Kaleidoskop 2019 : Masih Tentang Literasi

Entah sejak kapan, saya mulai rutin menulis tentang hal-hal yang sudah saya lewati sepanjang tahun. Dan umumnya, post saya dalam kaleidoskop, adalah tentang pencapaian. Buat saya, inilah cara saya mensyukuri anugerahNya, dan dengan mendokumentasikannya, saya berharap bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah saya lalui dan saya capai dengan izinNya. Tidak lupa saya mengiringinya dengan doa, semoga Allah menjauhkan saya dari niat pamer atau riya' saat menuliskannya di blog saya.


Sejujurnya, tahun ini saya mengalami fase yang cukup berat dalam perjalanan karir saya. Fase yang cukup banyak menguras emosi dan air mata. Tetapi, tentang fase itu, sepertinya cukuplah Allah, malaikat, orang-orang terdekat dan saya saja yang tahu. Biarlah jejak yang saya tinggalkan di blog ini dan yang dikenang pembaca setelah saya nggak ada lagi di dunia ini nanti, adalah semata hal-hal baik tentang saya.

bersama rekan-rekan kantor
Dan seperti juga kaleidoskop tahun sebelumnya, kaleidoskop tahun ini akan saya isi dengan pencapaian saya didalam dunia yang saya cintai, yaitu menulis. Tujuan saya mem-post  ini juga sekaligus untuk memotivasi diri agar pada tahun-tahun yang akan datang, saya tetap terdorong untuk bergiat di dunia literasi dan jangan sampai kendor. Dibandingkan tahun lalu, pencapaian saya dalam dunia literasi memang tidak terlalu jauh berbeda. Baik dari segi kuantitas maupun jenisnya. Hanya pada tahun ini, jadwal mengisi materi atau menjadi narasumber pelatihan menulis, Alhamdulillah lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Mungkin ini isyarat dari Allah, agar saya lebih banyak berbagi ilmu yang Dia titipkan dan memotivasi orang-orang untuk menulis. 


Baiklah, saya mulai aja ya.
1.       Menulis buku
Alhamdulillah, tahun ini Allah masih mengizinkan saya untuk menghasilkan buku, meskipun keduanya adalah buku trio dan duet : nonfiksi Parent Teen Guide yang saya tulis bersama kakak dan adik saya, terbit di awal tahun 2019, dan non fiksi Hanya CintaNya yang saya tulis bersama adik saya, terbit pada bulan September. Ini menjadi kebahagiaan tersendiri karena dapat menggandeng kedua kakak dan adik saya untuk menulis buku.




2.       Menjadi Ketua Forum TBM Kepri
Terpilihnya saya sebagai Ketua FTBM Kepri ini sebenarnya sudah berlangsung pada bulan Oktober 2018, dalam sebuah diskusi terbatas bersama Pembina FTBM Pusat Gola Gong dan para pegiat literasi termasuk pengelola TBM Kepri, dimana pemilihan berlangsung secara aklamasi.

Surat Keputusan  kepengurusan kemudian terbit pada bulan Desember, dan pada bulan Mei 2019, bertepatan bulan puasa, Ketua PP FTBM Firman Venayaksa berkesempatan datang ke Tanjungpinang dan sekaligus melaksanakan pengukuhan Pengurus Forum TBM Kepri.

Buat saya, ini adalah sebuah amanah yang cukup berat, karena mengemban tanggung jawab untuk memajukan TBM se-provinsi Kepri dalam rangka memajukan literasi dan minat baca masyarakat.

3.       Mengikuti pelatihan instruktur literasi tingkat nasional
Bagi saya, ini juga merupakan sebuah pencapaian. Karena untuk mengikuti pelatihan ini, kita harus melewati seleksi di daerah masing-masing. Dan dalam pelatihan ini, saya tidak hanya mendapatkan ilmu dan wawasan tentang dunia literasi, tetapi juga mempertemukan saya dengan pegiat-pegiat literasi dan penulis-penulis hebat dari seluruh nusantara, serta pembicara-pembicara yang mumpuni. Salah satunya adalah Kang Abik.



4.       Menjadi narasumber dan instruktur literasi
Tahun ini, cukup banyak agenda pelatihan literasi yang menghadirkan saya sebagai instruktur, dewan juri, maupun narasumber. Biar nggak lupa, saya buat list-nya di bawah ini :
a.  Pemateri pada pelatihan menulis kreatif untuk pembaca mahir, diadakan oleh Kantor Bahasa Kepri, bulan Februari

b.   Pemateri dan dewan juri pada even pemilihan Duta Bahasa Kepri, diadakan oleh Kantor Bahasa Kepri, bulan Mei


c.  Narasumber acara promosi minat baca dan bedah buku, diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan, bulan Juni

d.  Dewan juri lomba bahan bacaan untuk jenjang membaca lanjut, diadakan oleh Kantor Bahasa Kepri, bulan Juni

e.   Pemateri pada pelatihan fasilitator literasi se-kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, diadakan oleh Kantor Bahasa Kepri, bulan Juli

f.    Pemateri pada implementasi program literasi dalam kurikulum PKLB, diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, bulan September


g.  Narasumber bedah buku I Will Survive, diadakan oleh SMP De Green Camp, bulan November


5.       Meraih penghargaan lomba menulis
Ini mungkin pencapaian saya yang paling bontot, karena dari berbelas-belas lomba menulis yang saya ikuti, baik lomba menulis blog maupun novel, inilah satu-satunya penghargaan yang saya raih tahun ini : pemenang Harapan lomba menulis blog Sahabat Kemdikbud yang diadakan oleh Dirjen PAUD dan Pendidikan Keluarga, Kemdibud, pada bulan November. 
Alhamdulillah, selain menerima penghargaan, even ini juga mempertemukan saya dengan penulis-penulis hebat termasuk teman sekamar saya Maya GF yang menjadi pemenang pertama lomba ini serta mendapat pelatihan menulis.

Demikianlah sekilas kaleidoskop saya untuk tahun ini. Semoga ada manfaat dan inspirasi yang bisa diambil, dan untuk tahun depan, seperti juga tahun sebelumnya, saya tidak punya resolusi yang muluk-muluk, hanya ingin terus menulis dan berkarya, menjadi manusia yang lebih baik dan taat kepada Allah, serta semakin dewasa dan bijak dalam menghadapi berbagai persoalan hidup.

21 comments

  1. Wah Masya Allah pencapaian dalam bidang menulisnya sungguh luar biasa ya, mbk. Mantap banget nih udah nulis buku yang dibukukan. Salut. Salam kenal mbk, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  2. Keren pencapaiannya. Semoga tahun 2020 semakin lebih baik dan semangat ya mbak untuk terus berkarya dan menulis. Salam kenal

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah TabarokAllah, mbaaa dirimu sungguh inspiring!!
    Tetaplah menebarkan semangaaaatt, motivasi, ilmu dan wawasan di dunia literasi yaaaa

    ReplyDelete
  4. Sebuah karya pencapaian yang begitu luar biasa tentang menulis hingga menciptakan sebuah buku yang menarik.😄😄

    Ok sukses selalu mbak untuk karya2nya.

    ReplyDelete
  5. Sebuah karya pencapaian yang begitu luar biasa tentang menulis hingga menciptakan sebuah buku yang menarik.😄😄

    Ok sukses selalu mbak untuk karya2nya.

    ReplyDelete
  6. Selamat utk pencapaian2nyaya mba.. Sebagai sesama wanita pekerja, saya sungguh terinspirasi dg kiprah mba di bidang menulis ini. Salut!!

    ReplyDelete
  7. Masha Allah, keren banget pencapaiannya selama tahun 2019 lalu, semoga di tahun 2020 ini bakalan jadi lebih baik lagi ya Mba.
    Jadi semangat dan terinspirasi dari pencapaiannya nih :)

    ReplyDelete
  8. Wah selamat Mbaak.. saya tuh jadi inget taun lalu juga bikin antologi taoi belum terbit juga haha lama yaa prosesnya

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah, kereeenn banget Mbak. Banyak pencapaian di tahun 2019 kemarin yah, semoga tahun ini lebih banyak lagi ya Mbak, khususnya dibidang literasi dan bisa menularkan kebaikan ke orang lain pula.

    Btw kerjanya di kantor Bahasa ya Mbak? Sama nih dengan temanku, dan dia juga sering banget dampingi peserta kalau lomba pemilihan Duta Bahasa tingkat Nasional.

    ReplyDelete
  10. Kaledoskop 1999 melebarkan kepakan sayap, banyak prestasi dan presentasi di mana-mama. Mpo cuma bisa bilang "2020 lanjutkan"

    ReplyDelete
  11. Masha Allah mbak jadi suntikan energi buat lebih produktif semangat semangat.

    ReplyDelete
  12. Aku juga seneng kak kilas balik dalam satu tahun apa aja sih yang sudah terjadi dan aku dapatkan sepanjang tahun. Biar lebih bersyukur dan jadi standar target buat bermimpi lebih gila lagi di tahun depan.

    ReplyDelete
  13. Wah keren. Smoga tahun ini bisa makin berkibar ya mba. Jadi makin sukses dalam dunia literasi ya mba

    ReplyDelete
  14. Wah luar biasa mba..semoga tahun 2020.menjadi.lebih berkah dan lebih baik lagi ya..��

    ReplyDelete
  15. Sederhana namun tajam resolusi yang Mbak punya. Semoga pencapaian nya maksimal dan bisa membuat kaleidoskop lebih cetar di akhir tahun nanti ya hehehe

    ReplyDelete
  16. Huaaa keren banget kamu kak, kegiatannya berfaedah semua ya. Semoga 2020 makin gemilang lagi ya.

    ReplyDelete
  17. Lomba blog kemdikbud kemarin salah satu lomba yang aku padahal pengen ikut tapi karena keterbatasan waktu akhirnya aku batal ikut semoga tahun ini bisa ikutan hehe

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah bunda kesayangan sehat selalu dan selalu menebar inspirasi
    idolaku banget sangat produktif dan positif. Semoga di tahun baru ini lebih berkah dan bermanfaat lagi ya Bund. aamiin.

    ReplyDelete
  19. luar biasaaa nih mba pencapaiannya di tahun 2019..semoga makin sukses dan berkibar di tahun 2020 yaaa mba

    ReplyDelete
  20. Masya Allah keren banget Mbak padahal sesama Kepri seingat saya baru jumpa sekali itu juga sebentar banget tapi lupa event apa semoga ada kesempatan dan umur panjang biar bisa belajar langsung deh

    ReplyDelete
  21. Masya Allah, menginspirasi banget pencapaiannya setahun. Semoga berlanjut di 2020~

    ReplyDelete