Janin Sehat dengan Stimulasi Tepat

 

Jika ditanyakan kepada ibu yang sedang mengandung, hal apa yang selalu bikin excited? Salah satunya adalah melihat perkembangan janin saat memeriksakan kandungan di dokter. Terutama saat organ tubuh janin sudah tumbuh dan berkembang.

 

Saya masih ingat ketika hamil dulu, saat memasuki trimester kedua dan memeriksakan kandungan ke dokter, rasanya bahagia sekali ditingkahi debaran-debaran halus tatkala dokter memberitahukan mana kepala, kaki dan tangan janin saya.

Debaran-debaran itu kian meningkat ketika memasuki trimester akhir dan bagian tubuh si kecil semakin terlihat jelas. Termasuk dalam hal pengamatan jenis kelamin. Meskipun saya nggak pernah mempermasalahkan jenis kelamin calon bayi, tetap saja rasanya harap-harap cemas saat dokter memberitahu jenis kelamin bayi saya. Dan Alhamdulillah, ketiga anak saya, jenis kelaminnya cocok dengan perkiraan dokter.

Barangkali, bagi calon ibu yang baru pertama kalinya menjalani proses kehamilan, mengamati perkembangan janin bisa menimbulkan perasaan khawatir. Takut kalau jabang bayi mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, untuk mengatasi rasa khawatir itu, ada baiknya calon ibu mengetahui tips-tips untuk menstimulasi dan menjaga kesehatan janin agar dapat berkembang dengan baik dan optimal.

Berikut ini tips-tipsnya ya bunda :

Tips Stimulasi

Menstimulasi janin sejak berada di dalam kandungan, diyakini dapat meningkatkan kedekatan emosional dengan ibu dan memperlancar proses persalinan. Diantara bentuk stimulasi yang dapat dilakukan adalah :

  • Membacakan ayat suci Al Quran

Bagi bunda yang beragama Islam, membacakan ayat suci Al Quran atau mengaji untuk calon bayi sangat baik dilakukan. Ini bisa dilakukan mulai trimester kedua. Dulu, saya selalu membaca Surat Yusuf, surat Lukman dan surat Maryam. Tetapi, pada dasarnya semua ayat Al Quran baik untuk dibacakan. Selain sebagai stimulan janin, juga bermanfaat untuk kesehatan psikis ibu menjelang persalinan dan insya Allah berpahala.

 

  • Membaca buku

Membacakan buku untuk janin ternyata juga bisa menstimulasi perkembangan yang sehat. Khususnya pada trimester ketiga di saat janin mulai bisa merekam ritme, nada dan pola bahasa. Tidak perlu lama-lama kok bund, 10 menit setiap hari sudah cukup untuk stimulasi ini. Juga tidak ada patokan jenis buku yang dibaca. Jadi, bunda bisa membaca buku favorit bunda yang sekaligus menjadi “me time” untuk bunda sendiri.

 Baca : 5 Keuntungan Ini Hanya Bisa Didapat dari Hobi Membaca

 

  • Mengajak berbicara

Janin akan merasa tenang saat mendengar suara ibunya. Bunda bisa memulai mengajak bicara ini saat memasuki trimester ketiga. Semakin mendekati proses persalinan, bunda bisa berbicara dengan mengajak calon bayi untuk “bekerjasama” agar proses persalinan lancar, sambil melakukan usapan dan pijatan lembut pada perut.

Saat lahir nanti, insya Allah sang bayi akan mudah mengenali suara bunda dan mudah pula ditenangkan karena dia telah familier dengan suara ibunya sejak masih dalam kandungan.

 

Tips Menjaga Kesehatan Janin

Selanjutnya, untuk menjaga kesehatan janin selama masa perkembangannya, termasuk menjaga kesehatan bunda sendiri, bunda bisa melakukan tips-tips berikut ini :

  1. Berolahraga secara teratur khususnya senam hamil
  2. Mengonsumsi makanan yang bergizi, khususnya yang banyak mengandung asam folat yang bermanfaat bagi kecerdasan janin
  3. Mengonsumsi vitamin dan mineral
  4. Menghindarkan diri dari stres
  5. Istirahat yang cukup
  6. Mengonsumsi cairan yang cukup
  7. Menghindarkan diri dari kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, makan makanan berpengawet dan terpapar dengan bahan kimia terlalu lama
  8. Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin
  9. Tidak mengonsumsi obat sembarangan
  10. Menjaga berat badan sesuai anjuran, yaitu pada kisaran pertambahan berat badan sebanyak 11 – 15 kg.

 

Bagi bunda yang ingin mendapatkan tips-tips selengkapnya tentang perkembangan janin dan info-info lainnya terkait kesehatan, bunda bisa mengakses aplikasi kesehatan Halodoc. Aplikasi kesehatan terlengkap yang akan memberikan informasi terkini seputar kesehatan, obat-obatan, rumah sakit, konsultasi dengan dokter hingga cek lab.

Demikianlah tips-tips yang dapat bunda lakukan selama masa kehamilan. Mudah-mudahan bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan perkembangan janin sehingga tiba proses persalinan kelak.

20 comments

  1. yang pasti haus rajin ajak ngobrol dede bayi, makan makanan bergizi dan rutin kontrol ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Masa2 kehamilan itu memang masa yang paling membahagiakan jadi calon Ibu, aplagi pas anak pertama yang bener2 exicited. Perkembangan janin menjadi hal yang penting dan bikin kepo.
    Jaman now udah banyak info seputar kehamilan, apalagi tips di atas udah mewakili.
    Ahhh, kangen hamill eehhh..

    ReplyDelete
  3. Mempersiapkan kehadiran buah hati memang keg yg sangat dinanti-nanti oleh orang tua ya.. Terima kasih tips nya mba, insya Allah berguna bagi yg membutuhkannya..

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat banget nih mba, aku lagi ngalamin hamil muda anak pertama. Banyak khawatirnya, besar rasa syukurnya.

    ReplyDelete
  5. Setujuuuu banget poin yang ngajak ngobrol bayi. Ngefek banget ke anak pertama dulu. Pas yang kedua ini pas posisi melintang diajak ngobrol juga ngaruh, terakhir usg sudah posisi kepala di bawah. :) thanks insight lainnya ya Mbaaaa....

    ReplyDelete
  6. waa terima kasih untuk tips tipsnya yaaa, berguna banget niih walaupun aku belum ngalamin hihihi, bisa dijadiin bekel nanti pas lagi hamil hihihhi

    ReplyDelete
  7. bener banget Mbak, saat-saat konsul ke dokter kandungan ketika hamil itu jadi moment yang excited banget, melihatnya tumbuh walau dari USG itu rasanya amaze banget ya.
    Alhamdulillah saya juga semuanya tepat sesuai dengan prediksi dokter untuk kelaminnya.
    mengaji dan baju buku benar banget itu bisa jadi stimulus yang baik buat bayi.
    mengajaknya ngobrol juga :)

    ReplyDelete
  8. Masa-masa paling indah adalah saat tau bahwa hamil.
    Jadi ingat dulu pas hamil ngebutnya setiap hari baca ketiga ayat tersebut. Alhamdulillah, nikmatnya hamil saat Ramadan juga. Meski terasa penuh perjuangan.

    ReplyDelete
  9. Iya banget, janin bayi bisa sehat jika diberi gizi dan stimulasi yang sehat oleh orangtuanya. Gak hanya oleh ibunya, tapi juga ayahnya. Dan iya, memperdengarkan musik lembut, alunan ayat alquran, bisa menstimulasi bayi supaya tenang dan sehat. Alhamdulillah, setiap hamil, aku melakukan itu ke anak-anakku. :)

    ReplyDelete
  10. Happy banget waktu tahu positif hamil ya mbak, memang semuanya harus diisi dengan pikiran positif asupan baik dan terus bahagia sampai lahiran. Membaca buku adalah kegiatan yang sering aku lakukan dulu waktu hamil mbak.

    ReplyDelete
  11. Masa kehamilan memang masa yang benar-benar harus dijaga karna awal dari kehidupan anak itu ada di janin perkembangannya itu bisa kita jaga dengan asupan yang baik dan ada juga yang harus kita perhatikan adalah spiritual, sering dibacakan ayat suci Al-Quran ini juga bagus ya mba.

    ReplyDelete
  12. Sewaktu hamil kafa, aku juga sering menstimulusnya dengan bacaan al qur'an, membaca dan mengajaknya bicara

    ReplyDelete
  13. Bener ih kalau lagi hamil itu seneng sekakigus deg degan takut janinnya kenapa-napa. Tapi sekarang enak sih banyak referensi bacaan kayak gini. ��

    ReplyDelete
  14. Ada banyak sekali hal-hal baik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan janin yaa mbak. Postingannya bagus nih buat dibaca para ibu hamil, juga tentu saja yang sedang berencana hamil..biar ada bekal nanti.

    ReplyDelete
  15. Tips aku catat mbak, buat rekomendasi siapa tau ntar aku hamil hehe. Happy banget pastinya kalau lihat perkembangan janin sehat ya mbak, nggak sabar menunggu buah hati hadir ke dunia

    ReplyDelete
  16. Sejak dalam kandungan sudah mulai dibiasakan dengan kegiatan bermanfaat Insya Allah nanti masuk ke babyinya juga. Untuk jaga kesehatan banyak cara ya, kalau bingung bisa tanya ke Halodoc

    ReplyDelete
  17. Stimulasi sangat penting untuk kecerdasan bayi. Tantangan berat buat Ibu, ditengah menjaga tubuh dan janin selalu sehat, Ibu harus berjibaku dengan kegiatqn-kegiatan positif. Untungnya sekarang ada aplikasi online, saat butuh konsultasi dokter gak perlu dikit-dikit pergi ke RS

    ReplyDelete
  18. Sungguh kenikmatan dan karunia tiada tara ya mba mendapatkan kesempatan untuk hamil. Yang paling amazing tuh emang pas udah mulai gerak-gerak janinnya. Bahkan kalau udah agak gedean gitu bisa nendang perut ya. sampai bentuk perutnya mencong kesana kemari. :)

    ReplyDelete
  19. banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan calon anak kita yaa mba. Thanks for sharing all the tips

    ReplyDelete
  20. memnag saat janin masih di dalam perut itu penting banget, tidak hanya mutrisi yang tepat. Tapi juga stimulasi yang baik agar tumbuh dengan sehat dan sempurna ya, mba

    ReplyDelete