Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) Laptop Tertipis, Ramah Lingkungan dengan Performa Terbaik di Kelasnya


Sejak berdiri pada tahun 1989, ASUS tak pernah setengah-setengah dalam menghasilkan produknya. Perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia


ASUS memiliki dukungan karyawan yang tersebar di seluruh dunia, termasuk lebih dari 5.000 profesional di bidang R&D, membuat ASUS mampu memimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.


Berkat komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas yang terus-menerus dilakukan, ASUS telah memenangkan 65.565 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT dari seluruh dunia sejak tahun 2001 lalu. Sebuah hal yang hanya bisa dicapai oleh perusahaan yang memiliki visi dan misi mendalam untuk terus mengejar inovasi terbaik. Dari semua penghargaan yang diterima, banyak di antaranya ditujukan untuk produk tablet dan smartphone ASUS.

 

Pada tahun 2023, ASUS kembali mengukuhkan diri sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia dengan penguasaan pasar lebih dari 40% sekaligus menandakan bahwa ASUS telah menjadi pemimpin pasar laptop di Indonesia selama satu dekade berturut-turut. Hal ini berkat jaminan kualitas produk dan inovasi tanpa henti mulai dari laptop ultra-ringkas dengan bezel layar tipis, laptop layar ganda, hingga laptop berperforma tinggi yang khusus dirancang untuk para konten kreator dan gamer.

 

Tahun ini, ASUS resmi merilis ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), yang tidak hanya menekankan pada aspek fungsi, tetapi juga menampilkan desain yang elegan dan ramping sehingga membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) sebagai alat produktivitas yang canggih sekaligus aksesori gaya hidup yang stylish.




Laptop OLED 13,3-inci Paling Tipis dan Ringan

 

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan sebuah laptop ultraportabel yang sangat tipis dan ringan, dengan ketebalan hanya 1 cm dan bobot sebesar 1 kg. Untuk memenuhi spesifikasi tersebut, laptop ini dirancang menggunakan teknik dan material yang inovatif, sehingga lebih ringkas dan ringan dibandingkan generasi sebelumnya. Semuanya tanpa harus mengorbankan performa, konektivitas, maupun daya tahan baterai.




Pengerjaan presisi menggunakan teknik CNC (Computer Numerical Control) digunakan pada bodi utama laptop, memungkinkan ruang komponen yang lebih luas tanpa mengurangi durabilitas. Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggunakan papan sirkuit dengan lapisan yang lebih sedikit, kerapatan kabel lebih tinggi, dan lebih banyak transistor, memberikan kinerja yang lebih baik pada bobot yang lebih ringan. Motherboard dirancang dengan presisi untuk menampung dua kipas yang sangat tipis, meningkatkan sirkulasi udara untuk pendinginan yang lebih baik. Hasilnya, bagian bodi utama laptop dapat menjadi 25% lebih tipis.

 

Paduan material magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck untuk meminimalkan bobot, diproses dengan teknik CNC untuk menciptakan struktur yang kuat tanpa perlu penyangga tambahan. Penutup kaca yang sangat tipis digunakan pada touchpad, menghasilkan penurunan ketebalan sebesar 25% lagi pada bagian keyboard deck.

 

Untuk mempertahankan desain bodi yang ramping pada Zenbook S 13 OLED (UX5304), tim engineering ASUS juga telah merancang kamera IR FHD yang lebih kecil namun tetap penuh fitur, yang dipasang langsung pada bagian layar dengan teknik CNC. Penambahan panel OLED yang lebih ramping juga digunakan, sehingga bagian layar laptop ini menjadi 30% lebih tipis untuk hasil yang lebih modern.

 

 

Rangkaian teknik produksi canggih dan penggunaan bahan berkualitas tinggi menghasilkan laptop ultraportabel yang belum pernah ada sebelumnya. Zenbook S13 OLED (UX5304) telah berhasil mengangkat konsep laptop tipis dan ringan ke level yang lebih tinggi tanpa kompromi. Hal ini membuat ASUS Zenbook S 13 OLED tampil sebagai laptop OLED 13,3-inci paling tipis dan ringan di dunia. Sedangkan untuk urusan baterai, laptop ini menawarkan daya tahan baterai hingga 14 jam dengan baterai berkapasitas 63WHrs serta memiliki sistem pendinginan dan performa yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

 

 

Konektivitas dan Fitur Lengkap

 

Di balik desainnya yang tipis dan ringan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga menawarkan berbagai port I/O yang memadai, seperti dua port USB-C® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack. Meski tampil sebagai laptop OLED 13,3-inci paling tipis dan ringan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) masih dilengkapi dengan berbagai port I/O, membebaskan pengguna dari kebutuhan membawa dongle atau adaptor saat bepergian. Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 pada laptop ini mendukung pengisian daya yang cepat, tampilan eksternal beresolusi 4K, dan transfer data dengan kecepatan hingga 40 Gbps. Laptop ini juga menyediakan port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo aduio jack. Belum pernah ada laptop yang setipis dan memiliki port selengkap Zenbook S 13 OLED (UX5304).




Modern dan Powerful

Tidak hanya unggul dalam dimensi dan fitur, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga memiliki performa yang powerful. Performa tersebut diperoleh dari penggunaan prosesor Intel® Core™ i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread, yang dapat dipacu hingga 5GHz, memori LPDDR5 berkapasitas 16GB, serta media penyimpanan data 1TB PCIe 4.0 SSD. Kombinasi keduanya memastikan bahwa Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat beroperasi dengan cepat dan nyaman untuk multitasking.

 

Prosesor Intel® Core™ i7-1355U adalah prosesor modern yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi, yaitu Intel® Iris® Xe. Chip grafis tersebut memiliki performa yang cukup kuat untuk mendukung kebutuhan komputasi grafis sehari-hari, bahkan cukup mumpuni untuk memainkan game kasual. Selain itu, prosesor ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Intel® Quick Sync yang mempercepat proses encoding dan decoding video. Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga telah mendapatkan validasi sebagai platform Intel® Evo™. Hal ini menandakan bahwa laptop ini telah terjamin dalam hal menyajikan pengalaman penggunaan terbaik, baik dalam bekerja, belajar, menikmati hiburan, hingga berkarya dan menciptakan konten kreatif.




Mengoptimalkan pengalaman video conference di mana pun, kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan efek visual khusus dan teknologi AI noise-cancelling. Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Sementara itu, kombinasi sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster mampu menyajikan pengalaman audio berkualitas tinggi bagi para penggunanya.

 

Touchpad ASUS ErgoSense pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) kini muncul dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Dengan perubahan ini, navigasi menjadi lebih mudah, nyaman, dan responsif, ditambah dengan lapisan anti-sidik jari yang memudahkan proses pembersihan.2

 

Kualitas Layar Terbaik

Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga dibekali dengan layar ASUS Lumina OLED yang merupakan standar layar laptop terbaik saat ini. Layar tersebut hadir dengan resolusi 2,8K dan dilengkapi berbagai fitur, teknologi, serta inovasi canggih. Hasilnya adalah tampilan visual dengan reproduksi warna yang kaya dan akurat,sekaligus tidak merusak kesehatan mata. Ditambah dengan rasio layar 16:10, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menikmati area kerja yang lebih luas, sehingga mendukung produktivitas sehari-hari.




Dengan kemampuan menampilkan color gamut 100% DCI-P3 dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display, ASUS Lumina OLED telah dirancang sejak awal untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif. Layar ini juga mendukung teknologi HDR dan telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR True Black, menjamin konten yang ditampilkan akurat sesuai dengan visi pencipta konten.

 

ASUS Lumina OLED juga dilengkapi dengan fitur Eye Care. Fitur ini memungkinkan penurunan spektrum cahaya biru yang berpotensi berbahaya bagi mata tanpa mengurangi kualitas visual. Inovasi ini membuat ASUS Lumina OLED mampu mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berpotensi merusak kesehatan mata dalam jangka panjang. Layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Dengan ASUS Lumina OLED, pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menikmati tampilan visual terbaik sambil bekerja lebih lama tanpa khawatir akan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.

 

.

Ramah Lingkungan

 

Dibuat dari bahan daur ulang dan plasma ceramic aluminium, serta menggunakan kemasan 100% FSC® Mix, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan laptop seri Zenbook yang paling ramah lingkungan. ASUS melalui Zenbook berkomitmen pada prinsip "Do More with Less". Siklus hidup laptop yang ramah lingkungan ini pun telah mendapatkan pengakuan internasional melalui didapatkannya sertifikasi EPEAT® Gold. Mulai dari bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, hingga proses daur ulang di akhir masa pakai, siklus hidup Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah dirancang untuk meminimalkan jejak karbon, menjadikannya laptop yang ramah lingkungan.




Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki keunikan tersendiri dengan dilengkapi bodi berbahan plasma-ceramic aluminium. Bahan ini diproses dengan teknik eksklusif yang hanya memerlukan air murni dan listrik, tanpa kebutuhan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Teknik khusus ini tidak hanya menghasilkan bodi yang tahan korosi, memiliki durabilitas lebih baik, serta memiliki masa pakai yang panjang, tetapi juga meminimalkan dampak kerusakan terhadap lingkungan.

 

Selain itu, Zenbook S 13 OLED (UX5304) menunjukkan efisiensi energi yang sangat tinggi dan telah melebihi standar ENERGY STAR® sebesar 43%. Seluruh upaya tersebut dilakukan agar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat menjadi laptop dengan zero carbon emission.

 

Berikut Spesifikasi Zenbook S 13 OLED (UX5304) :

 

CPU                         : Intel® Evo™ Platform

Intel® Core™ i7-1355U Processor 1.7 GHz (12MB Cache, up  

to 5.0 GHz, 10 cores, 12 Threads)

Operating System           : Windows 11 Home

Memory                   : 16GB DDR5

Storage                    : 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD

Display                     :

13,3-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker

Graphics                  : Intel® Iris Xe Graphics

Input/Output             :

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity             : Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Camera                    : 1080P FHD IR Camera for Windows Hello

Audio                       : AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res  

                                certification, Smart Amp Technology

Battery                     : 63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimension                : 29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm

Weight                     : 1 Kg

Colors                      : Basalt Grey

Price                        : Rp23.999.000

Warranty                  : 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect

                                Warranty

 

 

Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah berhasil menggabungkan portabilitas luar biasa dan konektivitas lengkap dalam desain yang tipis dan ringan bahkan menjadi laptop tertipis di dunia, sambil menawarkan performa komputasi yang kuat dan pengalaman visual yang tak tertandingi. Komitmen kuatnya terhadap keberlanjutan, laptop ini menetapkan standar baru untuk era laptop ultraportabel yang ramah lingkungan (eco friendly) dengan penggunaan bahan daur ulang, dan efisiensi energi sangat tinggi yang ditunjukkan dengan sertifikasi EPEAT® Gold dimana semua ini mewakili masa depan teknologi.

 

Hadir dengan bobot hanya 1 kg dan ketebalan 1 cm berkat penggunaan teknik manufaktur canggih dan material yang ringan namun kuat. Di balik semua itu, laptop ini tetap mempertahankan konektivitas yang lengkap dengan berbagai port I/O, termasuk dua port USB Type-C® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI® 2.1, dan 3.5mm combo audio jack. Penekanan pada portabilitas dan efisiensi tanpa mengorbankan konektivitas menandai Zenbook S 13 OLED (UX5304) sebagai pemimpin dalam evolusi laptop ultraportabel.

 

Di sisi performa, Zenbook S 13 OLED (UX5304) menawarkan pengalaman komputasi yang powerful dan efisien dengan menggunakan prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U bersertifikasi Intel® Evo™ platform, yang dipadukan dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB, serta kapasitas betarai sebesar 63 Whrs. Selain itu, laptop ini menyajikan pengalaman visual terbaik melalui layar ASUS Lumina OLED dengan resolusi 2.8K, yang menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat.



Tak perlu diragukan lagi, Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir untuk menjawab seluruh kebutuhan para pengguna laptop yang menginginkan laptop yang ringan, material kuat dan ramah lingkungan, performa maksimal, port lengkap, layar cemerlang dan aman bagi mata, baterai kuat, dengan sistem pendinginan yang lebih baik. Semuanya tersemat dalam ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang telah tersedia di seluruh official store resmi ASUS.

 

Author : Risa Mutia

 

Referensi :

https://www.asus.com/id/

https://ictframe.com/asus-worlds-slimmest-and-most-eco-friendly-zenbook-s-13-oled-in-nepal/

https://shopee.com.my/asus.os.pcimage

https://www.techadvisor.com/article/1945828/asus-zenbook-s-13-oled-2023-review.html

https://www.pricebook.co.id/article/review/13362/review-asus-zenbook-s13-oled-ux5304

 

 

 

No comments