Ilmu Dan Wawasan Tetap Bertambah Walau #diamdirumah


Ilmu Dan Wawasan Tetap Bertambah Walau #diamdirumah Saja

Ada banyak kegiatan bisa dilakukan selama kita berada di rumah di masa pandemi corona ini. Walaupun kita tidak bisa leluasa keluar rumah dan berinteraksi maupun bersosialisasi dengan keluarga dan teman, bukan berarti kita tidak bisa melakukan aktivitas yang melibatkan orang banyak terutama untuk menambah ilmu dan wawasan.

Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, kita semakin mudah menjangkau sudut dunia di belahan bumi lain dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Termasuk melakukan interaksi melalui bantuan teknologi seperti perkuliahan online, seminar online hingga grup-grup keilmuan yang banyak tersedia dengan akses aplikasi yang bisa diunduh baik gratis ataupun berbayar.

Agar waktu kita selama #diamdirumah tidak berlalu begitu saja, ada baiknya kita tetap meng-upgrade wawasan dan keilmuan kita, yang tentunya memberi dampak positif bagi kehidupan kita, diantaranya :

  • Membuat kita mampu berpikir positif dalam banyak kondisi karena wawasan yang berkembang akan menghasilkan solusi-solusi kreatif untuk menyelesaikan masalah.
  • Kekayaan ilmu pengetahuan lebih berharga dibandingkan harta yang berlimpah
  • Menjadi sarana berbagi terhadap sesama tanpa takut berkurang ilmunya, justru jika ilmu yang kita bagikan bermanfaat, akan menjadi amal jariyah.
  • Orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya, tentunya manakala ilmu tersebut membawa ke jalan kebaikan.
  • Menuntun kita untuk terhindar dari kebodohan akibat kurangnya ilmu dan wawasan.
Dan masih banyak lagi keutamaan ilmu bagi mereka yang menuntutnya dengan mengharapkan kebaikan untuk kehidupannya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa menambah ilmu dan wawasan saat diam di rumah ini, diantaranya :

  • Membaca buku
Bukan rahasia lagi jika membaca buku merupakan salah satu cara utama untuk menambah ilmu dan wawasan. Ada banyak pilihan buku dan terdapat pula teknik membaca buku agar kita bisa mendapatkan hal-hal yang kita inginkan dari sebuah buku.


Jika membaca buku sudah menjadi kebiasaan, maka tidak akan sulit lagi untuk menumbuhkan kecintaan terhadap aktivitas ini. Kita bisa membaca buku secara langsung atau pun e-book yang banyak tersedia di internet dan menyajikan beragam tema dan topik. 



  •  Mengikuti seminar online
Suka mengikuti seminar? Kini seiring dengan anjuran tegas untuk berada di rumah saja, banyak penyelenggara seminar yang mengadakan seminar online mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Dan umumnya biaya seminar ini jauh lebih murah daripada seminar secara langsung. Ada pula yang mengadakan seminar sambil membuka donasi untuk yang membutuhkan. Jadi sembari kita mendapatkan ilmu, kita bisa berdonasi dan mendapatkan pahala dari sedekah tersebut.



  •  Bergabung dengan grup untuk saling sharing ilmu dan pengetahuan
Tersedia ribuan grup di berbagai media sosial seperti Whatsapp, facebook, instagram dan aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa kita pilih sesuai passion kita. Mulai dari grup kepenulisan, blogger, vlogger, youtuber, kuliner, kecantikan, jualan online, multi level marketing, reseller, teknologi, parenting, pernikahan, pendidikan, literasi, sastra, kesehatan dan masih banyak lagi.


Mengikuti grup-grup ini akan membuka wawasan sekaligus menambah teman baru bagi kita. Selain itu saat kita memiliki masalah dan curhat untuk membantu menemukan solusinya, biasanya anggota-anggota grup ini dengan senang hati akan membantu. Tentunya kita harus memilih grup yang sesuai dan berorientasi terhadap hal-hal yang positif.

  •  Menonton video yang  menambah ilmu dan wawasan
Kini ada banyak video yang menyediakan banyak hal yang kita ingin ketahui. Kita cukup memilih yang sesuai dengan passion kita dan memilih materi mana yang kira-kira bisa bermanfaat bagi kita. 


Misalnya ceramah-ceramah dari ustadz-ustadz yang akan memberi pemahaman dan wawasan ilmu agama. Saat ini pun banyak dari tokoh-tokoh tersebut yang mengadakan kajian ilmu secara online yang bisa kita akses secara langsung ataupun kapan saja kita inginkan.

  • Menulis
Setelah membaca dan mendapatkan banyak wawasan keilmuan, agar ilmu tersebut memberikan manfaat kepada kita dan lebih tertanam dalam diri kita, kita bisa menuliskannya kembali dan membagikannya kepada sesama. Ada banyak sarana untuk menulis seperti di blog, status di media sosial hingga berbagai aplikasi yang menyediakan tempat khusus untuk kita menuangkan ide-ide kita, misalnya aplikasi untuk menuangkan ide dan tata cara memasak, aplikasi untuk menulis fiksi, dan sebagainya.


Menambah ilmu dan wawasan saat #diamdirumah adalah pilihan yang baik dan tepat agar kita tak menyia-nyiakan waktu sekaligus mendapatkan manfaat dari kebijakan yang dibuat untuk mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 .

Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana pengalih dari tekanan dan kepanikan akibat informasi yang kadang simpang siur. Kita memang masih berjuang menghadapi pandemi corona ini, tetapi kehidupan terus berlanjut. Kita tidak pernah tahu apa yang akan menanti kita setelah pandemi ini berakhir. Jadi mari persiapkan diri, tingkatkan kualitas dengan menambah ilmu dan wawasan yang tentunya akan berguna bagi kehidupan kita ke depannya nanti.

Sumber gambar :
Freepik.com
pixabay.com

No comments