Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Diam di Rumah

Aktivitas Seru Bersama Anak Saat Diam di Rumah
Memasuki bulan suci Ramadhan ini, kita masih terus dianjurkan secara tegas untuk berada di rumah. Bahkan larangan untuk mudik juga sudah dikeluarkan oleh pemerintah menyusul ditiadakannya penerbangan domestik dan beberapa moda transportasi antar kota lainnya.

Berada terus di rumah tentunya membutuhkan sejumlah siasat agar terhindar dari rasa bosan. Terutama bagi anak-anak. Menciptakan aktivitas seru akan membuat anak-anak terhindar dari rasa bosan sekaligus mengalihkan mereka dari godaan untuk bermain gawai. Ada beberapa ide aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama anak-anak untuk mencegah kebosanan selama diam di rumah yang bisa bunda coba :

1.        Memasak bersama si kecil
Sebagian ibu yang harus diam di rumah menjadikan aktivitas memasak termasuk mengeksplorasi aneka menu dan resep baru sebagai hobi baru. Agar anak tak ikutan bosan jika hanya mencicicpinya, kita bisa melibatkan mereka dalam aktivitas ini.

Carilah resep-resep sesuai keinginan mereka, yang bisa dipraktekkan sesuai tingkatan usia mereka. Gunakan bahan-bahan yang mudah untuk diperkenalkan. Kita juga bisa  mengajarkan tentang bagaimana memilih bahan makanan yang baik. Misalnya cara membaca label, tanggal kadaluarsa produk hingga keterangan halal di kemasan produk.

Untuk anak yang masih kecil, membuat kue akan menjadi hal yang menyenangkan, sementara pada anak yang lebih besar, memasak bahan makanan seperti makanan sehari-hari bisa menjadi tantangan yang menyenangkan. Pada anak yang telah cukup besar, kita juga bisa mengajak mereka menyediakan menu komplit yang terdiri dari beberapa macam jenis makanan. 

2.        Aktivitas membersihkan rumah
Membersihkan rumah merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak. Selain untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan tempat tinggal mereka, melakukan aktivitas ini juga akan menumbuhkan rasa empati terhadap pekerjaan ibu sehari-hari.

Aktivitas membersihkan rumah juga bisa menjadi sarana kita menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan terutama untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus Corona melalui benda-benda yang kita temui sehari-hari, sekaligus mengajarkan bahwa membersihkan rumah juga bagian dari ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

3.        Membuat prakarya
Jika ayah atau bunda jago membuat prakarya, ayah dan bunda bisa melibatkan anak-anak untuk membuat berbagai macam jenis prakarya sesuai dengan minat, bahan yang ada di rumah dan tingkatan usia anak-anak. 

Memanfaatkan barang-barang bekas, mencintai lingkungan dengan seminimal mungkin membuang sampah, menghasilkan uang dari membuat prakarya hingga berbagi terhadap sesama dengan membagikan hasil prakarya merupakan pelajaran-pelajaran penting yang bisa didapatkan saat anak-anak membuat prakarya.

Jika anak belum tertarik, tunjukkan bahwa aktivitas ini sangat menyenangkan. Jika minat mereka telah tumbuh, maka tak akan sulit lagi mengarahkan mereka untuk membuat prakarya selanjutnya.

4.        Membaca cerita
Memiliki anak yang masih kecil dan belum bisa membaca, maka aktivitas ini bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan si kecil. Kita juga bisa mengajarkan nilai moral dari cerita yang dibacakan. Pilihlah buku-buku yang menarik perhatian anak. Bahkan pada anak-anak yang lebih besar, melakukan eksperimen seperti yang tertera di buku-buku ilmu pengetahuan akan memberikan tantangan tersendiri.


Dibutuhkan trik yang jitu untuk menunjukkan betapa menyenangkannya aktivitas ini. Misalnya dengan membaca dengan ekspresi yang menyenangkan. Matikan televisi atau sumber suara lain sehingga anak-anak bisa fokus mendengarkan cerita yang dibacakan untuk mereka.

Sementara bagi anak-anak yang lebih besar, minta mereka membaca dan membuat resume dari buku yang mereka baca adalah hal yang cukup menantang. Kita bisa memberi hadiah jika mereka telah melakukannya dengan baik.

5.        Menonton film anak
Ada banyak film  anak ditayangkan di televisi. Kita bisa memilih tayangan yang benar-benar sesuai dan dampingi anak saat menonton. Beri pula pemahaman sesuai usianya.

Jika bunda memiliki dvd atau cd film tentang pengetahuan untuk anak, ini juga bisa diberikan kepada anak untuk menontonnya di bawah pengawasan orangtua.
Sementara pada anak yang telah remaja, tetap dampingi mereka seraya memberi pandangan terhadap tontonan yang bisa dijadikan tuntunan.

6.        Berolahraga bersama
Anak-anak terutama di tingkat sekolah dasar dan PAUD biasanya sangat aktif bergerak. Agar mereka bisa menyalurkan energinya dengan lebih baik, kita bisa mengajak mereka berolahraga bersama. Cukup di dalam rumah atau lingkungan sekitar rumah.
Hal ini bisa dilakukan di sore hari di bulan Ramadhan. Tentunya tak perlu lama-lama. Cukup 30 menit saja dan hal ini akan menjadi sebuah aktivitas bersama anak yang sangat menyenangkan.


Memang tidak mudah menciptakan suasana yang tetap positif di tengah pandemi corona yang memukul berbagai sektor utamanya sektor ekonomi. Tetap berpikir positif dan mengkondisikan agar anak-anak bisa tetap tumbuh dengan baik, tidak bosan dan memahami kondisi yang ada sangat dibutuhkan. Selalu ajak anak-anak berdoa agar pandemi ini segera berakhir, dan ciptakan aktivitas menyenangkan yang menambah kedekatan orang tua dan anak. Mudah-mudahan upaya ini dapat membentuk jiwa positif dan imunitas tubuh yang semakin baik dalam menghadapi virus Corona yang menyebar dengan sangat masif ini.

Sumber gambar :
freepik.com

No comments