Isi Waktu di Rumah dengan Bercocok Tanam, Sehat dan Menghasilkan


Saat ini kita masih diharuskan untuk berada di rumah saja. Kita tentunya berharap pandemi corona akan segera berakhir dan kehidupan kembali normal. Berada di rumah saja, membuat kita harus kreatif menyiasati banyak tanggung jawab yang mendadak bertambah. 


Bagi sebagian orang tua, memiliki anak usia sekolah mengharuskan mereka menjadi guru privat. Ditambah pula urusan rumah dan jika mengharuskan bekerja dari rumah, tugas kantor pun harus ikut dikerjakan.




Di sela-sela itu tentunya ada waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah hobi yang tertunda. Salah satunya adalah bercocok tanam.
Adik saya sekarang rajin mengumpulkan kemasan bekas refill sabun cuci baju dan cuci piring yang akan digunakan sebagai media tanam. Dia sendiri terinspirasi ketika melihat guru-guru di sekolah anaknya menanam aneka tanaman dengan menggunakan refill kemasan sabun. 

Saya pikir idenya boleh juga. Bibi suaminya juga memelihara ikan dan menanam beraneka tanaman di rumahnya. Dan hal ini sangat membantu keuangan keluarganya karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka bisa mengambil dari halamannya sendiri.

Saya sendiri pernah berkunjung ke rumah teman (tentunya sebelum pandemi ini) dan melihat bagaimana ia mampu menanam aneka jenis tanaman di halaman rumahnya yang terbatas. Ide menanam aneka tanaman di pekarangan memang telah banyak dilakukan oleh mereka yang menyukai kegiatan cocok tanam. Orang tua saya salah satunya. Mereka memiliki banyak tanaman di pekarangan rumahnya dan sangat bahagia saat hasil tanamnya tumbuh besar dan berbuah.


Sektor ekonomi merupakan salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi ini. Saya membayangkan jika masing-masing kita memiliki tanaman di pekarangan rumah yang bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, tentunya akan sangat membantu. 

Berikut beberapa tanaman yang bisa kita jadikan tanaman penghias pekarangan, dan jika lahan terbatas, kita bisa menggunakan media pot atau kemasan bekas refill produk sehari-hari yang kita gunakan.

  • Tanaman sayur

Beberapa jenis sayur yang bisa kita tanam antara lain sawi, selada, buncis, pare, terong, bayam, bawang daun, kangkung, cabe dan tomat.


  •   Tanaman obat / apotik hidup

Meliputi jahe, kunyit, lidah buaya, kumis kucing, kemangi, cocor bebek, pandan wangi

  • Tanaman buah
Seperti jeruk nipis, jeruk, semangka, mangga, jambu, pisang, anggur, stroberi, sawo, alpukat, rambutan dan kelengkeng


Saat ini ada banyak cara tanam yang bisa kita pilih dan menyesuaikan dengan jenis tanaman yang kita pilih. Misalnya sistem cangkok atau hidroponik. Tentunya sebelum memutuskan akan bertanam apa, kita bisa mempelajari sifat-sifat tanaman yang akan kita tanam, cuaca di tempat kita tinggal hingga perawatan tanaman misalnya pupuk dan penyiraman. 

Memiliki aneka tanaman di pekarangan sendiri memiliki banyak manfaat diantaranya :

  •    Manfaat ekonomi

Hasil dari tanaman tersebut bisa kita manfaatkan sendiri, dibagikan kepada orang lain, bahkan jika hasilnya berlimpah bisa dijual. Selain menghemat pengeluaran juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.



  •  Manfaat kesehatan

Ada banyak tanaman obat yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Kita bisa menggunakannya untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh guna menghadapi kondisi seperti saat ini. Salah satunya adalah empon-empon yang terdiri dari kunyit, jahe, dan sere. Kombinasi ketiga jenis tanaman obat ini dipercaya bisa mengurangi peradangan, mengusir kembung, menghangatkan tubuh dan sebagainya.

Selain itu, memiliki banyak tanaman akan menciptakan lingkungan yang lebih sehat karena tanaman membantu menetralisir zat-zat yang berbahaya di udara. Tanaman juga bisa menahan air sehingga kita yang menggunakan sumur akan terhindar dari kekeringaan saat musim kemarau.

  •   Mengetahui secara jelas proses tanamnya

Kita bisa memilih tanaman organik yang bebas pestisida dan zat kimia yang berbahaya jika dikonsumsi untuk jangka panjang pada tubuh. Tentunya hasil perkebunan dari pekarangan kita sendiri bisa lebih aman dan lebih segar untuk digunakan sehari-hari.


Untuk memulai kebiasaan baik ini tentunya butuh niat, kemauan, pengetahuan dan tindakan. Merawat tanaman yang berbeda membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. Ini bisa kita pelajari seiring usaha kita untuk mulai menanam tanaman. Dan kala kita mulai berhasil menikmati hasil pekarangan kita sendiri, semangat kita untuk meneruskan usaha ini akan semakin besar. 

Bahkan bukannya tidak mungkin, setelah pandemi ini berakhir, hobi ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang membantu keuangan keluarga Teman-teman, ada yang punya hobi bertanam? Menanam apa aja nih di pekarangan rumahnya? Share yuk.

Sumber :
cybex.pertanian.go.id
bibitonline.com
dokumen pribadi




No comments