Riawani Elyta: Resensi seri Serendipity Kakek Lop : Pelajaran dari orang tua kepada orang dewasa

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Sunday, 14 September 2014

Resensi seri Serendipity Kakek Lop : Pelajaran dari orang tua kepada orang dewasa



 Saya pertama kali mengenal dan sekaligus mendapatkan beberapa seri Serendipity dari sahabat saya Shabrina WS, yang memang sangat menggemari serial ini. Dan menurut saya, seri ini memang cocok dengan karakter dan tulisan Shabrina : indah, sederhana, polos tetapi bermakna dalam.

Kakek Lop bercerita tentang seekor kelinci tua bernama Kakek Lop yang tinggal di dalam hutan dan suka mendongeng. Setiap kali mendongeng, anak-anak kelinci pasti selalu mengerumuninya, dan pada saat bercerita, kakek Lop akan berdiri tegak, matanya bersinar dan seakan ada cahaya yang menerangi sekelilingnya. Di mata anak-anak kelinci, kisah Kakek Lop seperti mengandung keajaiban. Itu sebabnya setiap hari mereka pasti akan pergi ke hutan untuk mendengar Kakek Lop bercerita.


Orang-orang tua para anak kelinci ini tidak suka dengan kebiasaan anak-anak mereka. Mereka menganggap Kakek Lop hanya mengajarkan kebohongan. Mereka juga tidak percaya ketika anak-anak kelinci mengatakan bahwa kisah Kakek Lop mengandung keajaiban. Mereka lalu melarang anak-anaknya menemui Kakek Lop lagi.

Namun, sesuatu terjadi pada anak-anak kelinci itu setelah dilarang bertemu Kakek Lop. Apa yang terjadi pada mereka? Dan apa pula yang terjadi pada Kakek Lop setelah ditinggal anak-anak kelinci itu?

Seperti juga yang menjadi ciri khas seri Serendipity lainnya, buku ini memiliki ilustrasi indah dalam setiap lembarnya, kisah yang ditulis dengan sederhana, hangat, indah namun mampu memberikan perenungan yang dalam. Seperti dalam kisah ini, makna yang dapat diambil adalah bahwa orang dewasa bisa belajar dari kepolosan anak-anak, dan sudah sepantasnya orang dewasa mendengarkan orang-orang yang lebih tua, karena apa yang mereka katakan tak jarang mengandung makna hidup yang luar biasa.

Seri Serendipity tak hanya layak dibaca anak-anak, tetapi juga cocok menjadi bacaan orang dewasa. Karena dalam kesederhanaan dan makna tunggal yang diangkat dalam setiap serinya, mampu memberikan kesan dan perenungan yang berbekas lama di dalam benak dan hati pembacanya.


Judul          :            Kakek Lop
Penulis       :            Stephen Cosgrove & Robin James
Penerbit     :            Alice Saputra Communications Co
Tebal         :            30 hal
Jenis          :            Fiksi Anak
Terbit         :            1996


No comments:

Post a Comment