Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

6 Kiat Memulai Bisnis di Rumah untuk Ibu Rumah Tangga

[LIFESTYLE] Ada berbagai alasan sehingga seseorang memutuskan untuk memulai bisnis di rumah ketimbang bekerja di kantor. Untuk seorang wanita yang sudah menikah dan memiliki anak, alasan untuk memulai bisnis di rumah diantaranya adalah tetap ingin mandiri secara finansial sembari tetap mengasuh anak dan menjalankan tugas-tugas rumah tangga.

Tentu, niat untuk memulai bisnis di rumah adalah niat yang baik. Tetapi, ada beberapa hal harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai bisnis di rumah. Berikut diantaranya :

      1.      Sholat istikharah
Dalam mengambil keputusan, terutama keputusan penting yang menyangkut prioritas hidup dan keluarga, kita sebaiknya memohon pertolongan Allah agar ditunjukkan pilihan yang terbaik. Caranya adalah dengan melakukan sholat istikarah dan berdoa dengan khusyu. Terkadang, keputusan itu tidak langsung datang seusai sholat, tetapi kita tidak boleh putus asa. Teruslah melakukan sholat dan berdoa dengan khusyu sampai pikiran kita dibukakan dengan petunjuk dariNya.

      2.      Persiapan mental
Bagi wanita yang sebelumnya bekerja di kantor lalu memutuskan berhenti bekerja untuk memulai bisnis di rumah, ada banyak perubahan akan kita hadapi. Mulai dari perubahan lingkungan, lingkup pergaulan, sumber penghasilan, termasuk omongan miring orang-orang di sekitar kita yang menyayangkan keputusan tersebut. Oleh karenanya, ada baiknya kita mempersiapkan mental untuk menghadapi semua perubahan yang cukup drastis ini. Jika mental tidak siap, maka sedikit saja muncul hal yang kurang menyenangkan, kita akan mudah merasa kecewa dan menyesali keputusan itu.


      3.      Pengetahuan
Untuk memulai bisnis dibutuhkan perencanaan yang matang dan pengetahuan tentang bisnis itu sendiri. Bisnis bukanlah sulap yang dapat terjadi begitu saja. Melainkan butuh usaha, kerja keras dan strategi. Oleh karenanya, persiapkan diri dengan pengetahuan seputar ilmu bisnis saat telah memiliki niat untuk berbisnis di rumah.

      4.      Riset
Sebelum mulai berbisnis, lakukan riset terlebih dulu terhadap kebutuhan orang-orang di lingkungan kita, sehingga mudah untuk memilih jenis produk yang akan dipasarkan. Sesuaikan juga dengan minat dan hobi kita. Karena melakukan bisnis yang sesuai dengan apa yang kita minati, akan membuat kita merasa bahagia dan nyaman saat melakukannya.

       5.      Finansial
Bisnis adalah sebuah proses yang dinamis dan tidak langsung bertumbuh dalam sekejap. Juga tidak ada yang bisa memastikan bisnis akan berjalan lancar begitu kita memulainya. Tak jarang, bisnis baru menunjukkan perkembangan yang signifikan setelah melalui jangka waktu berbulan-bulan atau bahkan hingga bertahun-tahun. Oleh sebab itu, sebaiknya cek dulu kesiapan finansial kita sebelum banting setir ke dunia bisnis. Minimal, kita masih punya tabungan atau aset pribadi yang cukup untuk biaya kebutuhan dasar selama setahun ke depan saat memutuskan untuk mulai berbisnis. Dengan demikian, jika ternyata bisnis kita tak berjalan sesuai harapan, atau menemui batu sandungan di awal prosesnya, kita tidak akan langsung jatuh kolaps dan kesulitan memikirkan biaya hidup.

       6.      Manajemen waktu
Pikirkan juga bagaimana kita akan mengatur waktu jika berbisnis di rumah. Bagaimana membagi waktu untuk mengasuh anak, pekerjaan rumah tangga dan untuk urusan bisnis itu sendiri. Jangan sampai niat kita untuk berbisnis di rumah karena ingin selalu dekat dengan anak justru menjadi bumerang saat kita keteteran membagi waktu.

Berbisnis di rumah adalah sebuah aktivitas yang mengasyikkan dan menghasilkan jika kita mengetahui trik-trik menghadapi dan menjalankannya. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah swt agar niat baik dan usaha kita senantiasa dipermudah dan rejeki kita pun memperoleh berkah. 

Selamat berbisnis di rumah :)


9 comments

  1. sangat bermanfaat mbak..ak juga pingin mengembangkan bisnis mak

    ReplyDelete
  2. keren mbak lyta. artikelnya bagus bgt

    ReplyDelete
  3. Pengetahun juga sangat penting ya mba karena dengan penuh pengetahuanlah seorang pebisnis bisa menjalankan bisnisnya dengan sukses :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tanpa pengetahuan bisnis sama dengan gambling

      Delete
  4. Tipsnya keren Mbk, sangat bermanfaat buat yang lagi galau memutuskan langkah.

    ReplyDelete
  5. Pengen bisnis dari rmh. Tapi masih bingunh mau bisnis apa....

    ReplyDelete
  6. Kita-kiat memulai bisninsnya sangat bermanfaat, khususnya bagi saya yang bingung harus mulai dari mana.

    ReplyDelete