Riawani Elyta: Kenapa Menulis Blog? (day-1)

New Romance Novel by Riawani Elyta

New Romance Novel by Riawani Elyta
Love Catcher
Tuesday, 20 November 2018

Kenapa Menulis Blog? (day-1)


Kenapa menulis blog?
Jujur aja, kali pertama menulis blog, alasan saya tak bisa dibilang keren : saya ingin terlihat keren.
Iya benar. Waktu itu, saya sering melihat blog-blog pribadi di internet dan membaca kontennya. Dan di mata saya, itu terlihat sangat keren. Beberapa rekan penulis juga rata-rata memiliki blog. Jadi, rasanya belum keren ketika sudah menulis buku tetapi belum memiliki blog.

Singkat cerita, saya mulai menulis blog di multiply sekitar tahun 2010. Awalnya hanya berisi curhat-curhat pribadi, sesekali promo buku dan tips nulis. Setelah multiply wafat, saya pindah ke blogspot. Mulai menulis lagi dari awal karena saya lupa menyimpan tulisan dari multiply.

Tahun 2012, saya mulai menggunakan blog TLD dengan custom domain .com. Kontennya pun mulai berkembang. Selain curhat, promo  buku dan tips nulis, saya juga rajin ikut lomba-lomba blog dan nulis resensi buku. Sedikit demi sedikit, saya juga mulai belajar teknik ngeblog yang baik.

Tahun 2015, menjadi awal saya mengenal monetisasi blog dalam bentuk artikel placement dan job review lewat beberapa komunitas blog yang saya ikuti.

Saya juga punya blog khusus tips menulis di www.smartwriter.blogspot.co.id, yang sayangnya sudah beberapa bulan ini vakum. Tetapi kalo mau intip tips-tips nulis disini cukup banyak kok, dan masih relevan dengan masa kini.

Sampai sekarang, Alhamdulillah saya masih menulis blog. Meski isinya sekarang lebih banyak placement dan review ketimbang yang organik. 

Kembali ke pertanyaan di awal tulisan, inilah beberapa alasan kenapa sampai hari ini saya masih menulis blog :
1. Sebagai stress-relieve. Karena menulis blog lebih santai, tidak perlu berpikir terlalu keras. Tetapi bisa bikin hati plong dan 'lepas'. Saya tergolong manusia ambivert dengan kadar introvert yang lebih tinggi. Jadi lebih banyak masalah dan ganjalan yang mengendap ketimbang yang dilepaskan.

Apalagi, sekarang menulis blog sudah bisa dilakukan lewat ponsel. Makanya,  menulis blog jadi salah satu sarana saya untuk melepaskan apa yang gagal terungkap di dunia nyata dalam ujud yang berbeda. Ya. Saya tidak lantas menuangkan uneg-uneg di blog, tetapi menulis hal-hal lain yang dampaknya tetap sama :  mengurangi beban pikiran dan membuka sumbat yang bikin sumpek hati.

2. Sebagai sarana berbagi. Percaya deh. Sebagai makhluk sosial, kita pasti senang berbagi. Jadi, blog ini menjadi media untuk saya berbagi inspirasi dan pengetahuan yang meski kecil jumlahnya tetapi mudah-mudahan bermanfaat. Dan harapan saya, blog ini kelak bisa jadi amal jariah untuk saya sepanjang masa.

3. Untuk mendapat tambahan penghasilan. Sebetulnya, saya tak terlalu ngoyo untuk tujuan yang ini. Mengalir saja seperti air. Kalau ada form blogger untuk job review dan syaratnya cukup, ya saya daftar. Kalo ada tawaran placement dan review yang tarifnya masuk akal, saya terima. Kalo nggak ada, ya santai aja. Kalo ada lomba yang pingin diikuti, ya ikut. Lagi nggak pingin, ya nggak ikut. Sesimpel itu.

Demikianlah beberapa alasan saya tetap ngeblog hingga hari ini dan in sya Allah untuk seterusnya. Kalo kamu.... apa dong alasanmu menulis blog? Sharing yuk!



28 comments:

  1. Hai mbak Ria, kenalin aku Dini.

    Wah, seru ya nge-blog. Santai & nikmat. Aku juga,, blog emang penghilang stress.

    ReplyDelete
  2. Iyaaa, bener. Kalau membaca blog yang sudah duluan tayang (apalagi blog kuliner LN), kok rasanya mereka keren-keren gitu. Hihihi

    ReplyDelete
  3. Kalo aku berawal dari iseng karna di ajak teman mba ehh..jadi keterusan bisa jadi penghilang streess, walaupun baru di dunia perbloggeran tapi berasa nikmatnya hehe.. Salam kenal ya mba😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal siwi...welcome to blogging world..

      Delete
  4. Alasanku ngeblog sih banyak. Salah satunya sebagai media untuk menyalurkan hobi menulisku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener..blog media yang tepat buat salurkan hobi nulis

      Delete
  5. Saya juga punya blog khusus tips menulis di www.smartwriter.blogspot.co.id, yang sayangnya sudah beberapa bulan ini vakum. Tetapi kalo mau intip tips-tips nulis disini cukup banyak kok, dan masih relevan dengan masa kini.

    #####################

    Wah tulisan kekinian?, tulisan zaman now berarti hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya teknik menulis yang ada di situ masih relevan untuk masa sekarang. beda dengan teknologi komunikasi yg perkembangannya sangat cepat

      Delete
  6. bener banget kak.. menulis memang bisa membebaskan kita dari beban dan tekanan hidup...

    ReplyDelete
  7. Hihi, alasan ngeblog paling banyak pastinya untuk sarana berbagi info ya kak. Seneng aja kalau tulisan yang udah kita buat, bisa berguna bagi orang lain.

    ReplyDelete
  8. sudah lama juga ya mbak nulis blognya. bearti sudah lama juga berbagi kisah dengan warga net.

    ReplyDelete
  9. Iya mbaa
    Ngeblog bisa bikin stres ilang xixixi
    Macam pelampiasan ��

    ReplyDelete
  10. Sudah lama ya mbak ngeblognya 8 tahunan, kalo aku ngeblog karena untuk berbagi aja...

    ReplyDelete
  11. Belum pernah kepikiran kalau nulis blog itu bisa dibilang keren tapi memang terlihat Keren ya Jika punya blog personal sendiri

    ReplyDelete
  12. Kalau saya ingin niru kok bisa sih orang-orang ini buat website sendiri. Penasaran baca-baca eh nemu caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih belum rajin kalo bikin design web sendiri. baru berusaha rajin ngisinya

      Delete
  13. Setuju banget kak Ria.. menulis itu ibarat curhat. bisa bebas menuangkan apa yang di pikiran ke web pribadi tanpa terikat dengan siapa pun

    ReplyDelete
  14. Punya kenangan dgn multiply ya kak.. .Sy ngeblog dr 2008 dan langsung di WP gratisan... BTW hebat ya ngikut challenge ini..

    ReplyDelete
  15. Bener banget semua kak, perwujudan dalam bentuk lain dan tambahab penghasilan. wkwkwkw

    ReplyDelete