Riawani Elyta: RESENSI BUKU : DANIA GADIS BANDARA

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014

Novel Pemenang Harapan LMNI 2014
The Secret of Room 403
Monday, 24 February 2014

RESENSI BUKU : DANIA GADIS BANDARA







 Sinopsis                      :
Dania yang biasa tinggal di dekat rel kereta api terpaksa harus pindah rumah. Sebab, ayah Dania yang diajak melaut oleh tetangganya, hilang di lautan. Tidak ada yang tahu di mana keberadaan ayah Dania.

Ibu memutuskan untuk memindahkan Dania sementara waktu ke rumah Bi Nina, saudara Ibu yang rumahnya dekat bandara. Ibu kembali ke rumah menunggu Ayah. Tapi, Ibu berjanji kelak kalau Ayah sudah ditemukan, Ibu akan mengambil Dania kembali.


Di tempat yang baru, Dania berteman baik dengan Laras yang kakinya sakit hingga harus berada di kursi roda. Juga dua sahabatnya, Toro dan Birin. Namun Dania terus dimusuhi oleh Bang Oyan, anaknya Bi Nina.

Dania ingin sekali naik pesawat untuk mencari ayahnya yang hilang di lautan. Dengan dibantu Birin dan Toro, Dania bisa memasuki bandara dengan diam-diam. Wah, betapa takjubnya Dania melihat banyak pesawat. Namun, masuk bandara tanpa ijin tentu saja berbahaya. Apalagi mereka harus sembunyi jika mobil patroli penjaga bandara melintas. Wah, Dania benar-benar deg-degan! 

Bisakah Dania naik pesawat dan menemukan ayahnya kembali? Bagaimana dengan Bang Oyan yang suka nakalin Dania?

=======================================================================

Kisah bertema petualangan yang menampilkan sisi pemberani sedikit nekad dari tokohnya selalu menarik bagi pembaca anak-anak. Hal ini jugalah yang dipaparkan oleh penulis dalam novelnya kali ini. Dania digambarkan sebagai seorang gadis kecil yang pemberani, dan mampu pula menularkan sifatnya itu kepada sahabatnya Laras. Alur cerita ini bergerak lincah dan padat, deskripsinya juga menarik. Terutama deskripsi tentang situasi bandara yang cukup informatif untuk pembaca anak-anak.

Sedikit hal yang terasa mengganjal,  alasan ibu Dania memindahkan Dania sementara waktu ke rumah Bi Nina yang “kebetulan” dekat bandara, dikarenakan hendak menunggu ayah Dania yang hilang saat melaut. Kira-kira, kenapa harus memindahkan sang anak ke tempat lain hanya karena ingin menunggu sang suami? 

Tetapi, tanpa alasan ini, mungkin cerita nggak bakal bertemu dengan inti dari novel ini kali ya, yaitu tentang petualangan Dania dan teman-teman barunya di bandara.

Dan saya sedikit menyayangkan, kisah tentang ayah Dania yang berhasil selamat, langsung diceritakan pada pertengahan cerita. Saya pikir, sisi misteriusnya akan lebih terasa jika nasib ayah Dania tetap dirahasiakan sampai akhir dan baru dimunculkan menjelang ending.

Novel ini kembali menunjukkan kualitas Nurhayati Pujiastuti sebagai penulis yang telah menelurkan banyak karya dan meraih IKAPI Awards 2012 untuk kategori Fiksi Anak Terbaik. Seperti juga halnya novel peraih penghargaan tersebut yang berjudul Aku Sayang Bunda, penulis kembali menampilkan sosok tokoh utama seorang gadis kecil yang pemberani dan cerdas. Sifat positif yang tentunya layak diteladani oleh para pembaca anak-anak.


Judul                          :            Dania Gadis Bandara
Penulis                        :            Nurhayati Pujiastuti
Penerbit                      :            Indiva Media Kreasi
Tebal                          :            128 hal
Jenis                           :            Fiksi Anak
Terbit                          :            November 2013
ISBN                          :            978-602-8277-05-1


No comments:

Post a Comment