Menjaga Kesehatan Psikis di Masa Pandemi Dengan Aplikasi Kesehatan Terpercaya

Ramadan kali ini, boleh jadi berbeda dengan Ramadan-ramadan yang telah kita lalui selama ini. Kemunculan virus Covid-19 yang mengembuskan pandemi hampir ke seisi dunia, telah mengubah tatanan hidup kita termasuk rutinitas Ramadan.



Sudah beberapa malam ini, suasana yang saya rasakan adalah kesunyian. Tidak ada lagi suara lantunan ayat suci yang berkumandang dari masjid menjelang azan sholat Isya, suara penceramah yang menyampaikan tauziah sebelum sholat tarawih, juga suara tadarusan ibu-ibu dan anak-anak sampai malam beranjak larut.

Dan kelak, boleh jadi kita pun akan merasakan suasana Lebaran yang berbeda pula. Namun, semua itu harus kita jalani. Bagaimanapun, di tengah pandemi yang belum berakhir saat Ramadan telah menyapa, tetap ada hal positif yang harus kita syukuri. Apa itu?

Tidak lain, adalah sang ibadah puasa itu sendiri. Selain pahala berlipat ganda yang dijanjikan Allah swt kepada hamba-hambaNya yang menjalankan ibadah puasa, ada banyak manfaat puasa yang bisa kita dapatkan. Salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan, termasuk meningkatkan imunitas tubuh yang sangat kita perlukan pada masa pandemi saat ini.

Bagaimana puasa bisa meningkatkan imunitas tubuh kita? Berikut penjelasannya :
Pertama, puasa dapat mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru, yang menjadi dasar regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh.
Kedua, tubuh menyingkirkan bagian-bagian dari sistem imun yang tua, rusak, dan tidak efisien selama berpuasa.
Ketiga, puasa dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, yang banyak menyebabkan kemunculan penyakit kronis.
Keempat, puasa sangat efektif untuk proses detoksifikasi, sehingga toksin-toksin dalam tubuh dapat tersingkir dan kinerja organ tubuh pun menjadi lebih optimal.

Masya Allah. Sungguh amazing ya, manfaat berpuasa?
Selain itu, puasa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan psikis kita. Michael Mosley, penulis buku The Fast Diet mengatakan, puasa bisa menyebabkan pelepasan BDNF (brain-derived neurotrophic factor atau faktor neurotopik yang diturunkan dari otak) yang berada di otak, yang mana terbukti melindungi sel-sel otak sehingga dapat mengurangi depresi, kecemasan, serta risiko mengembangkan demensia.


Puasa juga disinyalir dapat menumbuhkan empati, menimbulkan mood positif, meningkatkan kecerdasan emosi dan rasa percaya diri, yang semuanya sangat bermanfaat untuk kesehatan psikis kita.

Namun, semua manfaat itu tentu saja baru bisa kita raih, saat kita menjalankan puasa dengan benar, dengan tetap melakukan upaya-upaya untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis kita. Diantaranya, untuk menjaga kesehatan fisik selama puasa, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, berolahraga ringan dan beristirahat secara teratur. 


Untuk menjaga kesehatan psikis pula, dapat kita lakukan dengan banyak berzikir, mengaji, menghindarkan diri dari pembicaraan yang tidak perlu termasuk dari informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.



Apalagi, pada masa pandemi sekarang ini, berbagai informasi seputar corona virus dan penyebarannya serta dampaknya berseliweran di sekeliling kita. Jika tidak cermat memilih dan memilah, kesehatan psikis kita juga bisa terdampak lho. Terlalu banyak menyerap informasi, terutama informasi yang memicu rasa panik dan cemas, padahal belum tentu akurat, dapat menggerogoti kesehatan psikis kita yang ujung-ujungnya juga dapat melemahkan imunitas tubuh kita.

Tentu, kita nggak ingin hal ini terjadi, bukan?
Oleh karenanya, daripada membiarkan diri terpuruk oleh berbagai informasi hoax bahkan yang menyesatkan, yuk kita filter sumber informasi yang kita asup, benar-benar dari sumber yang terpercaya. Salah satunya, dalam hal penjagaan kesehatan selama pandemi, kita dapat mempercayakan kepada Halodoc. Aplikasi kesehatan terbaik yang memberikan layanan dan solusi lengkap dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan kita.


Berikut adalah fitur-fitur aplikasi Halodoc beserta fungsinya :
Kesehatan, fitur berisi informasi lengkap tentang penyakit, gejala, pencegahan dan pengobatan dari A-Z.
Obat dan vitamin, menyajikan informasi seputar jenis dan fungsi obat serta vitamin yang lengkap dan sesuai kebutuhan kita.
Tanya dokter, layanan konsultasi gratis dengan dokter spesialis
Rumah Sakit, memuat informasi lengkap seputar rumah sakit, juga memfasilitasi kita untuk berobat dan mengecek kesehatan di rumah sakit dengan lebih cepat
Cari dokter, direktori dokter terlengkap, yang dapat menjadi referensi kita untuk berkonsultasi dan membuat janji dengan mudah
Layanan aplikasi lainnya, meliputi layanan antar obat, pemeriksaan laboratorium, akses asuransi, dan sebagainya.

Dan baru-baru ini, Halodoc juga telah menambah fitur baru, yaitu Coronavirus yang khusus membahas seputar Covid-19 secara lengkap dan akurat. Lebih dari itu, Halodoc juga menyediakan layanan pengecekan secara mandiri melalui aplikasi dan rapid test covid-19 bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit di kawasan Jabodetabek. 
layanan pengecekan covid-19 mandiri di aplikasi Halodoc

Untuk langkah-langkah melakukan rapid test melalui Halodoc dapat disimak pada grafis berikut :


Nah, untuk dapat memanfaatkan semua layanan Halodoc sekaligus mendapatkan informasi terpercaya seputar dunia kesehatan, yuk install aplikasi Halodoc di ponselmu sekarang juga. Silakan klik :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linkdokter.halodoc.android&hl=in

25 comments

  1. Alhamdulillah ya Bund.jadi terselamatkan dengan adanya halodoc ini. Bisa konsultasi pula.

    ReplyDelete
  2. tentang covid kita memang harusnya mendapatkan informasinya dari laman dan layanant terpercaya. kalau asal baca broadcast wa bisa bisa malah stress sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, apalagi yang sifatnya menebar kepanikan atau keresahan

      Delete
  3. Intinya jangan sampai stress gara-gara covid :) semoga sehat selalu, terima kasih tipsnya

    ReplyDelete
  4. Puasaaa benar - benar bisa membantu kita ubtuk tetap sehat jiwa dan ragaa ya mbaaa

    ReplyDelete
  5. Halodoc makin lengkap ya Kak. Memang apl kesehatan favorit keluarga
    ...hehe

    ReplyDelete
  6. Tidak cemas duluan kalau merasakan badan agak kurang sehat ya, bisa dicek dulu melalui aplikasi Halodoc untuk memastikannya. Sebab kesehatan psikis berpengauh besar pada kesehatan fisik ya.

    ReplyDelete
  7. saya benar2 bersyukur pandemi ini hadir di tengah teknologi yang semakin canggih, jadi kita bisa berkonsultasi tanpa harus deg2an karena berkumpul dengan orang lain :)

    ReplyDelete
  8. Kalau aplikasi halodoc saya sudah tahu lama. Tapi kalau di halodoc ada bahasan khusus ttg coronavirus saya malah baru tahu.
    Terimakasih informasinya
    Bisa lebih lengkap untuk mendapatkan informasi terkait kesehatan dan pengobatan jadinya ya

    ReplyDelete
  9. Setuju mba.. Tidak hanya kesehatan fisik yang perlu dijaga, kesehatan psikis pun tak kalah pentingnya untuk dijaga ya.. Terima kasih telah berbagi tips2 ini..

    ReplyDelete
  10. bener banget niih, nggak cuma kesehatan fisik yang perlu diperhatikan ya , kesehatan psikis juga wajib diperhatikan hihihi

    ReplyDelete
  11. Membantu banget ini mba dengan adnaya aplikasi Halodoc ini mba. Makasih ya mbaa

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah manfaat puasa memang amazing banget,meski ditengah wabah virus corona tak menghalangi kita untuk melakukan ibadah yang hanya setahun sekali ini dirasakan umat muslim.

    Alhadmulillah juga ada app halodoc yang bisa membantu kita semua dimasa sekarang yaa.

    ReplyDelete
  13. aplikasi andalanku ini mbak, selama ini kalau curhat masalah penyakit sama dokter yang ada di halodoc sampai solusi obat yang harus di konsumsi

    ReplyDelete
  14. puasa memang punya segudang manfaat ya mbaa..

    btw, aku juga selalu pakai aplikasi halodoc untuk konsul2 dan juga pesan obat.

    ReplyDelete
  15. Dengan berpuasa Insya Allah daya tahan tubuh juga meningkat ya aalkan dilakukan dengan benar dan selalu menjaga kesehatan. Jadi melalui aplikasi Halodoc boleh curhat-curhat ya hiihih biar gak stres menghadapi pandemi

    ReplyDelete
  16. Wah baru tau nih lewat Halodoc bisa daftar rapid test juga ya jadi penasaran nih iaya rapid test lewat Halodoc ini berapa.

    ReplyDelete
  17. Iya Mbak sunyi. Hanya suara di sahur saja yang masih terdengar. Rindu suara tadarusan di masjid huhu.

    ReplyDelete
  18. Semua ibadah yang dicontohkan oleh Rosulullah pasti ada manfaatnya, termasuk berpuasa. Puasa bermanfaat bagi fisik sekaligus psikis kita juga ya...

    ReplyDelete
  19. Paket komplit ya fitur di halodoc ini mba. Kita yang ga bisa kemana-mana pun masih bisa mendapatkan bantuan konsultasi kesehatan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

    ReplyDelete
  20. COVID-19 memang luar biasa dampaknya yaaa mba..aku sedih kalau melihat dampaknya di setiap lapisan masyarakat

    ReplyDelete
  21. Manfaat puasa memang mashaAllah yaa..
    Semoga beres Ramadan, tetap istiqomah melaksanakan shaum sesuai perintah Allah.

    Halodoc ini lengkap banget fiturnya.
    Aku juga kemarin baca-baca artikelnya mengenai kesehatan.

    ReplyDelete
  22. aku beneran terbantu dengan adanya aplikasi ini loh, mbak. halodoc ini keren banget, asli.

    ReplyDelete