Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Tips Memilih Life Jacket Biar Tidak Salah Pilih

Bagaimana tips memilih life jacket yang tepat? Biar tidak salah pilih, simak panduan lengkapnya berikut ini!


Life jacket adalah jaket pelampung yang biasanya tersedia di dalam kapal dan pesawat. Termasuk dalam APD (Alat Pelindung Diri), life jacket merupakan benda penting yang wajib dibawa untuk beberapa kegiatan, seperti memancing atau pun rafting. Di pasaran, ada banyak jenis dan bahan life jacket yang ditawarkan. Untuk itu, penting memilih life jacket yang benar sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Life Jacket Biar Tidak Salah Pilih

Bahan atau Material yang Digunakan

Pertama adalah dengan memperhatikan bahan atau material yang digunakan. Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk membuat life jacket dibagi menjadi 2, yaitu :

·        Inherently buoyant life jacket (bahan busa)

·        Inflatable life jacket (bahan udara atau CO2)

Selain itu, hal yang menjadi pembeda dari kedua jenis life jacket tersebut adalah bahan lapisan luarannya. Umumnya, lapisan luar life jacket menggunakan bahan anti air seperti polyester, nilon dan parasut. Masing – masing bahan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Memeriksa Daya Apungnya

Selanjutnya adalah memeriksa daya apung dari life jacket yang akan dipilih. Pasalnya, daya apung akan mengalami pengurangan dalam waktu 1 x 24 jam dari daya apung awalnya ketika ada di atas air. Biasanya daya apung tersebut adalah daya apung maksimal dari life jacket itu sendiri.

Life jacket pastinya tidak akan memiliki kemampuan menopang tubuh dengan baik jika bobot Anda melebihi daya apungnya. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui daya apung life jacketnya terlebih dulu sebelum membeli.

Memastikan Ukuran Life Jacketnya

Dikarenakan dalam penggunaan life jacket berkaitan dengan nyawa seseorang, maka sistem keamanannya harus diperhatikan dengan baik. Ukuran life jacketnya sendiri menjadi salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya, sebab akan menentukan keamanan sebuah produk. Apabila Anda memilih yang terlalu longgar, maka penggunaan life jacket menjadi sia – sia sebab tidak akan melindungi Anda dengan maksimal.

Di pasaran tersedia berbagai ukurna life jacket, mulai dari S, M, L, XL dan double XL. Masing – masing ukuran ini sudah dituliskan range bobot yang bisa menggunakannya, misalnya ukuran S untuk bobot 30 kg – 45 kg.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan atau Kegiatan

Tipe dan jenis life jacket ada banyak ragamnya. Pilih jenis life jacket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan Anda. Berikut kami jelaskan jenis life jacket yang bisa Anda jadikan acuan saat membeli life jacket nanti :

·        Offshore life jacket. Memiliki desain bagian belakang lebih tinggi sampai menutupi kepala dan telinga.

·        Near shore life jacket. Jenis ini didesain dengan warna cerah dan dilengkapi peluit serta lampu.

·        Flotation aid life jacket. Model life jacket berikut ini lebih simpel sebab memiliki bentuk yang pas di badan sehingga penggunanya bisa bebas bergerak.

·        Throwable device. Life jacket tersebut berbentuk bulat dan digunakan untuk dilempar langsung kepada seseorang yang mengalami kesulitan, seperti tidak bisa berenang atau pingsan.

·        Special use device. Jenis ini memiliki daya apung tinggi dan digunakan untuk kegiatan berstandar khusus, seperti rescue dan beberapa jenis pekerjaan penyelamatan lainnya.

Memilih yang Tipe Automatic

Ini adalah jenis terakhir yang memiliki tuas tali yang langsung terhubung dengan tabung gas. Ketika tuas tali tersebut ditarik, maka life jacket secara otomatis akan mengembang. Dengan memilih life jacket tersebut maka Anda bisa mendapatkan kepraktisan ketika mengenakannya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips memilih life jacket biar tidak salah pilih. Semoga bermanfaat.

No comments