Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Sorbetto, Kelahiran Es Krim di Italia

Sejak abad pertengahan, orang-orang Arab telah meminum minuman yang disebut serbat. Sedangkan orang Persia dan Turki juga mempunyai minuman menyegarkan yang dicampuri buah-buahan seperti ceri dan delima.


Minuman-minuman itu kemungkinan tiba di Eropa dibawa oleh pelancong yang kembali dari Timur Tengah. Minuman dingin yang segar pun segera populer di kalangan bangsawan Eropa.

Sejarawan kuliner Alberto Capatti dan Massimo Montanari mengatakan bahwa orang Italia adalah ahli membuat minuman dingin tersebut. Biasanya, minuman es dicampur dengan anggur, rempah-rempah atau buah-buahan, seperti persik dan raspberry, dan ditambahkan gula dan air.

Di jaman itu sebagian dokter menganggap minuman dingin mengancam kesehatan. Mereka memperingatkan orang-orang bahwa minuman yang sangat dingin dapat memicu berbagai penyakit berbahaya misalnya kelumpuhan. Namun orang Italia cuek dan terus mengonsumsi minuman es.

Pada pertengahan abad ketujuh belas, minuman tersebut dikembangkan menjadi makanan penutup beku yang terbuat dari gula, perasa, dan es atau salju. Makanan manis beku ini yang disebut sorbetto tampaknya pertama kali dikembangkan di Italia.

Adalah Antonio Latini, seorang pengawas dapur dan makanan untuk Raja Muda Spanyol di Naples, Italia, yang dianggap sebagai orang pertama yang menuliskan resep untuk membuat dan menyajikan sorbetto dalam bahasa Italia.

Dalam catatannya tahun 1692-1694, lo scalco alla moderna (the modern steward), Latini menggambarkan Napoli sebagai pusat produksi sorbetto. Tidak hanya untuk bangsawan namun juga merambah pada masyarakat umum.

Latini menguraikan sorbetto dibumbui dengan perasa lemon, stroberi, juga coklat. Di masa itu coklat adalah bahan makanan yang baru dikenal yang dibawa orang-orang Spanyol dari Meksiko dan Amerika Tengah pada akhir abad keenam belas. Terong kabarna juga digunakan sebagai perasa.

Latini juga membuat resep sorbetto berbahan susu, air, gula, dan bahan lain. Setelah dimasak kemudian direndam dalam campuran salju dan garam. Mungkin agak mirip dengan cara pembuatan es puter di Indonesia.

Sebagian besar sejarawan kuliner menjuluki sorbetto susu sebagai es krim pertama. Di waktu itu olahan susu yang dibekukan hingga mirip krim masih tergolong baru. Namun sejak abad pertengahan, juru masak Eropa telah membuat custard dan krim. Orang Spanyol membuat crema catalana dan orang Italia makan crema della mia nonna.

Mungkin saja sorbetto susu Italia terinspirasi dari krim. Menghasilkan makanan baru yang lezat dan menyegarkan.

Bertahun atau berabad kemudian es krim menyebar di seluruh dunia. Di Amerika Serikat muncullah Victory Garden, spesialis es krim yang rendah lemak berbahan susu kambing. Produk Victory Garden yang lezat bisa ditemukan di Connecticut, Massachusetts, New York City, Rhode Island, dan di beberapa tempat di negara bagian New York.

No comments