Riawani Elyta: Susu Kambing vs Susu Sapi, Mana Yang Lebih Berkhasiat?

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Wednesday, 14 September 2016

Susu Kambing vs Susu Sapi, Mana Yang Lebih Berkhasiat?

Susu Kambing vs Susu Sapi, Mana Yang Lebih Berkhasiat?
Jika bicara tentang susu sebagai minuman pelengkap gizi, ingatan kita pasti akan terhubung dengan susu sapi. Karena selama ini, susu sapi adalah produk susu yang paling dikenal dan tingkat konsumsi susu sapi memang jauh melampaui produk susu dari hewan ternak lainnya. Namun, selain susu sapi, masih terdapat produk susu yang tak kalah berkhasiat, yaitu susu kambing.  Berikut diantara khasiat susu kambing yang tak kalah bermanfaat dibandingkan susu sapi, yaitu :

      1.      Kaya nutrisi
Selama ini, susu sapi yang ditujukan untuk bayi  berusia nol sampai dua belas bulan, diklaim sebagai susu dengan kandungan nutrisi yang bisa menggantikan Air Susu Ibu (ASI). Padahal, susu kambing justru mengandung nutrisi hampir menyamai nutrisi yang terdapat di dalam ASI. Hanya saja, baik susu sapi maupun susu kambing, tidak dianjurkan untuk anak-anak berusia dibawah satu tahun. ASI tetap menjadi sumber nutrisi terbaik bagi bayi yang tidak bisa disubstitusi dengan produk susu olahan.

      2.      Cocok untuk penderita alergi dan masalah pencernaan
Susu kambing mengandung lebih sedikit senyawa kasein alpha 1 yang merupakan salah satu penyebab alergi. Oleh karenanya, susu kambing memiliki risiko alergi lebih rendah dibandingkan susu sapi.
Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga lebih mudah dicerna. Susu kambing mengandung proporsi laktosa sedikit lebih rendah daripada susu sapi sehingga lebih mudah diserap. Hal ini membuat susu kambing lebih baik dikonsumsi oleh mereka yang intoleransi terhadap laktosa ataupun yang memiliki gangguan pencernaan.

      3.      Baik untuk kesehatan jantung dan tulang
Susu kambing kaya akan kalsium yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko stroke, menstabilkan tekanan darah dan menguatkan tulang. Susu kambing memiliki kadar asam lemak 35 persen, lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang memiliki kadar 17 persen. Ini membuat susu kambing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan menjaga kadar trigliserida.
Meskipun susu sapi memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kalsium pada susu kambing relatif lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun untuk memiliki kesehatan yang optimal, khususnya kesehatan jantung dan tulang, mengonsumsi susu saja tidak cukup. Harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya secara berimbang dan berolahraga dengan teratur.

       4.      Menjaga berat badan tetap stabil
Buat anda yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan, anda tetap bisa mendapatkan manfaat kalsium dan zat gizi lainnya dari susu kambing, karena lemak yang terkandung didalam susu kambing lebih rendah dibandingkan susu sapi full-cream. Selain itu, susu kambing mengandung asam lemak esensial seperti linoleat dan arakidonat yang lebih banyak daripada susu sapi. Kedua jenis asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat dibakar sehingga tidak disimpan tubuh sebagai lemak.

      5.      Mencegah anemia
Susu kambing dapat meningkatkan penggunaan  zat besi oleh tubuh serta merangsang pembaruan hemoglobin.  Ini karena susu kambing mampu meminimalkan interaksi antara kalsium dan zat besi dalam tubuh yang dapat menimbulkan efek saling menghambat. Jadi, mengonsumsi susu kambing secara rutin sangat dianjurkan kepada penderita anemia dan yang mengalami defisiensi zat besi.

      6.      Menjaga kecantikan kulit dan wajah
Tahukah anda bahwa susu kambing juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan wajah? Susu kambing dapat menghaluskan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori serta mencegah jerawat. Caranya adalah dengan mencampur susu kambing bubuk dengan sedikit air sehingga kental seperti pasta, lalu gunakan sebagai masker wajah selama 15 menit pada wajah yang sudah dibersihkan. Bilas dengan air hangat hingga bersih.
Untuk penggunaan sebagai lulur, oles sambil pijat kulit tubuh dengan susu kambing yang sudah dikentalkan seperti pasta sampai merata ke seluruh tubuh. Lalu mandilah seperti biasa. Hasilnya akan lebih baik jika mandi menggunakan sabun susu kambing dan dilakukan secara teratur.

Kekurangannya, susu kambing memiliki aroma yang sedikit amis sehingga lebih baik jika dikonsumsi dalam kondisi hangat, juga produksinya masih terbatas dibandingkan susu sapi. Namun dengan serangkaian manfaat dan khasiat yang terkandung didalam susu kambing bagi kesehatan dan kecantikan, susu kambing dapat dijadikan alternatif yang tepat untuk pelengkap asupan gizi dan membantu merawat kecantikan anda.

Referensi :
www.alodokter.com
www.disehat.com
www.magwuzz.com

8 comments:

  1. Aku belum pernah cobain susu Kambing mba xixixi lihat khasiatnya yang segambreng pgn nyobain jadinya. Nice info mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya lumayan kok, cuma ada bau khasnya aja

      Delete
  2. Di dekat rumahku ada distributor susu kambing etawa. Belum pernah nyoba... nanti deh beli :-)

    ReplyDelete
  3. susu kambing harganya cenderung lebih mahal ya Mbak, tapi khasiatnya memang banyak banget sih yaa...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi seimbanglah dengan khasiatnya

      Delete
  4. Yee..
    Kirain endors, ternyata...
    Dah lama daku konsumsi susu kambing nih, gegara alergi dan masalah pencernaan.
    Dalam bentuk bubuk.. Pingin yg seger tuh..

    ReplyDelete