Riawani Elyta: Ngeblog Itu Harus Punya Tujuan (day-30)

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Wednesday, 19 December 2018

Ngeblog Itu Harus Punya Tujuan (day-30)


Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di postingan terakhir untuk #BPN30daychallenge *tarik napas dalam-dalam, lalu hembus dengan penuh kelegaan*.
Dan Alhamdulillah lagi, Allah perkenankan saya untuk menuntaskan self-challenge, tantangan yang saya berikan kepada diri sendiri untuk menulis blog selama 30 hari ini dengan Hp.

 Jadi, selama 30 hari ini, saya mengerjakan tantangan BP di Hp. Mulai dari menulis, mencari bahan, foto, mengedit banner blog, membagikannya di socmed, mengisi link hingga blogwalking.

Dan, dari pengalaman 30 hari yang mendebarkan ini *bahasanya* (saya sempat mau menyerah di hari ke-29, saat badan nggak keruan dan tensi drop ke angka 75/50), saya mencoba mengevaluasi apa aja yang sudah saya lakuin dalam 30 hari challenge ini, agar saya bisa membuat pertimbangan untuk menyusun resolusi ngeblog pada tahun yang akan datang.

Saya memang masih belum lepas dari galau. Saya masih ingin tetap nulis buku. Tetapi saya nggak kuat nulis buku sekonsisten dulu. Saya juga ingin tetap ngeblog. Meskipun pilihan saya adalah menjadi part time blogger (baca : Full Day Blogger, or Part Time Blogger?), saya juga pingin jadi blogger yang terus berkembang. 

Sementara, tuntutan profesi pun terus meningkat. Mau dilakoni semuanya....bisa-bisa saya menua sebelum waktunya. hehe. Kelarin challenge ini aja tensi langsung ngedrop.
Nah...bingung 'kan?

Jadi....daripada mikirin hal-hal yang membingungkan, saya putusin untuk menyederhanakan resolusi ngeblog saya tahun depan :

1. Saya mau nulis yang ringan-ringan aja, jadi saya tetep bisa nulis di Hp pada waktu senggang.

2. Saya mau nulis yang saya suka, jadi saat nulisnya, ada semangat dan ketulusan yang menyertainya.

3. Saya mau belajar lebih giat tentang SEO dan digital writing, karena kerja keras or kerja santai pun tetep butuh kerja cerdas agar hasilnya optimal. 

4. Saya mau ganti desain tampilan blog saya jadi lebih bagus dan profesional.

Dari keempat upaya ini, target saya nggak muluk-muluk untuk tahun mendatang. Saya ingin tulisan saya lebih bermanfaat, ingin dapet job lebih banyak dengan rate yang lebih baik, dan ingin agar apa yang saya lakukan di dunia blogging ini diberkahi serta menjadi amal jariah.

Yang jelas, sesederhana apapun target yang kita buat, saya percaya kalau kita tetaplah harus memiliki tujuan. Karena tujuan dapat membuat pekerjaan kita lebih terkonsep, terarah dan efektif.

Demikianlah tulisan penutup saya untuk rangkaian challenge ini. Terima kasih BP Network yang udah berhasil bikin saya nulis blog setiap hari. Semoga Allah perkenankan tulisan-tulisan sederhana saya bermanfaat. Dan dengan izinNya semoga kita ketemu lagi tahun mendatang dengan semangat ngeblog yang lebih konsisten, konten blog yang lebih berkualitas dan menjadi inspirasi yang diberkahi Allah. Aamiin.

20 comments:

  1. Wah kalo aku juga biasanya ngeblog pake hape mbak, nulis, posting, cari gambar, edit2, semua di hape dan so far nyaman2 ajaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya pake laptop. tapi laptopnya lagi lemot jadi utk challenge ini coba pake hp

      Delete
  2. Menulis sesuatu yang disukajadi lebihngalir gitu ya mbak rasanya... Aku pun memilih begitu :D

    ReplyDelete
  3. wah bisa nulis di hp mba? aku mah ga bisa, mata siwer :D

    target blognya ampir samaan kita. mudah2an terwujud semua ya, aamiin.

    Selamattt sudah menuntaskan challenge nuis selama 30 hari ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat juga ya mbak udah nuntasin challenge ini

      Delete
  4. Keren, Kak bisa 30 hari nonstop ngeblog. Emang kalau mau berhasil harus punya tujuan jelas dulu.

    ReplyDelete
  5. dulu nggak pernah mikir kalau dari ngeblog bisa dapat banyak hal, karena tujuan cuma mengisi waktu luang. tapi kok pengen bisa nulis bagus, belajarlah nulis bagus. pengen menang lomba, belajarlah ikutan lomba, hingga makin terjerembab dalam hobi yang tak berujung. tapi mungkin itu yang bikin hidup dinamis dan berwarna , tujuan yang terus berkembang

    ReplyDelete
  6. Setuju sama judulnya mbak. Ngeblog sesederhana apapuan tujuannya harus punya. Entah untuk alat berbagi informasi, untuk profesi, terapi menulis atau cuma buat Fun. Dengan tujuan, kita jadi tahu harus bagaimana memperlakukan Blog kita.. ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  7. Hebat kakak lulus 30 hari "mencari cinta" eh salah... hehehehe.... Aku gagak ikutan project ini karena banyak PR... hahahaha padahal PR bisa jadi bagian dari project ini... BTW Ngeblog memang harus punya tujuan memang ya, agar lebih terarah isinya dan menghasilkan... hehehe

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah luar biasa. Akhirnya saya juga bisa menyelesaikan tantangan 30 hari ngeblog. Rasanya itu wah banget. Pencapaian tertinggi selama ngeblog.

    ReplyDelete
  9. Selamat mbaaaaa :D

    Salut euyyy, banyak banget temen2 yang bisa ngeblog pakai hape ternyata, saya mah kesulitan kalau pakai hape, meskipun juga pernah berhari2 ngeblog pakai hape karena laptop lagi rusak.

    Tapi emang bener ya, menulislah dengan passion dan nyaman, sekeren apapun tulisan kita, kalau enggak ada passion, tertekan sendiri yang ada kita drop dan menyerah juga :)

    ReplyDelete
  10. Selamat mb lyta. Aku pun kemarin nulisnya pake hp. Hehe. Pas banget laptopku error. Jadi di hari terakhir pun aku niatin ngebut minjem laptop bapak. Biar bisa kelarin challenge. Wekeke. Yang penting tetep nulis aja deh. Biar ga banyak pikiran yg bikin galau. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk..byk ide gak ditumpahin bisa galau juga emang

      Delete