Tips Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Guna Menangkal Virus Corona


Berada di tengah pandemi Corona saat ini, kita diibaratkan sedang berperang melawan pasukan yang tak bisa kita lihat, tetapi menimbulkan kerusakan parah di berbagai tempat. Dan dalam peperangan ini, yang perlu kita perkuat adalah daya tahan tubuh atau imunitas yang merupakan “tentara” dalam tubuh kita agar bisa memenangkan pertempuran tersebut.

Sejumlah cara bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh kita dan seluruh anggota keluarga. Tentunya hal ini tidak hanya berguna untuk melawan virus Corona tetapi juga segala macam serangan penyakit lainnya. Jadi, selain kita memiliki pertahanan yang kuat guna menangkal serangan masif virus Corona, kita pun bisa mengurangi potensi terkena penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan imunitas tubuh kita :
1.      Istirahat dengan cukup

Yang dimaksud di sini adalah cukup secara kualitas tentunya. Bukan berarti karena kita dianjurkan untuk berada di rumah, lantas kita tidur secara berlebihan ataupun sebaliknya, menunda waktu tidur karena merasa tidak perlu pergi bekerja setiap pagi seperti biasanya. Kita tetap harus melakukan aktivitas secara seimbang. Tidur dan bangun secara teratur setiap harinya. 


Berikut ini adalah tips untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas :
» Tidak makan berat sebelum tidur
Usahakan maksimal dua jam sebelum tidur, kita tidak lagi mengonsumsi makanan berat. Jika terasa lapar, usahakan makan makanan yang mudah dicerna seperti buah atau minum air hangat saja. Tidur dengan perut kenyang bisa meningkatkan potensi obesitas hingga penyakit GERD.

» Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman
Ada banyak cara untuk mendapatkan kondisi tidur yang nyaman. Diantaranya mengatur posisi bantal dan kasur yang tepat, memakai pelindung dari nyamuk seperti lotion anti nyamuk, menyalakan pendingin ruangan untuk mendapatkan temperatur ruang tidur yang nyaman, hingga mengatur pencahayaan yang dapat membantu kita tidur dengan nyenyak. 

» Baca doa dan minta perlindungan kepada Allah
Berdoalah kepada Allah termasuk berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Berdoa akan membantu kita mendapatkan ketenangan yang membuat kita bisa tidur dengan lebih baik.

» Berzikir dan mengingat Allah
Setelah berdoa, kita dianjurkan untuk melanjutkan dengan zikir hingga tertidur. Zikir merupakan cara relaksasi pikiran dan tubuh yang baik, yaitu dengan menyelaraskan dengan irama tubuh secara perlahan sehingga kita bisa tidur dengan lebih tenang.

2.      Mengonsumsi makanan dan minuman sehat
Makanan dan minuman sehat tidak identik dengan makanan yang mahal. Melainkan berkaitan dengan cara pemilihan bahan makanan, cara pengolahan makanan hingga cara penyimpanan makanan termasuk variasi makanan untuk mencukupi kebutuhan gizi. 

Umbi-umbian, sayur, buah, ikan dan telur dan berbagai jenis makanan lainnya bisa kita masukkan dalam menu sehari-hari kita. Selain itu kita bisa menambahkan rempah-rempah yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh seperti jahe, bunga lawang, kunyit, serai, daun salam, minyak kelapa  ke dalam makanan kita untuk memperkaya rasa dan meningkatkan kualitas makanan yang kita konsumsi.  Usahakan selalu meminum air hangat untuk membantu melegakan hidung tersumbat, meredakan sakit, meningkatkan sirkulasi tubuh, melegakan sistem syaraf dan masih banyak manfaat lainnya.
 
3. Olahraga yang tepat
Olahraga dan aktivitas yang tepat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Kita bisa berolahraga ringan seperti jalan kaki dengan intensitas sedang, naik turun tangga jika memiliki tangga di rumah, melakukan gerakan ringan, peregangan hingga bermain bersama anak.


 Jika bosan, kita bisa memilih variasi gerakan yang berbeda-beda setiap minggunya. Berolahraga sembari menikmati matahari yang menyehatkan sehingga kita bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Jangan lupa untuk minum air yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Olahraga juga membantu memberikan sugesti positif terhadap tubuh kita karena pada saat berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon-hormon yang membantu tubuh dan pikiran merasa lebih baik sehingga bisa mengurangi stres dan mengurangi kecemasan.

4.      Kelola stres dengan baik
Dengan situasi saat ini, untuk tetap berpikir tenang dan tidak panik memang tidak mudah. Sektor ekonomi tentunya yang terdampak paling besar. Kehilangan penghasilan, pekerjaan, ditambah kepanikan, ketakutan dan kecemasan akibat potensi penyebaran virus yang begitu masif adalah hal-hal yang akan menurunkan sistem imun kita.

Tetapi, di balik semua kesulitan tersebut, kita tak sendiri. Ada Allah swt sebagai tempat bergantung, juga yang menggerakkan hati saudara-saudara kita dalam bahu-membahu untuk memberi bantuan kepada yang terdampak dan mengalami kesusahan. Yakinlah bahwa pandemi ini akan berakhir, kita akan kembali melakukan pekerjaan, mencari penghasilan untuk keluarga dan beraktivitas secara normal. 


Saat ini, kita diminta untuk berada di rumah sebagai upaya terbaik untuk menekan penyebaran virus dan mengurangi jumlah kematian akibat Covid-19. Pola pikir positif, berusaha terus berprasangka baik akan membantu tubuh mengelola stres dengan lebih baik. Hingga pada akhirnya kita bisa tetap tenang dan mampu tetap kreatif untuk menemukan solusi-solusi untuk berbagai masalah akibat pandemi Corona ini.

Imunitas tubuh yang baik merupakan senjata terbesar kita untuk menangkal serangan virus dan bakteri serta penyakit-penyakit lainnya. Dan imunitas hanya bisa dibangun dengan optimal jika ditunjang oleh kondisi psikis yang sehat. Oleh karenanya, yuk kita sama-sama berusaha untuk tetap tenang, sabar dan tawakkal dalam menghadapinya.
Semoga Indonesia segera terbebas dari pandemi Corona dan kita bisa kembali menjalani kehidupan normal kita.


Sumber :
doktersehat.com
halodoc.com
lifestyle.kompas.com
freepik.com     


2 comments

  1. Semoga ya epidemi mematikan ini segera berakhir.
    Banyak orang jadi stres karena masalah ekonomi, padahal anjuran kesehatan jangan sampai stres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Benar sekali. kita nggak boleh stres, padahal dampak pandemi ini salah satunya masalah ekonomi yang sangat memicu stres

      Delete