Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

4 MANFAAT MEMBACA NOVEL MISTERI


Sir Arthur Conan Doyle, Agatha Christie, Stephen King hingga Dan Brown adalah sederet nama – nama penulis novel best seller dunia bergenre misteri. Tak ketinggalan serial detektif remaja “Trio Detektif”, Sapta Siaga dan Pasukan Mau Tahu yang dikarang oleh Enid Blyton hingga komik misteri Conan. 

Saya juga pernah menulis novel bernuansa misteri "The Secret of Room 403" yang Alhamdulillah meraih Pemenang Harapan pada Lomba Novel Inspiratif Indiva 2014 dan Finalis IBF Award 2018. (yang ingin tahu proses penulisan novel ini boleh klik sini : Novel The Secret of Room 403 ; behind the scene).

Membaca novel misteri memang menghadirkan nuansa berbeda dibandingkan saat kita membaca novel dengan genre yang lebih santai seperti romance, fantasi atau  komedi.
Dilansir dari www.literasi.net, novel misteri adalah buku fiksi yang bercerita tentang kejadian-kejadian misteri. Novel jenis ini membuat pembacanya merasakan sensasi ketakutan dan ketegangan. Karena biasanya ada tokoh yang dihantui oleh makhluk-makhluk yang menyeramkan. Ataupun novel yang disertai kisah pembunuhan dan kriminalitas lainnya. Dan ketika itulah suasana menjadi menegangkan.
               
 Di balik itu semua, ternyata terdapat manfaat yang menakjubkan bagi kamu yang menyukai novel bergenre misteri. Apa sajakah itu?

1.       Meningkatkan kemampuan berpikir kritis
Pada era teknologi terutama teknologi informasi yang berkembang sangat cepat saat ini, begitu banyak informasi berseliweran di sekitar kita setiap hari, bahkan dalam setiap menit dan detiknya. Dengan mudah kita bisa mengakses beragam berita dari berbagai belahan dunia. Jika kita terbiasa membaca cerita misteri yang selalu "menuntut" sifat kritis dari tokoh utamanya, maka ini dapat memberi efek serupa dalam kehidupan kita.

Kita menjadi tidak gampang terjebak dengan berita bohong dan menyesatkan, serta terdorong untuk menyelidiki terlebih dahulu sumber berita dan keakuratannya. Ini tentunya sangat berguna dalam menyaring informasi agar tidak terpengaruh dengan berita hoax atau yang memang sengaja dikembangkan untuk tujuan tertentu. 

2.       Mengasah analisa
Alur cerita dalam novel misteri, tanpa sadar mengajarkan kita untuk mampu menganalisa segala sesuatu dengan lebih cermat. Kegemaran membaca novel misteri akan membiasakan otak kita untuk lebih dahulu menganalisa situasi, kondisi dan latar belakang yang ada sebelum memberikan penilaian.
Hal ini juga membuat kita terhindar dari hal – hal yang merugikan saat berhadapan dengan orang lain, dimana ketidaktepatan penilaian bisa menghasilkan hubungan yang buruk antar individu.

3.       Mendorong untuk berpikir rasional dalam situasi emosional

Ada banyak situasi yang menuntut kita berpikir rasional dan tidak mengedepankan perasaan alias gampang “baper”. Kegemaran membaca novel misteri akan mendorong kita untuk terbiasa berpikir rasional. Karena kita terbiasa "bersahabat" dengan tokoh utama dalam sebuah novel misteri yang "dituntut" untuk tetap mampu menjaga rasionalitasnya dalam situasi terburuk sekalipun. 

4.       Membuatmu lebih teliti

Rangkaian cerita yang terjalin dalam sebuah novel misteri menuntut ketelitian tingkat tinggi terhadap berbagai hal didalamnya. Karena petunjuk demi petunjuk sekecil apapun biasanya tersebar dalam beberapa bagian cerita. Kebiasaan yang terbangun dari kegemaran membaca novel jenis ini dapat mendorong kita untuk bersikap teliti, bahkan untuk hal – hal yang  biasanya luput dari pandangan sebagian besar orang.
Dalam kehidupan nyata, jika kita memiliki sifat ini, kita akan lebih mudah melakukan berbagai pekerjaan yang menuntut ketelitian tinggi dan ingatan yang kuat.

Jadi, meski terlihat sepele, kegemaran membaca novel misteri dapat memberikan efek yang baik untuk menstimulasi daya nalar dan daya pikir kita. Jalan cerita yang cenderung rumit, berat bahkan berbelit-belit justru memberikan tantangan tersendiri. Kita serasa ikut berpetualang di dalamnya, menyelami alur berpikir sang penulis lewat tokoh ceritanya saat berusaha menyibak berbagai misteri. Karena sesungguhnya, hidup ini pun menyajikan banyak misteri dengan kita sebagai tokoh utamanya yang berusaha memecahkan banyak masalah dengan segala potensi yang diberikanNya.  

Selamat menikmati novel misteri, dan mari rasakan efek positifnya terhadap perkembangan kemampuan berpikir kita. (Lyta dan Risa)


17 comments

  1. meski bukan genre favorit tapi kadang saya juga membaca beberapa novel misteri ini. setuju banget sama manfaat yang dituliskan di atas. contohnya ada teman sendiri yang hobinya novel detektif dan jago banget menganalisa

    ReplyDelete
  2. aku sukaaaa banget novel misteri. bahkan buku pertama yg aku baca setelah bisa membaca itu novel lima sekawan yg misteri juga :D. mungkin krn itu yaaa aku jd tergila2 ama genre misteri. skr ini fav ku kayak sandra brown, sidney sheldon, linda howard, ato enid blyton, alfred hitchcock, masih banyak lg koleksi novel2ku :D. buatku novel misteri itu menarik, bikin kita ikut berfikir jadinya . setidaknya nebak2 siapa pelakunya :D

    ReplyDelete
  3. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  4. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  5. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  6. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  8. sengangat terus ngeblognya mazz..

    ReplyDelete
  9. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    ReplyDelete
  10. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  11. bagus bos artikelnya dan menarik

    ReplyDelete
  12. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  13. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  14. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  15. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    ReplyDelete
  16. Dalam website milik saya dan teman-teman saya terdapat postingan mengenai fakta dibalik membaca, ini sangat bermanfaat sebagai salah satu upaya meningkatkan minat baca di Indonesia, mengingat masih rendah minat baca di negara kita. Berikut linknya http://bulubook.com/funfact/fakta-di-balik-membaca/

    ReplyDelete