Riawani Elyta: 5 Makanan Jajanan ini Hanya Ada di Kepulauan Riau

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Monday, 19 September 2016

5 Makanan Jajanan ini Hanya Ada di Kepulauan Riau

Pantai Trikora, Bintan, Kepulauan Riau (doc. pribadi)

Mendengar nama Kepulauan Riau, mungkin yang pertama kali terlintas di benakmu adalah Kota Batam. Kota di provinsi Kepulauan Riau yang menjadi surganya gadget murah dan terletak berdekatan negara tetangga Singapura. Ataupun provinsi dengan pantai-pantai indah berpasir putih yang tak kalah indah dengan pantai di Bali.

Padahal, selain Batam dan pantai, ada banyak hal menarik di Kepulauan Riau yang bisa menjadi alasan anda untuk datang ke provinsi ini. Diantaranya adalah makanan jajanan. Kepulauan Riau memiliki beraneka jenis makanan jajanan yang lezat, baik yang merupakan kuliner tradisional Melayu asli maupun yang sudah mengalami asimilasi dengan kuliner daerah nusantara lainnya termasuk dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Diantara berbagai jenis makanan jajanan tersebut, terdapat 5 (lima) jenis makanan khas daerah ini yang hanya bisa kamu temukan saat berkunjung ke Kepulauan Riau. Ini dia :

    1. Gonggong

 
sumber gambar : http://citizen6.liputan6.com/
Ini adalah hewan laut berbentuk unik sejenis keong. Cangkang luarnya keras dan berbentuk lonjong, sementara di bagian dalamnya terdapat daging seperti cumi dengan tekstur kenyal dan sedikit berlendir.

Gonggong ini biasanya dimasak cukup dengan direbus ataupun ditumis bersama cabe hijau. Setelah direbus, bagian ujung gonggong akan mengintip keluar dari cangkangnya. Untuk memakannya, kita tinggal menancapkan tusuk gigi atau garpu kecil pada daging yang mengintip itu lalu menariknya keluar dan dicelupkan ke dalam sambal. Hmmm. Rasanya enak banget!

Tetapi, gonggong ini tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering lho. Karena kandungan kolesterolnya lumayan tinggi dan konon dapat meningkatkan gairah seksual. Jika kamu berkunjung ke Kepulauan Riau, kamu bisa memesan menu gonggong ini di restoran-restoran seafood dengan harga Rp.25 ribu – Rp. 40 ribu per porsinya. Gonggong biasanya dimakan begitu saja atau orang di Kepulauan Riau menyebutnya “diratah”, tidak dimakan sebagai lauk untuk teman nasi.

      2.       Otak-otak
sumber gambar : http://kaoskhaspinang.blogspot.co.id/
     Meskipun jajanan otak-otak dapat kita temukan di berbagai daerah, namun otak-otak di Kepulauan Riau memiliki kekhasan tersendiri yaitu dibungkus dalam daun kelapa. Ikan yang biasa digunakan sebagai isi otak-otak adalah ikan berdaging putih seperti tenggiri. Selain itu juga terdapat otak-otak yang terbuat dari daging sotong.

Proses pembuatan otak-otak : semua bahan (daging ikan / sotong, bumbu, penyedap, santan dan telur) dihaluskan dan diaduk rata lalu diisi didalam daun kelapa. Setelah itu dibakar diatas bara api sampai matang. Otak-otak ini bisa dengan mudah anda temukan dimana-mana. Biasanya dijual oleh penjual gerobak di sepanjang jalan berdekatan pelabuhan, di kedai-kedai makan juga di sekitar tempat wisata di Kepulauan Riau. 

Harganya cukup murah. Hanya Rp.1000,- / pcs. Jika anda mencicipinya saat baru matang, yakinlah, anda tak akan menyadari berapa puluh otak-otak yang bisa anda habiskan dalam sekali duduk!

      3.      Mie Lendir
sumber gambar : www.dunia-artikelku.com
Namanya memang terkesan sedikit menjijikkan ya? Tetapi, sekali mencoba, anda bisa ketagihan lho. Mie lendir ini terdiri dari mie kuning, tauge mentah, irisan telur dan cabe rawit disiram kuah kental. Kuahnya terbuat dari  racikan bumbu-bumbu, gula merah dan kacang tanah halus.

Mie lendir ini enak disantap panas-panas. Biasanya dijual di warung-warung makan ataupun penjual gerobak di waktu pagi hari sebagai menu sarapan pagi. Saya masih ingat, saat saya masih kecil dulu, mie lendir ini jadi favorit warga untuk sarapan pagi karena harganya yang murah meriah, hanya delapan ratus rupiah sepiring dan porsinya juga banyak. Sekarang pun Mie Lendir masih tergolong sarapan murah meriah dengan kisaran harga Rp. 8 ribu – Rp. 11 ribu per porsinya.

      4.       Mie Tarempa
sumber gambar : www.travel.kompas.com
Sesuai namanya, mie yang satu ini merupakan makanan asli Tarempa, ibukota Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.  Rasanya sedikit mirip mie Aceh karena kaya akan bumbu dan citarasa yang eksotis. Dalam satu porsi mie Tarempa terdapat mie kuning pipih, tauge, bawang goreng, irisan telur dan cabe acar, suwiran ikan tongkol yang disiram kuah kental berwarna kecokelatan. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 13 ribu - Rp. 17 ribu. Menu ini biasanya dijual di restoran yang khusus menyajikan menu Tarempa. Bagi anda yang menyukai citarasa pedas dan berempah, mie Tarempa ini cocok sekali untuk memanjakan selera anda. 

      5.       Kopi Hawaii 
sumber gambar : www.travel.kompas.com
Meskipun namanya Kopi Hawaii, ini adalah kopi asli Kepulauan Riau, lebih tepatnya berasal dari Kijang, Bintan Timur. Kopi ini konon pertama kali dibuat pada tahun 1960an oleh warga beretnis Tionghoa di Kijang. Kopi Hawaii ini memiliki kekhasan citarasa dan kepekatan yang mampu menyamai kopi-kopi yang terkenal di nusantara bahkan mancanegara. Biji kopi Hawaii ini sebenarnya berasal dari Jambi. Namun dalam prosesnya yang dimasak sendiri dicampur minyak wijen menjadikan Kopi Hawaii memiliki citarasa yang istimewa.

Kopi ini bisa dengan mudah ditemukan di warung-warung kopi di Kepulauan Riau. Namun Kopi Hawaii yang paling orisinil adalah yang dijual di daerah asalnya yaitu di Kijang, Bintan Timur. Sayang, belum lama ini kedai kopi Hawaii yang terletak di Jalan Berdikari, Kijang mengalami musibah kebakaran.

Hal lain yang tak kalah unik dari Kopi Hawaii, jika kita meminumnya langsung di warung kopi, maka kopi ini akan dihidangkan didalam cangkir china mungil dan berbibir tebal. Jika kita memesan untuk dibawa pulang, untuk porsi kecil, kopi akan dimasukkan ke dalam bekas kaleng susu. Untuk porsi besar, kopi akan dimasukkan ke dalam bekas botol sirup. Meski menggunakan kemasan daur ulang, citarasa dan aromanya tetap terjaga saat kita meminumnya dalam perjalanan atau sesampai di rumah. Selain diminum sebagai kopi biasa, atau masyarakat Kepulauan Riau menyebutnya Kopi O, kopi Hawaii ini juga enak dinikmati sebagai kopi susu.

Anda bisa meminum Kopi Hawaii ini di Kepulauan Riau dengan harga hanya Rp. 4 ribu untuk secangkir Kopi O dan Rp. 6ribu untuk secangkir kopi susu. Anda juga bisa membeli kopi bubuk Kopi Hawaii untuk dibawa pulang dengan harga sekilonya Rp.56 ribu. Tetapi, percayalah, saat anda meraciknya sendiri, anda tidak akan mendapatkan citarasa selezat Kopi Hawaii made in Kepulauan Riau!


12 comments:

  1. Pantas saya cari-cari di daerah saya gak ada, ternyata di kepulauan Riau saja ya :D Btw itu kocak juga ya namanya Mie Lendir :-) Lendir apaan tuh :-)

    ReplyDelete
  2. wow makanannya menggugah selera, dan saya belum pernah ke Riau hehhee...kayaknya enak mie tarempanya y mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaaak....eksotis mah kalo saya bilang. Pedas dan berempah gitu

      Delete
  3. Waw ternyata Riau kece juga ya teh.
    Jadi pengen kesana.
    moga bisa kesampean amin.

    Btw, Dari semua jenis makanan dna minuman itu yang ane kenal cuma otak-otak teh.
    selebihnya terasa asing dan bener-bener baru ane denger.
    disekitran bogor jakarta kira kira ada yang jual ga yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepulauan Riau. Bukan Riau. Mungkin krn makanannya mmg rada langka hehe. Coba aja. Siapa tau ada orang sini yg buka cabang

      Delete
  4. Mie tarempa. Kayaknya enak banget mbak... Di sini kayaknya nggak ada yang jual..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget buat yg suka makanan pedas

      Delete
  5. yang belum pernah nyoba kopi hawai mbak. dan paling suka beli otak otak kalau dari tanjung pinang. otak otaknya TOP bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi hawaii itu kalo saya suka kopi susunya mbak....kalo kopi hitamnya agak berdebar2

      Delete
  6. Waaaaah Mupeng, jd pengen berkunjung ke sanaaaaa aamiin *doaYangKhusyu*

    salam kenal mbak riaaa :)
    Dari Djayanti di Karawang

    ReplyDelete
  7. Aiiihhhh semuanya bikin penasaran utk dicoba mbaaaa ^o^. Suamiku baru2 ini ke riau, tp mungkin krn sibuk kerjaan jd g ada waktu wiskul begini.. semua makanan yg dicoba biasa... Coba aku baca postingan ini sebelum suami pergi :p..

    Itu kopi hawai aku jd ngebayangin aroma kopi pake minyak wije , pasti wangiiii.. soalnya aku suka bgt aroma minyak wijen.. ;)

    ReplyDelete