6 Inspirasi Menu Simpel dan Berbeda untuk Lebaran Tahun Ini


Tak terasa kita sudah menjelang lebaran ya. Meskipun masih dalam suasana perjuangan menghadapi pandemi Covid-19, namun yang namanya lebaran tentunya tetap disambut dengan beberapa persiapan. Salah satunya adalah merencanakan menu yang akan dimasak nantinya. Bedanya dengan tahun-tahun sebelumnya adalah, bahwa kita harus cerdas menyiasati pengeluaran agar tetap bisa terkendali.

Tak bisa dipungkiri bahwa lebaran tahun ini menjadi tahun yang sangat berat. Tidak hanya mengalamai penurunan penghasilan, bahkan puluhan ribu orang harus kehilangan pekerjaan mereka. Kemarin saya melihat berita tentang pemutusan kerja seluruh karyawan pada sebuah perusahaan. Lalu ada salah satu presenter tanah air yang terpaksa merumahkan 2.500 dari 6.500 karyawannya. Diketahui presenter ini memiliki usaha kuliner yang mulanya sangat besar hingga ke seluruh Indonesia.

Di bidang lainnya pun, dampak pandemi ini sangat mengguncang. Mulai dari bisnis pariwisata, tekstil, kuliner khususnya resto dan rumah makan serta masih banyak lagi. Himbauan keras untuk di rumah saja memang harus diterapkan. Tapi tentunya tak sesederhana itu. Walaupun pemerintah melalui dinas sosial telah membantu sejumlah kebutuhan pokok bagi rakyat yang terdampak, tapi jumlah tersebut tentunya tak mampu memenuhi seluruh kebutuhan yang tetap harus dikeluarkan.

Dalam situasi inilah kita harus cerdas dalam berbagai hal. Selain berhemat, di satu sisi kita harus tetap menjaga imunitas tubuh dengan makanan yang baik dan menjaga pikiran agar tetap positif guna menangkal virus ini.

Berkaitan dengan lebaran, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan memangkas atau meniadakan pembelian barang-barang yang baru seperti baju, mukena, gorden rumah, taplak meja, sendal dan sepatu, peci dan segala macam pernak-pernik hari raya lainnya. Selanjutnya adalah merencanakan menu lebaran yang tetap berkesan, memenuhi nilai gizi yang baik tetapi dengan harga yang terjangkau tentunya.

Jika lebaran identik dengan lontong, ketupat, gulai, rendang, opor ayam hingga semur, maka di tahun ini kita bisa menyiapkan menu yang simpel dengan biaya yang bersahabat di kantong.

Berikut 6 inspirasi menu simpel dan berbeda untuk lebaran tahun ini : 
     1.    Soto ayam
Indonesia memiliki bermacam-macam jenis soto dari berbagai daerah. Sebut saja soto Medan, soto Padang, soto Betawi, soto mie Bogor, soto Bandung, soto Tasik, soto Lamongan, soto Madura, soto Kudus, coto Makassar, soto Banjar, soto Lenthok Yogyakarta, soto taucho Pekalongan dan soto bening Semarang. Wow banyak banget ya.
Nah menu ini sendiri pada dasarnya merupakan makanan dengan kuah yang diberi bumbu-bumbu dengan daging, bisa ayam, daging hingga tetelan, yang dimasak hingga menjadi kuah kaldu berbumbu. 
Setelahnya kita bisa menyajikannya dengan menambahkan mie putih, lontong, mie kuning, perkedel, tauge, telur rebus, kol, kerupuk, bubuk koya dan ditaburi daun bawang dan bawang goreng. Semuanya tergantung jenis soto yang kita pilih. Kita pun bisa memilih ingin soto bening atau soto dengan santan.
Menu ini sangat nikmat disajikan hangat. Dan soal rasa dan harga, tentunya sangat bersahabat. Karena kita bisa memilih daging ayam yang saat ini memiliki harga yang cukup terjangkau.   

   2.    Ayam bakar
Di menu kedua ada ayam bakar. Menu yang satu ini juga memiliki sangat banyak ragamnya. Sebut saja ayam bakar kecap, ayam bakar bumbu rujak, ayam bakar taliwang, ayam bakar Padang, ayam bakar kalasan, ayam bakar bumbu Bali, ayam bakar madu hingga ayam bakar rica dan ayam bakar betutu. Tidak kalah banyaknya dengan jenis-jenis soto ya.
Untuk membuatnya, kita membutuhkan ayam, bumbu-bumbu yang dihaluskan. Ada pula yang memakai santan, air kelapa atau cukup air biasa saja. Ditambah dengan bumbu daun seperti daun salam, daun jeruk dan serai. Ayam tersebut cukup diungkep hingga lembut lalu kita bisa memanggangnya dengan menggunakan alat panggang di atas kompor atau dengan panggangan arang jika ada. Sajikan bersama lalapan, nasi, tahu dan tempe serta sambal yang disesuaikan dengan jenis ayam bakar yang kita pilih.

    3.    Sambal balado
Menu selanjutnya adalah sambal balado. Kita bisa membuat sambal balado ati ampela yang dicampur kentang. Bagi yang menyukai petai, bisa menambahkannya. Atau balado teri yang dicampur dengan telur puyuh. Pilihan lainnya bagi yang di wilayahnya dekat dengan laut sehingga bisa membeli udang dengan harga yang bersahabat, adalah balado udang dicampur kentang. Menu ini sangat istimewa dan bisa disajikan dengan nasi atau pelengkap lontong kuah gulai sayuran.

         4.    Sate
Indonesia sangat kaya akan menu yang satu ini. Dan menu yang telah dikenal sejak abad ke-19 ini juga sudah terkenal hingga ke mancanegara. Ada begitu banyak jenis sate yang telah dikenal diantaranya sate Madura, sate Padang, sate Ponorogo, sate Tegal, sate Blora, sate Banjar, sate Buntel, sate Makassar, sate Lilit, sate Pusut, sate Maranggi, sate Kere, sate Bebek Tambak, sate Kelinci, sate taichan, sate Klopo hingga sate Bandeng.
Hampir sama dengan ayam panggang, kita bisa memilih daging ayam sebagai bahan utama sate ini. Sementara kuahnya bisa menyesuaikan. Secara umum kuah yang digunakan adalah kuah kecap, kuah kacang dan kuah Padang. Kita bisa menambah pelengkap berupa lontong, nasi, kerupuk dan acar. Untuk membuatnya tinggal siapkan bumbu-bumbu untuk memarinasi ayam. Lalu kita bisa gunakan panggangan berupa wajan anti lengket atau panggangan dari bara api.

    5.    Gulai sayuran
Menu yang satu ini tentunya menjadi menu favorit di rumah keluarga saya dan saya yakin juga di rumahmu kan? Kita bisa menggunakan jenis sayuran yang dipadukan dengan tetelan daging, udang, telur, potongan ayam kecil, ikan teri, tahu tempe atau cukup dengan berbagai jenis sayur saja.
Jenis-jenis sayur yang bisa digunakan antara lain nangka muda, kacang panjang, buncis, wortel, labu siam, labu kuning, pakis dan daun singkong. Untuk membuatnya kita tentu membutuhkan sayuran, santan dan bumbu yang dihaluskan dan bumbu daun. Memasak gulai sayur ini akan lebih lezat saat akan disajikan sehingga terasa sangat segar. Apalagi sayur ini cukup cepat mengalami perubahan rasa sehingga paling pas dimasak saat akan disajikan. Karena waktu memasaknya tidak begitu lama. Tentunya kita bisa menyiapkan bahan-bahannya pada malam sebelumnya.  

6. Mi Goreng
Menyajikan Mi Goreng sebagai menu Lebaran? Mengapa tidak? Kita juga bisa menyiapkan Mie Goreng Instan yang Sehat untuk Tubuh sebagai menu Lebaran yang simpel, praktis dan bergizi.

Caranya, yaitu dengan mengombinasikan mi instan dengan sayur-sayuran segar seperti wortel, buncis, sawi, juga sumber protein yang bergizi seperti telur, udang dan bakso.


Itulah 6 (enam) menu simpel dan berbeda untuk lebaran tahun ini. Semoga bisa menjadi inspirasi ya. Selamat berpuasa.

Sumber :
Strategi.id
gotravelly.com
indozone.id
selerasa.com
phinemo.com
brilicious.brilio.net

No comments