Riawani Elyta: Resensi The Magic Finger : Sang Pemilik Jari Ajaib

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Friday, 20 June 2014

Resensi The Magic Finger : Sang Pemilik Jari Ajaib


 

Sinopsis                      :
Seorang anak perempuan memiliki jari yang istimewa. Jika ada orang yang membuatnya marah, dan dia gagal menguasai diri, maka dia bisa menghukum orang tersebut dengan jari ajaibnya.


Alkisah, gadis ini marah sekali pada keluarga Gregg yang hobi berburu dan membunuh hewan. Lantas, apa yang terjadi pada keluarga Gregg saat kemarahan gadis tersebut tak terkendali dan dia mengacungkan jari ajaibnya?

Kali pertama membaca buku karya salah satu pengarang favorit anak-anak sedunia, demikian stempel yang tertera pada sampulnya. Dan cerita ini, lumayan menarik dengan bahasanya yang lincah dan sedikit berbau fantasi.

Berbeda dengan kebanyakan cerita anak yang selalu mengutarakan pesan moral secara eksplisit, buku ini “menyimpan” pesan moralnya dengan baik di dalam cerita. Dan dengan jalan cerita yang mudah dipahami anak-anak, boleh jadi, pesan ini pun akan dengan mudah ditangkap oleh pembaca anak-anak. Untuk cerita si jari ajaib ini sendiri, pesan moral yang terkandung adalah, kita tak akan tahu rasanya penderitaan sampai kita sendirilah yang berada dalam posisi si penderita atau orang yang pernah kita buat menderita. 

Hanya saja, satu pertanyaan saya yang tidak terjawab sampai akhir cerita, siapa gerangan nama gadis cilik pemilik jari ajaib itu?


Judul                          :            The Magic Finger
Penulis                        :            Roald Dahl
Penerbit                      :            Gramedia Pustaka Utama
Tebal                          :            80 hal
Jenis                           :            Fiksi Anak
Terbit                          :            Januari 2010 (cet.3)



No comments:

Post a Comment