Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak


 "Sampe usia segini, belum pernah pake sunscreen. Belum punya skincare wajah yang cocok juga, masih coba-coba. 
Kalian gimana?"

Status ini melintas di beranda Facebook saya kemarin. Dan saat iseng membaca komentar-komentarnya, rata-rata ternyata sudah menjadikan sunscreen sebagai rutinitas harian. Lalu merekomendasikan beberapa merk kepada si pemilik status berikut alasan kenapa sunscreen penting bagi mereka.

Dari post ini, juga dari semakin gencarnya publikasi tentang produk sunscreen di berbagai media, setidaknya menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya sunscreen semakin meningkat.

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terbakar, penuaan dini, dan bahkan berkontribusi pada risiko kanker kulit. Maka dengan menggunakan sunscreen secara berkala, dapat membantu mengurangi risiko terkena kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kesehatan kulit Anda. Selain itu, sunscreen juga memiliki sejumlah manfaat lain diantaranya :

- dapat membantu menjaga warna kulit agar tetap merata

- mencegah bintik-bintik, flek dan hiperpigmentasi.

- mencegah kulit dari cepat kusam dan menggelap

- mencegah kulit dari mengalami penuaan dini

Meskipun informasi seputar sunscreen telah berkembang sedemikian luas, namun masih saja terdapat mitos dan persepsi kurang tepat terhadap sunscreen. Yuk cek poin-poin berikut untuk mengetahui apakah persepsi anda terhadap sunscreen sudah tepat atau belum :

1. Sunscreen hanya perlu dipakai saat beraktivitas di luar rumah di siang hari

Faktanya, sunscreen sebaiknya tetap digunakan saat beraktivitas di dalam rumah atau di ruang tertutup, karena sinar matahari juga masuk melalui ventilasi dan jendela. Tentunya, untuk pemakaian di dalam rumah, kita bisa memilih sunscreen dengan kadar SPF lebih rendah daripada untuk dipakai saat beraktivitas outdoors.

2. Jika kita sudah menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan SPF, maka kita tidak perlu lagi menggunakan sunscreen 

Saat ini, berbagai jenis kosmetik sudah diperkaya dengan kandungan SPF khususnya base makeup seperti foundation dan bedak untuk memberi ekstra perlindungan dan manfaat. 

Namun demikian, bukan berarti kita boleh skip penggunaan sunscreen, karena kandungan SPF pada kosmetik umumnya hanya memiliki komposisi sekian persen dibandingkan kandungan lainnya sehingga perlindungannya terhadap sinar UV juga akan kurang maksimal. 

3. Sunscreen menyebabkan wajah jadi berminyak dan berjerawat

Ini bisa terjadi saat anda menggunakan sunscreen yang kurang cocok dengan jenis kulit atau menggunakannya terlalu banyak ataupun sunscreen dengan SPF tinggi.

Anda bisa terlebih dulu mencari informasi merk sunscreen yang cocok dengan kulit wajah anda,  lalu gunakan secukupnya sampai sunscreen merata ke seluruh wajah dengan lapisan yang tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Biarkan sunscreen meresap sebelum menggunakan skincare atau kosmetik selanjutnya. Jangan lupa reapply sunscreen setiap 2-3 jam sekali terutama saat anda beraktivitas di luar rumah.

Sebagai pengguna sunscreen sejak lama, saya telah merasakan manfaat produk yang satu ini. Diantaranya wajah saya yang dulu kusam, saat ini telah menjadi lebih cerah dan flek di area hidung juga memudar. Banyak orang yang bertemu saya saat ini juga mengomentari penampilan saya tetap awet bahkan terlihat lebih muda.

Nah, bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan kombinasi serta saat ini masih bingung mencari Sunscreen untuk Kulit Berminyak, saya ingin merekomendasikan beberapa merk sunscreen yang pernah saya coba dan memiliki harga yang terjangkau :




1. Emina Skin Buddy SPF 30 PA+++ - Rp. 32.500

Untuk para pemula dan remaja, sunscreen dari Emina ini bisa anda coba karena memiliki tekstur yang ringan dan siap melindungi dari paparan sinar UV.

Merupakan sunscreen lokal non-alkohol satu-satunya dengan Hyaluronic Acid serta Calendula extract yang mild di kulit sekaligus menghidrasi, sehingga cocok untuk remaja, tidak lengket, dan tidak menimbulkan iritasi.

Saya termasuk pengguna sunscreen Emina dalam kurun waktu cukup lama karena menyukai rasa dingin yang diberikannya pada kulit.

 Walaupun penyerapannya sedikit lambat, anda bisa menyiasatinya dengan mengaplikasikan dalam beberapa layer.




2. Wardah UV Shield Sunscreen Gel SPF 30 - 35.500

Sunscreen dengan Broad Spectrum Protection, 30x lebih optimal menjaga kulit dari sinar UV A/UV B serta pancaran blue light berlebih.

Dengan inovasi formula 0% alkohol namun tetap ringan tanpa rasa lengket, serta kombinasi vitamin E dan Pro Vitamin B5 di dalamnya yang bantu penuhi kebutuhan nutrisi kulit sehari-hari. Walaupun namanya Gel tetapi teksturnya sebenarnya berbentuk lotion.

Saya rutin menggunakan sunscreen ini dalam setahun terakhir. Alhamdulillah cocok dan tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit seperti jerawatan atau bruntusan. Kekurangannya hanya sedikit White cast dan butuh waktu lama untuk menyerap sempurna.




3. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 - Rp. 37.800 s.d Rp. 54.000

Tabir surya wajah dalam bentuk gel ( water base) yang sangat ringan, dingin dan mudah meresap untuk seluruh jenis kulit termasuk kulit berminyak dan acne prone skin. Diformulasikan dengan kandungan bahan alami Propolis, aloe Vera, green tea dan delima untuk melindungi kulit dari sinar UV A & UV B serta menutrisi kulit.  

Bagi anda yang rajin mengikuti informasi tentang sunscreen, maka anda akan menemukan sunscreen yang satu ini selalu muncul dengan rating tinggi.

Diantara semua sunscreen yang pernah saya coba, sunscreen ini memang juaranya. Teksturnya yang berbentuk gel mudah sekali menyerap tanpa White cast dan terasa ringan di kulit. Untuk saat ini saya lebih suka menggunakan sunscreen mist dari merk ini untuk reapply karena mudah digunakan dan dibawa-bawa serta kandungan SPF nya cukup tinggi.


4. Carasun Solar Smart UV Protection 8ml - Rp. 14.000

Inovasi sunscreen harian dari Carasun the Tropical Skin Expert. Solar Smart UV Protector melindungi optimal dengan SPF 45 yang menangkal 97.8% UVB, dan PA++++ perlindungan tertinggi terhadap UVA yang menggelapkan. Dengan teknologi yang dipatenkan CloudLike™️, Carasun memiliki tekstur unik seringan awan yang non-comedogenic, membuat kulit terasa nyaman dan tetap fresh hingga 8 jam. Formulanya yang Halal dibuat tanpa alkohol, teruji klinis sesuai untuk kulit sensitif. Diperkaya Ekstrak Beras dan CityStem, menutrisi kulit serta melindunginya dari radikal bebas.

Pertama kali menggunakan produk ini adalah cushion-nya yang juga di-klaim bisa melindungi dari sinar UV. Lalu saya tertarik mencoba sunscreen-nya yang dalam bentuk sachet ini karena harganya ekonomis dan travel friendly.

Untuk cushion-nya saya suka sekali karena hasilnya bikin wajah terlihat cerah. Sedangkan untuk sunscreen yang sachet ini saya memang menggunakannya hanya saat travel dan Alhamdulillah cocok serta nggak menimbulkan White cast.


5.Viva Queen White Advance Day Cream SPF 30 PA+++ - Rp.49.200

Day Cream dengan tekstur yang ringan & nyaman digunakan sehari-hari untuk merawat & menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit dari efek buruk sinar UV A dan UV B dengan SPF 30 PA+++ untuk proteksi optimal kulit wajah Anda terhadap sinar UV, efek buruk Blue Light, dan penuaan dini.

Mengandung :

* Ekstra emollient

* Moisturizer

* Niacinamide

Ini adalah sunscreen yang saya gunakan dalam dua bulan terakhir, karena penasaran dengan keluaran Viva Cosmetics yang masih baru ini.

Dibandingkan merk-merk lain yang pernah saya coba, sunscreen dari Viva ini teksturnya lebih kental dan warnanya agak kekuningan. Produknya cukup cepat menyerap dan sama sekali nggak meninggalkan kesan lengket atau berminyak alias terasa kering. Jadi ini juga cocok sekali untuk kulit berminyak.

Jika anda membutuhkan informasi lebih banyak tentang sunscreen dan produk kecantikan lainnya, anda bisa berkunjung ke rankbeauty dan temukan beragam info terbaru seputar dunia kecantikan di sini ya


1 comment

  1. pas banget buat wajah ku yang suka berminyak nih kak huhu

    ReplyDelete