Riawani Elyta: Cara dan Jenis Makeup untuk Wanita Berhijab (ala Riawani Elyta)

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Sunday, 12 May 2019

Cara dan Jenis Makeup untuk Wanita Berhijab (ala Riawani Elyta)

Makeup bagi wanita, fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan penampilan. Agar terlihat lebih segar, lebih cantik, lebih muda, lebih bersinar, dan seterusnya. Dan untuk wanita berhijab, fungsi makeup pun demikian adanya, hanya bedanya, sesuai tuntunan Islam, makeup tidak boleh berlebihan, tidak sampai mencolok yang menarik perhatian, tidak menimbulkan fitnah, dan juga tidak membawa mudharat buat kesehatan kulit si pemakainya.


Jadi, intinya, buat wanita yang berhijab, bermakeup dianjurkan sederhana. Dan menurut saya, yang paling penting itu adalah perawatan wajah. Karena wajah yang terawat, tidak perlu makeup banyak-banyak pun akan terlihat cakep, dan buat yang sudah bersuami, tentu saja suami adalah yang paling sering melihat wajah kita dalam kondisi tanpa makeup. Maka penting banget untuk menjaganya agar tetap terawat.

Baca : My 5 Fav Beauty Youtuber

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan terlalu banyak membahas tentang tutorial, karena banyak yang lebih ahli. Sebagai gantinya, saya akan menuliskan jenis-jenis makeup yang saya gunakan, bagaimana saya menggunakannya juga daftar harganya. Oh ya, produk-produk makeup ini rata-rata umurnya panjang, jadi meski kalo ditotal harganya ratusan ribu, tetapi awetnya rata-rata diatas tiga bulan bahkan tahunan :

  1. Base makeup
Untuk makeup dasar, saya menggunakan trio pixy ini : BB Cream, Concealing Base dan compact powder atau bedak padat. BB Cream saya gunakan setelah pelembap, penggunaannya kira-kira satu ruas jari kelingking, dioles merata ke seluruh wajah. Saya menggunakan warna 01 Ochre. Karena BB Cream ini sudah mengandung SPF 30, saya enggak menggunakan sunblock lagi, kecuali jika harus terpapar lama dibawah terik matahari.

Setelah itu dilanjutkan dengan Concealing Base. Saya menggunakan yang nomor 01 Natural Beige. Ini berbentuk stik yang bisa diputar seperti deodoran. Saya mengoleskannya pada bagian wajah yang ada flek dan bintik-bintiknya, dibiarkan sebentar lalu ditepuk pelan-pelan sambil diratakan. Baru dilanjutkan dengan bedak padat. Saya menggunakan bedak warna pink beige. Dipake dengan cara ditepuk-tepuk pelan dan tipis-tipis saja supaya hasilnya natural.

Price list :
Pixy BB Cream Rp.30.500
Pixy Concealing Base Rp.35.000
Pixy Compact Powder Rp. 30.800

Baca : Tips Agar Makeup Dasar Tahan Lama dan Tidak Berminyak

2.      Makeup mata dan alis
Untuk alis, saya menggunakan Wardah Eye Brow Brown dan Make Over Eye Brow Definition Kit. Caranya, saya beri pola garis dulu dengan Wardah Eye Brow Brown, setelah itu diisi dengan Make Over Eye Brow Definition Kit, terakhir saya sikat dengan Wardah Eye Brow Brown. Supaya tampak seperti alis asli, pemakaiannya cukup tipis saja, enggak usah ditekan, dan saat disikat mengikuti alur alis. 

Make Over Eye Brow Definition Kit termasuk produk yang awetnya kebangetan, mungkin karena saya pakenya juga tipis aja, setelah dua tahun dipake, baru habis enggak sampe separuh.
Untuk mata, saya menggunakan Wardah Eye Liner White untuk bagian bawah mata dan Hyper Sharp Power Black dari Maybelline untuk garis atas mata. Bagi kalian yang pemula atau yang ingin riasan mata terlihat natural, bisa mencoba eye liner dari Maybelline ini karena hasil goresannya tipis.


Price list :
Wardah Eye Brow Brown Rp.32.000
Make Over Eye Brow Definition Kit Rp.110.000
Wardah Eye Liner White Rp.35.000
Maybelline Hyper Sharp Power Black Rp.124.000


3.      Make up bibir
Untuk bibir, saya terlebih dulu mengolesi dengan Wardah Lip Balm Protects & Cares, karena bibir saya jenisnya kering dan pecah-pecah. Setelah itu baru saya lanjutkan dengan Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Ini lipstick favorit saya banget karena tampilannya natural, tidak menyebabkan bibir kering dan tahan lama. Saya biasanya pake warna 03, 11 atau 14 karena warnanya seperti warna asli bibir.

Price list :
Wardah Lip Balm Protects & Cares Rp.18.000
Wardah Exclusive Matte Lip Cream Rp.53.500

4.      Make up tambahan
Make up berikut ini saya gunakan occasionally, misalnya untuk kondangan atau even tertentu : Make Over Face Contour Kit untuk contouring wajah, Mustika Ratu eye shadow & blush on (saya biasanya gunakan eye shadow nya saja), pink magic kiss & blush dari Brun Brun untuk pipi. Contour Kit diaplikasikan dengan kuas tipis khusus contour, eye shadow dengan pemulas khusus eye shadow yang udah ada didalam kemasan, dan untuk pemulas pipi dari Brun Brun ini, karena bentuknya seperti odol, kita mengoleskannya dengan ujung jari, cukup setengah atau 1 tetes saja, lalu di-tap pelan pada pipi. Tunggu semenit dan warna pink akan muncul. Untuk menyamarkan warnanya, gunakan produk ini setelah foundation atau BB Cream lalu ditutup dengan bedak padat atau bedak tabur.

Price list :
Make Over Face Contour Kit Rp.132.000
Mustika Ratu Beauty Queen eye shadow & blush on Rp.70.000
Brun Brun pink magic kiss & blush Rp.35.000

No comments:

Post a Comment