Riawani Elyta: My Blog Caleidoscope 2018 : Top 4 Blog Content in 2018

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Tuesday, 25 December 2018

My Blog Caleidoscope 2018 : Top 4 Blog Content in 2018

Kembali, saya harus berterima kasih pada Blogger Perempuan Network yang sudah menggelar 2018 Year in Review Blog Challenge. Karena, sejak menuntaskan 30 day BPN Challenge kemaren, saya masih terbawa euforia ODOP, seperti ada yang hilang saat sehari belum ngisi blog, tetapi males mikir tema apa yang mau ditulis. 

Untunglah, Allah masih ngasih ide untuk nulis satu artikel organik tentang Tips Menabung dan Hidup Hemat, beberapa job lewat artikel placement dan juga ada giveaway novel terbaru saya Chandelle (yang mau dapetin novel ini gratis sila klik disini ya), jadi blog ini pun, Alhamdulillah masih rutin terisi.

Adanya challenge Year in Review ini, enggak hanya membuat rutinitas ngeblog saya tetap lanjut, tetapi juga membuat saya untuk sesaat merenungi perjalanan blog saya selama setahun ini.
Dan, dari hasil perenungan tersebut, inilah jenis-jenis tulisan yang terangkum didalam www.riawanielyta.com sepanjang 2018 ini, dimulai dari jumlah yang terbanyak :

1.      Artikel organik
Alhamdulillah, even 30 day BPN Challenge membuat artikel organik menjadi yang terbanyak didalam blog saya tahun ini. Setidaknya, saya punya 30 artikel yang diikutkan dalam challenge dan beberapa artikel yang saya tulis sendiri tanpa unsur monetisasi. Memang sih, beberapa artikel organik lainnya diluar challenge lebih banyak diisi review produk kecantikan yang saya pake dan tempat wisata yang saya kunjungi, juga tulisan tentang launching buku ke-24 saya Love Catcher. Tetapi, setidaknya ini cukuplah jadi bukti kalo blog saya nggak menempatkan monetisasi sebagai tujuan utama, hehe.

2.      Placement article
Ini menduduki posisi kedua terbanyak. Mulai dari awal hingga akhir tahun, rata-rata ada 1 s/d 5 placement article setiap bulan. Saya nggak punya tips khusus untuk mendapat job. Enggak ngoyo dengan rate. Juga enggak terlalu pilih-pilih tema, kecuali tema yang enggak sesuai dengan prinsip saya, baru deh saya tolak. Dan dari sisi blog saya sendiri, meski sekarang DA-nya udah 30, itu karena memang usia blog TLD saya udah cukup lama. Page view juga enggak keren-keren sangat. Ada job ya saya syukuri, enggak juga enggak apa-apa. Pokoknya beneran mengalir aja deh.

3.      Book Review
Ini adalah sisa-sisa pekerjaan pada tahun 2017 sebagai host dari rangkaian book review tour. Jadi, sejak 2 (dua) tahun terakhir, saya menjadi host untuk book review dan giveaway. Tahun 2016 – 2017 sekitar 15 buku, dan tahun 2017 – 2018 sekitar 12 buku. Belum tahu deh tahun depan. Kalo masih ada penerbit atau penulis yang mengajak kerjasama, insya Allah saya terima. Sepanjang bukunya enggak berisi hal-hal yang bertentangan dengan prinsip yang saya pegang.

4.      Lomba blog
Tahun ini enggak banyak lomba yang saya ikuti. Hanya 3 (tiga) even : lomba review laptop, resensi buku dan kosmetik. Dari ketiganya, yang nyangkut jadi pemenang yang lomba resensi, sekaligus jadi tulisan dengan page view tertinggi untuk tahun ini. yang mau baca resensinya sila klik disini ya.

Nah, itulah jenis-jenis tulisan yang menghiasi blog saya sepanjang tahun 2018. Dari segi jumlah enggak terlalu banyak. Totalnya sepanjang tahun, sepertinya belum nyampe 100 artikel.
Tetapi, buat saya pencapaian segitu udah lumayanlah. Jika diukur dengan kondisi saya sehari-hari yang bekerja sebagai PNS dan masih setia nulis buku. Untuk niche blog saya, in sya Allah masih konsisten dengan niche lifestyle, karena ini yang paling cocok dengan kecenderungan tulisan saya yang beragam.
Target dan harapan saya untuk blog saya tahun depan, udah saya tulis di artikel ini : Ngeblog Itu Harus Punya Tujuan.

Hanya ingin sedikit menambahkan, sejauh ini saya merasakan aktivitas ngeblog ini punya banyak sekali manfaat. Bisa jadi sarana therapi saat kita mengeluarkan uneg-uneg lewat tulisan, bisa kenal dengan banyak orang melalui komunitas, bisa melatih kemampuan menulis, menambah penghasilan, dan sedikit banyak punya kontribusi terhadap harga diri dan eksistensi.
Semoga blogging di 2019....lebih baik! (in sya Allah).


6 comments:

  1. seperti ada yang hilang saat sehari belum ngisi blog, tetapi males mikir tema apa yang mau ditulis ===> bener banget ini mbak. Biasanya pagi2 udah siap depan laptop sekarang jadi males karena harus mikir tema tulisan :(

    ReplyDelete
  2. Saya yang masih newbie masih dalam tahap belajar nulis, harus mau menmpa diri biar bisa nulis seperti ini..saya simpan satu blog khusis untul latihan nulis...walau namanya cuma nlog latihan tapi ya ampuuinnn itu bener banget mbak yg namnya tema itu suka ngumpet kalau lagi di cariin

    ReplyDelete
  3. Keren euy, penulis buku juga ya
    Mantap

    ReplyDelete
  4. Mbaaa, keren banget ih, saya kudu belajar banyak nih biar bisa monetisasi blog.
    Kalau saya malah banyakan artikel organik, gak tau kenapa, mungkin saya suka nulis kali ya, rasanya, kalau gak nulis sehari itu semacam ada yang kurang hehehe

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mbak...baru pertama kali ini berkunjung ke-blog mbak. Blogger Perempuan memang kece, saya pun belom bisa move on dari challenge nya hihihi. Salam Kukuruyuk dari Semarang mbak...

    ReplyDelete
  6. Selalu kepo
    Asn yg juga ngeblog n nulis buku mentor jg tuh bagi waktunya cem mana mbaa

    ReplyDelete