jasa desain, jasa pengetikan, jasa konsultasi, dan sebagainya. Syaratnya, kamu tentunya harus memiliki kapasitas dan keahlian yang memadai dalam bidang jasa yang kamu tawarkan untuk meraih kepercayaan konsumen.

2.       Bisnis makanan
Memasak adalah keahlian yang dimiliki oleh sebagian besar kaum wanita. Jadi, wanita juga pada umumnya lebih cocok untuk merintis bisnis makanan. Jenis makanan yang bisa diperdagangkan sangat banyak jenisnya, diantaranya kue-kue, roti, snack kering, menu catering, minuman, frozen food, hingga bumbu masak.

Selain menggali jenis makanan yang kamu kuasai untuk dibisniskan, kamu juga bisa menggandeng orang lain yang ahli memasak untuk bekerjasama, dimana kamu bertindak sebagai pemilik usaha sekaligus pengelola manajemennya.

Sistem pemasarannya sendiri pun tak kalah beragam. Jika kamu memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa membangun tempat makan atau restoran ataupun menyewa ruko untuk berjualan.  Jika modalmu terbatas, kamu bisa memasarkannya dengan cara menitipkan di kantin dan di warung, menggunakan jasa beberapa orang untuk memasarkan produk jualanmu, dan tentu saja, memanfaatkan sarana internet agar produkmu lebih dikenal luas.

3.       Bisnis pakaian dan asesoris
Kaum wanita adalah makhluk Tuhan yang sangat peduli pada urusan penampilan. Salah satunya dalam hal berbusana. Tak heran, jika model busana wanita sangat variatif dibandingkan model busana pria. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan berbisnis pakaian. Tidak hanya busana wanita, tetapi juga kamu bisa berekspansi dengan busana khusus muslimah, busana untuk bayi dan anak, serta asesoris dan pelengkap penampilan seperti tas, dompet, sendal, sepatu, perhiasan hingga kacamata.

Cara memulai bisnisnya, bisa dengan membeli busana jadi dari toko atau produsen secara grosir lalu dijual dalam harga satuan sehingga kamu bisa memperoleh keuntungan dari selisih harga grosir dan eceran. Jika kamu memiliki keahlian menjahit, kamu bisa menjual busana yang kamu jahit sendiri sekaligus menerima pesanan jahitan dari konsumen. Punya keahlian membuat asesoris seperti bros, kalung atau tas etnik? Ayo manfaatkan keahlian ini menjadi bisnis yang menghasilkan!

4.       Bisnis kecantikan dan kesehatan
Masih relevan dengan penampilan, wanita juga sangat peduli dalam hal menjaga kecantikan dan kesehatan. Jadi, berbisnis di bidang kecantikan dan kesehatan juga bisa dijadikan pilihan yang menarik. Jenisnya ada bermacam-macam. Kamu bisa membuka salon kecantikan jika kamu memiliki keahlian yang memadai di bidang ini, ataupun bekerjasama dengan orang yang sudah berpengalaman dalam usaha salon. Kamu juga bisa menjual produk-produk kecantikan seperti kosmetik dan produk perawatan wajah.

Dalam bidang kesehatan pula, produk-produk herbal dan supplement food selalu menarik minat banyak konsumen. Siapa sih yang nggak pingin sehat? Nah, dengan menjual produk-produk kesehatan, kamu juga bisa sekaligus mengonsumsinya sendiri. Keuntungannya bisa berlipat ganda. Selain keuntungan dari penjualan produknya, kesehatanmu juga akan terjaga. Dan ini bisa jadi testimoni yang ampuh lho. Kalau yang menjual sudah menggunakan, dan terbukti berkhasiat, tentu para calon konsumen nggak ragu untuk membeli dan mencoba, ya nggak?

5.       Menulis
Lho, memangnya menulis bisa jadi bisnis yang menghasilkan (uang?) Jawabnya : bisa dong. Karena menulis itu ada banyaak sekali cabang pekerjaannya.  Mulai dari penulis buku, penerjemah, penulis konten, artikel, resensi, blog, dan sebagainya.

Penulis secara umum bisa dibagi atas 2 (dua) jenis, yaitu penulis mandiri dan penulis jasa. Penulis mandiri, berarti penulis yang menghasilkan karya berdasarkan ide kreatifnya, dan jika karya tersebut diterbitkan atau dimuat di media, kamu akan mendapat bayaran berupa honor atau royalti.

Penulis jasa, adalah penulis yang dikontrak atau mendapatkan pekerjaan menulis dari pihak tertentu dengan tarif yang sudah disepakati.

Tentu saja, pekerjaan yang satu ini adalah pilihan tepat buat kamu yang hobi menulis. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas menulis dengan passion yang sama, dan daftarkan diri di situs-situs freelancer, contohnya project.co.id, untuk mendapatkan penawaran-penawaran pekerjaan yang barangkali cocok dengan keahlianmu.

Bagi yang suka menulis cerpen dan resensi, ada banyak media nasional yang menerima jenis-jenis tulisan ini. Kamu bisa mencari info lengkapnya di internet ataupun langsung membaca media yang kamu tuju.

Mungkin kamu akan berkata, jenis-jenis bisnis diatas sepertinya cukup mudah untuk dijalani, tetapi, pada kenyataannya nggak semudah teori. Nah, sebelum memutuskan untuk memilih bisnis mana yang akan kamu jalani, kenali dulu alasanmu untuk berbisnis atau bekerja dari rumah.

Setelah itu, siapkan bekal yang memadai dan kiat yang tepat untuk memulai bisnis di rumah.

Mempersiapkan diri dengan bekal yang cukup akan memudahkan kita dalam menjalani bisnis atau pekerjaan dari rumah dan dapat meminimalisir hambatan yang mungkin terjadi.

Nah, setelah semua langkah persiapan selesai, saatnya untuk kamu memilih jenis pekerjaan atau bisnis yang akan kamu jalani. Diantara 5 (lima) jenis bisnis favorit yang bisa dikerjakan wanita di rumah, mana yang paling cocok dengan keinginan dan keahlianmu? :)

11 comments:

  1. Aku lebih condong ke bisnis menulis sama jasa desain mbak.

    Cukup payahnyee. Ehh kee.. blum pngalaman buat bisnis online kek jualan2 gitu. Jhheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jasa desain juga keren....nggak semua orang punya skill design 😊

      Delete
  2. Aku sudah lakoni yang nomer 1 namun karena ga tekun jadinya selalu mundur, semenjak kenal blog rasanya aku jatuh cinta sama menulis ingin sekali rasanya seperti mba yang mampu menelurkan karyanya :) semoga aku bisa seperti mba aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin....sy juga pernah nyoba dropship tapi blm apa2 udah buntu hehe

      Delete
  3. Mba, baca artikel ini membuatku sungguh ingin lekas2 bisa bekerja di rumah sambil ngawasin anak2. Kerja di luar rumah itu capeeee banget rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Capek emang. Sampe rumah bawaannya pingin istirahat

      Delete
  4. Wah banyak juga yang bisa dilakukan .... Apalagi yang nganggur-nganggur gini--meski di atas disebutin buat cewek. :D Tapi memang menulis ada banyak sih ya, jadi content writer juga ternyata lumayan menjanjikan. :) Untuk bisnis online kayaknya bisa dicoba suatu hari. Artikelnya keren, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semakin tinggi penggunaan media digital, kebutuhan content writer juga semakin tinggi

      Delete
  5. wah semalam baru kita ngomongin tentang fokus ... fokus apa yaa ... membingungkan. bahkan setelah membuat pilihan mau bisnis apa, pas ngejalaninnya galau mah ada aja. thanks sharing kaka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. galau itu kayanya penyakit rata2 kita deh yaa, hehehe

      Delete
  6. ternyata banyak yah mba pilihan bisnis yang bisa dikerjakan perempuan khususnya yang gk mw terikat dgn prusahaan.

    ReplyDelete