5 Manfaat Menggunakan Drone Saat Merekam Video saat Bepergian


Merekam video dengan menggunakan drone saat ini sudah menjadi trend. Banyak yang sudah mengunggah video luar biasa hasil rekaman dengan menggunakan drone di sosial media. Drone kini telah menjadi pilihan yang mudah dan hemat untuk merekam video dari angle yang sulit. Apa saja manfaat menggunakan drone saat merekam video? Mari kita simak 5 manfaat drone berikut ini.

 

1.     Merekam video dari ketinggian

Drone merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin membuat rekaman video dari udara atau dari ketinggian. Teknik yang juga disebut sebagai aerial shot ini dapat dilakukan saat Anda ingin merekam view pemandangan dari atas, atau view dari atas gunung atau hutan. Sebelum drone mulai menjamur di pasaran, mungkin teknik ini akan sulit dilakukan oleh perekam video amatir. Dulu pembuat video profesional bahkan menggunakan helikopter atau pesawat untuk aerial shot. Kini, merekam video dari ketinggian lebih mudah dan terjangkau dengan menggunakan drone.

 


2.     Hasil rekaman lebih stabil saat merekam sambil bergerak

Merekam video dengan menggunakan drone memungkinkan gerakan kamera lebih stabil meskipun saat perlu merekam sambil bergerak, atau yang juga disebut sebagai motion shot. Misalnya saat Anda ingin merekam sebuah pertandingan. Dengan menggunakan drone, Anda dapat merekam video dengan gerakan yang lebih fleksibel dan dinamis mengikuti gerakan pemain tanpa harus berada terlalu dekat dengan pemain atau pertandingan. Motion shot yang dilakukan dengan drone juga lebih stabil daripada yang dilakukan secara manual. Saat merekam sendiri sambil bergerak, kadang tangan kita bergetar sehingga video yang dihasilkan tidak fokus atau goyah. Menggunakan drone untuk merekam dapat mengatasi kendala ini.

 


3.     Dapat merekam dari tempat yang ekstrim

Pernahkah Anda membayangkan ingin merekam video dengan view dari sisi tebing atau dasar lembah atau jurang? Video yang diambil dari tempat-tempat ekstrim seperti ini pasti akan banyak mendapatkan perhatian di sosial media. Tetapi, angle ekstrim ini akan sulit didapatkan, kecuali jika Anda menggunakan drone. 

Dengan menggunakan drone, Anda akan dapat merekam video dari tempat-tempat ekstrim yang dulu hanya dapat Anda bayangkan. Merekam dari angle ekstrim dengan menggunakan drone juga lebih aman, karena Anda tidak perlu benar-benar berada di tempat yang ekstrim tersebut. Untuk merekam angle yang ekstrim, pastikan Anda dapat mengendalikan drone dengan baik. Jangan sampai drone tersangkut atau terjatuh, karena jika ini terjadi tentu akan sulit untuk mengambil drone kembali dari tempat yang ekstrim.

 


4.     Merekam konser musik lebih dinamis

Untuk Anda yang hobi menonton konser musik, momen-momen Anda akan semakin berkesan jika menonton sambil merekam konser musik dengan menggunakan drone. Merekam menggunakan drone akan memungkinkan Anda mengambil rekaman dari dekat panggung, atau sambil bergerak merekam penonton lainnya. Tentunya hasil rekaman video juga semakin dinamis jika Anda menggunakan drone. 

Tentunya akan keren jika Anda melakukan siaran langsung di sosial media dalam sebuah konser musik atau acara lainnya dengan angle video yang memukau. Tentunya untuk merekam konser musik, kita harus menunggu hingga kondisinya benar-benar kondusif dulu untuk mengadakan sebuah konser musik atau acara lainnya.

 


5.     Merekam gerakan hewan

Untuk Anda yang memiliki hobi merekam video tentang hewan, drone bisa menjadi sahabat baik Anda. Drone dapat Anda gunakan untuk merekam gerakan burung, misalnya. Merekam burung yang sedang terbang dari dekat dapat mungkin dilakukan dengan menggunakan drone. Menggunakan drone untuk merekam gerakan hewan juga akan sangat bermanfaat saat Anda ingin merekam hewan yang dapat bergerak dengan cepat. Selain itu menggunakan drone juga lebih aman saat Anda ingin merekam hewan liar atau hewan yang berbahaya, misalnya babi hutan atau ular berbisa. Merekam hewan dengan drone juga membuat hewan lebih tenang, karena Anda tidak perlu merekam dari dekat dan membuat hewan menjadi gusar karena merasakan kehadiran manusia.

 


Merekam video dengan menggunakan drone memungkinkan Anda untuk membuat video amatir dengan hasil seperti profesional. Namun untuk dapat mengendalikan drone dengan baik, Anda juga harus banyak berlatih dulu. Kualitas video yang Anda hasilkan akan tergantung juga dari kemahiran Anda dalam mengendalikan drone.

 

 

20 comments

  1. Merekam atau ambil gambar pakai Drone tuh jadi bisa lihat banyak hal dari atas sana. Kang Poto pasti suka ini. Aku pun kalau ada uang mau juga beli

    ReplyDelete
  2. Asli hasilnya makin terlihat profesional deh kalau ada yg bawa drone di satu acara dan saya nebeng di sana.
    Tapi pakai drone ga bisa sembarang lokasi ya. Kami pernah kena panggil brimob gara-gara drone terlihat oleh petugas dan katanya terlarang merekam di sana. Semua memori dihapus deh

    ReplyDelete
  3. Seru juga ya mbak kalau bepergian bisa pakai drone jadi bisa menangkap momen seru selama itu buat kenang-kenangan

    ReplyDelete
  4. Adik iparku ceritanya beli drone buat ambil moment video di Bali. Beli harga sejuta tapi baru 5 menit terbang udh abis batrenya. Ahaha. Drone abal2 yang dibeli. Harga drone kayaknya emang harus yg minimal 4 juta ke atas kali ya 😂

    ReplyDelete
  5. Beberapa tahun lalu pernah bawa drone. Termasuk ketika naik gunung. Memang seru juga. Jadi punya beberapa foto yang unik

    ReplyDelete
  6. Kalau soal hasil rekaman lebih stabil, itu tergantung kualitas kamera drone-nya sendiri, ya. Tidak semuanya otomatis kasih hasil rekaman yang lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Seruuu banget kalo traveling bawa drone!
    Biasanya ada travel-mate ku yg kayak gini Mba
    Kalo aku dewe kagak bisa jadi pilot drone wkwkwk

    ReplyDelete
  8. bener, sekarang banyak banget wisatawan yang bawa drone, karena ngambil foto juga jadi lebih bagus

    ReplyDelete
  9. Ah seru kalau pakai drone apalagi kalau piknik keluarga rame2 hehe. Bisa cover pemandangan lbh luas juga yaaaa. Tp kami belum punya, nabung duluuu :D
    Semoga pas corona ilang dan kita bisa piknik bebas lagi udah ada dronenya :D

    ReplyDelete
  10. Masya Allah .. idaman saya nih Mbak Lyta, beergian dengan ditemani drone. Keren banget ngelihat vide teman, bepergian di alam terus direkam oleh drone.

    ReplyDelete
  11. Waah..seru ya pakai drone. Tentunya harus berlatih dulu dg baik agar hasil rekaman / potret dg drone bagus.. etika menggunakan drone jg tidak boleh ketinggalan. Begitu ya mba?

    ReplyDelete
  12. kayak main pesawat-pesawatan ya mbak, butuh keahlian. yang ada nek aku yang ngendarain Drone, videonya goyang goyang hahaha

    ReplyDelete
  13. alamak mau banget aku punya drone gini supaya bisa ambil view pemandangan-pemandangan yang indah dari atas langit sana. 'Selfie' juga makin gampang gak sih hahahahaha

    ReplyDelete
  14. Skarang kalau ada peristiwa besar pun slalu andalannya ya pakai drone. Lebih keliatan secara menyeluruh dan anglenya menarik

    ReplyDelete
  15. Menggunakan drone itu yang tak harus diperhatikan juga ijin dari wilayah setempat mba. Di beberapa tempat, drone tidak boleh terbang sembarangan soalnya. Bahkan di konser musik pun hanya panitia yang boleh menggunakannya. Penonton bawa kamera DSLR aja nggak boleh. ;)

    ReplyDelete
  16. Nah, aku baru mau komen, ngendaliin drone ini kan juga nggak mudah, ya. Kudu mahir betul. Aku bagian dari penikmatnya sajalah.

    ReplyDelete
  17. Cita-citaku banget nih punya drone hehe kayaknya lebih asyik aja dan puas gt kalau traveling bawz drone jadi bisa lihat alam lebih luas lagi. Btw memang sih ada banayk yang perlu diperhatikan juga kalau mah pakai drone mulai dari izin , lingkungan juga terus tentunya harus mahir atau kenal betul drone itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Pengen euy punya drone, biar fotofoto perjalanannya makin kece. Semoga ada rejeki suatu saat nanti untuk beli drone~

    ReplyDelete
  19. Amaziing...
    Mengambil video menggunakan drone bisa setajam ini kualitasnya yaa..
    Sekarang liat video youtube juga pada keren yaa...pakai drone doonk...mainannya.

    ReplyDelete
  20. travel vlogger rasanya wajib punya drone, ya. nggak komplit gitu rasanya kalo gak mengabadikan lansekap dari atas dengan panorama yang memukau weheheh

    ReplyDelete