Riawani Elyta: 5 MANFAAT UNIK MEMBACA NOVEL FANTASI

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Friday, 22 February 2019

5 MANFAAT UNIK MEMBACA NOVEL FANTASI

       
     Salah satu jenis novel yang sering kita temui terpajang di rak – rak toko buku adalah novel fantasi. Dilansir dari https://blog.ruangguru.com, cerita fantasi adalah bahan tertulis yang berbentuk karangan atau tulisan untuk menuturkan, menggambarkan, atau membayangkan berbagai perbuaan, pengalaman, dan kejadian berupa angan-angan, khayalan, imajinasi, atau rekaan belaka. Dengan kata lain, hal-hal yang digambarkan dalam teks fantasi adalah hal-hal yang tidak nyata atau fiksi. 

            Beberapa novel fantasi yang berhasil sukses mendapatkan predikat bestseller dunia, dicetak hingga jutaan hingga ratusan juta kopi dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia diantaranya Harry Potter The Series, Lords of The Ring, The Hobbit, The Chronicles of Narnia hingga Le Petit Prince. Sebagian besar telah diangkat ke layar lebar dan juga berhasil mencetak box office dunia. Dari dalam negeri juga tak kurang banyaknya novel fantasi yang diterbitkan. Termasuk salah satunya, novel karya saya dan Syila Fatar : Gerbang Trinil.

            Novel fantasi memang memberikan ruang berimajinasi yang luas dan besar bagi penulisnya. Mereka bebas menghadirkan tokoh, latar tempat, waktu, membuat hewan dan benda – benda berbicara, memasukkan bahasa, budaya, mencampuradukkannya dengan dunia nyata. Dipadukan dengan misteri, petualangan, perjalanan lengkap dengan konflik yang mendebarkan yang membuat pembacanya ikut menikmati imajinasi dalam dunia fiksi sang penulis yang kaya dan seolah tak berbatas.
       
     Kesuksesan banyak novel fantasi salah satunya adalah karena memberikan pengalaman yang berbeda sekaligus membangkitkan imajinasi pembaca saat menikmati karya tersebut. Selain memberikan pengalaman unik bagi pembacanya, kamu yang menyukai genre ini ternyata bisa mendapatkan manfaat lain lho dari hobi ini. Apa sajakah itu. Yuk, kita kulik.

1.      Membangkitkan kreatifitas
Kreatifitas sangat dibutuhkan untuk menjadikan hidup kita jauh lebih indah dan berkualitas. Kreatifitas yang dihadirkan oleh para penulis fantasi seringkali memicu kita untuk ikut mengembangkan sisi kreatifitas kita, bahkan terhadap hal – hal yang belum terkuak dari diri kita.

2.      Mengurangi stres
Membaca novel fantasi membuat kita memasuki sebuah dunia yang jauh berbeda dengan dunia yang kita tinggali. Ketika kita membaca novel, kita akan melebur ke dalam dunia fantasi tersebut, berpetualang di dalamnya dan membuat kita relaks, meskipun di dalamnya tetap terdapat konflik, misteri dan petualangan, pada akhirnya akan memberikan pengalaman yang membuat perasaan stres kita berkurang.


3.      Membuka cakrawala berpikir
Meskipun novel fantasi dibuat berdasarkan imajinasi sang penulis, tetap banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan. Karena sang penulis juga tetap melakukan riset dan tentunya memiliki pengetahuan yang luas untuk kemudian dirangkaikan dengan imajinasinya untuk dituangkan ke dalam novel. Selain itu, pikiran kita akan jauh lebih terbuka terhadap ide baru, budaya baru dan berbagai hal baru yang belum kita ketahui. Hal ini akan membuat kita semakin mudah bersosialisasi dalam kehidupan sehari – hari.

4.      Memperkaya pengalaman dan meningkatkan rasa empati
Setiap jenis novel akan menghadirkan nilai rasa yang berbeda. Begitu juga novel bergenre fantasi. Pengalaman yang kita dapatkan dari novel genre ini tentu adalah hal – hal unik yang menghadirkan nilai yang berbeda bagi otak kita. Selain itu, mengenali berbagai karakter dengan segala konflik di dalam novel fantasi yang biasanya memiliki banyak tokoh akan membuat kita bisa memahami berbagai karakter dan meningkatkan rasa empati.

5.      Membuat semakin cerdas dalam hal bahasa dan semakin mudah berkonsentrasi 
Novel memiliki cerita yang panjang dengan bahasa yang unik terutama sebuah novel fantasi. Hal ini akan meningkatkan kecerdasan bahasa berkat kosa kata di dalam novel tersebut. Manfaat lainnya adalah membuat kita semakin mudah berkonsentrasi. Karena membaca novel yang cenderung panjang menuntut konsentrasi yang tinggi untuk memahami alur cerita yang dibangun sang penulis. Terutama untuk novel fantasi yang menuntut kita untuk mampu memahami hal – hal di luar kehidupan nyata kita. Hal ini membuat otak terbiasa berkonsentrasi terhadap sesuatu. Dan kemampuan ini juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari karena akan membuat kita lebih cepat menyelesaikan sebuah pekerjaan.


Ternyata, membaca novel fantasi adalah sebuah hobi yang memberi manfaat yang luas bagi kita. Jadi, tidak perlu ragu untuk meneruskan hobi membacamu. Dan dapatkan manfaat unik untuk meningkatkan kualitas dirimu. Selamat membaca.

Sumber :
https://blog.ruangguru.com

2 comments:

  1. Yes, membaca buku juga untuk hiburan dikala penat.

    ReplyDelete
  2. Bener Mb
    Setujuuhhh
    Dan di antata sekiaan banyak novel2 fantasi, yg sampai sekarang tertancap di hati adalah kisah frodo dan temen2ny
    Jd pengin baca lagi LOTR

    ReplyDelete