Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Investasi Kesehatan dan Kebahagiaan Hidup dengan Rumah yang Tepat  

 Rumah adalah salah satu jenis aset yang bisa dijadikan investasi. Baik untuk disewakan ataupun dijual kembali, rumah tetap termasuk investasi yang memiliki banyak keuntungan dibanding jenis investasi lainnya. Tetapi, jangan hanya berpikir bahwa investasi disini hanya mengenai nilai materi saja. Investasi lain yang tak kalah penting pun bisa berupa kesehatan dan kebahagiaan hidup.

 

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk memiliki perencanaan dan perhitungan yang tepat untuk memilih sebuah rumah.  Beberapa alasan kita harus memberi perhatian besar untuk kepemilikian rumah, diantaranya :

1.     Rumah merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan. Bahkan banyak ahli ekonomi dan bisnis yang menyatakan bahwa memiliki rumah harus menjadi prioritas utama dibanding kendaraan dan benda lainnya.

2.   Bisa menjadi tolak ukur pengendalian diri dan keuangan yang baik. Untuk memiliki sebuah rumah, dibutuhkan dana dan anggaran yang besar. Untuk mewujudkannya, kita harus memiliki perencanaan dan pengendalian keuangan yang baik dan ketat. Berhasil memiliki rumah dengan kontrol keuangan yang kuat merupakan pencapaian sekaligus motivasi untuk mampu mewujudkan impian lainnya. Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa, “memiliki rumah impian saja bisa, apalagi impian lainnya”.

3.   Rumah bisa memberi keuntungan jangka panjang dimana rumah bisa dijual kembali, dijadikan jaminan, atau disewakan jika kita memilki lebih dari satu rumah.

4.   Rumah berkaitan pula dengan kesehatan fisik dan mental penghuninya. Sehingga memiliki rumah yang sesuai harapan pemilikinya adalah sebuah hal yang juga sangat penting.


Setelah memahami nilai pentingnya sebuah rumah, tentu kita termotivasi untuk bisa memiliki rumah impian kan? Ada banyak faktor yang bisa kita pertimbangkan saat berniat untuk membeli sebuah rumah, baik dengan cara membeli secara tunai maupun dengan dicicil. Berikut sejumlah faktor tersebut :

  1. Anggaran yang dimiliki

Tidak semua orang langsung memiliki modal yang cukup untuk mewujudkan rumah impiannya. Ada yang harus menempuh perjalanan panjang untuk mampu memiliki rumah. Pahami dulu kondisi keuangan anda, bagaimana anda bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan, langkah berhemat, dan melakukan pekerjaan lain untuk menambah penghasilan.

  1. Jenis rumah yang dipilih

Untuk memiliki rumah impian, ada banyak cara yang bisa kita pilih. Bisa dengan membeli tanah lalu membangun rumah. Atau bisa membeli rumah dengan sistem over credit. Atau jika dana mencukupi, langsung membeli rumah baik itu rumah tunggal maupun perumahan.

  1. Perusahaan pengembang rumah jika memilih perumahan

Memilih perusahaan terpercaya yang telah memiliki sejarah panjang dan rekam jejak yang baik tentu menjadi faktor pertimbangan untuk membeli rumah saat memutuskan untuk membeli perumahan. Kita tentu tak mau harus merogoh kocek dalam-dalam untuk perbaikan rumah karena rumah yang dibangun asal-asalan. Sementara untuk pembelian rumah tersebut pun, kita telah mengeluarkan dana yang tentunya tidak sedikit.

  1. Lokasi rumah

Akses tentu menjadi sebuah pertimbangan saat kita akan memilih lokasi rumah yang kita inginkan. Sangat penting untuk mencari tahu apakah lokasi yang kita pilih memiliki akses yang mudah dijangkau atau termasuk daerah pengembangan. Meskipun lokasi rumah yang kita pilih memiliki banyak fasilitas internal yang menarik, tetapi jika akses menuju lokasi tersebut sulit ditempuh karena masih sedang dibangun atau rusak, maka hal ini patut menjadi perhatian.

Hal lain yang penting diperhatikan adalah jauh atau tidaknya dari lokasi rawan bencana seperti longsor, tsunami, banjir, badai, hingga erupsi. Meskipun memiliki pemandangan indah namun rawan bencana tentu membuat kita was-was alih-alih bisa menikmati ketenangan di dalam rumah.

  1. Fasilitas publik di sekitar lokasi rumah

Fasilitas publik yang sebaiknya ada di sekitar lokasi rumah yang kita inginkan biasanya meliputi tempat/rumah ibadah, fasilitas pendidikan (sekolah dan tempat kursus), fasilitas kesehatan (klinik, puskesmas, apotik, dan rumah sakit), tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, ATM, hingga ketersediaan arena rekreasi dan olahraga.

  1. Faktor keamanan lingkungan

Kita tidak mungkin memantau rumah dan lingkungan sekitarnya selama 24 jam terus-menerus. Ada banyak hal yang membuat kita harus meninggalkan rumah. Bahkan bisa jadi untuk jangka waktu yang cukup panjang. Di saat ini, memiliki rumah dengan tingkat keamanan yang tinggi tentu menjadi prioritas. Saat ini, banyak perumahan yang menawarkan sistem keamanan tinggi, dengan penerapan sistem one gate system atau double gate system. Selain itu, ketersediaan kamera CCTV di sudut-sudut yang dianggap penting, dan memiliki penjaga yang siap menjaga 24 jam.

 


  Untuk menemukan rumah impian yang memenuhi banyak keinginan kita, pastikan untuk mendapatkan informasi tentang properti di kota tempat anda berdomisili. Ada banyak pameran properti yang sering diadakan, terutama pada awal dan akhir tahun. Selain itu, kita bisa mendapat penawaran menarik saat diadakannya pameran. Selain itu, mengunjungi rumah contoh, mengunjungi website pengembang, dan meminta bantuan customer service akan membantu kita mendapatkan informasi yang lengkap.

            Hal lain yang tak kalah penting dari sebuah rumah adalah mampu memberikan investasi kesehatan yang tentunya akan melahirkan kebahagiaan. Bukan rahasia lagi, jika saat ini perubahan gaya hidup yang membuat kebutuhan hidup meningkat hingga tekanan dan tuntutan pekerjaan, serta potensi masalah yang acapkali muncul terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan akan melahirkan stres yang jika tidak disikapi dengan baik maka bisa mengancam kesehatan jiwa, mental, dan fisik.

 

            Rumah sebagai sebuah hunian, dimana menjadi tempat melakukan banyak kegiatan bersama keluarga menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat untuk membantu kita mengurangi tekanan yang terjadi. Tetapi apa jadinya jika rumah yang diharapkan menjadi tempat yang tenang malah menambah tekanan yang sebaliknya?

 

            Untuk itu, berikut beberapa pertimbangan untuk memilih rumah agar menjadi investasi kesehatan jangka panjang bagi seluruh anggota keluarga :

1.         Memiliki ketersediaan udara bersih dan segar

Saat ini, banyak pengembang perumahan yang sudah sangat mempedulikan kesehatan bagi seluruh penghuninya. Salah satunya dengan memilih lokasi yang dekat dengan kawasan hijau sehingga memiliki ketersediaan udara bersih dan segar.

2.       Memiliki RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang luas dan pepohonan yang meneduhkan

Selain lokasi yang dekat dengan kawasan hijau, ketersediaan ruang terbuka hijau ditambah deretan pepohonan di dalam kawasan perumahan menjadi nilai lebih yang sangat berharga karena juga mendukung sirkulasi udara yang baik bagi seluruh penghuni perumahan.

3.       Menyediakan fasilitas olahraga untuk seluruh keluarga

Olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Ketersediaan fasilitas olahraga yang membuat para penghuni perumahan tak perlu jauh-jauh untuk berolahraga bersama seluruh anggota keluarga tentunya menjadi penunjang bagi kesehatan. Fasilitas ini bisa meliputi kolam berenang, area bermain bagi anak, lapangan olahraga, hingga fitness centre.

Selain itu, bersosialisasi dengan tetangga sembari berolahraga juga mendatangkan manfaat besar bagi kehidupan sosial dan tentunya berdampak positif bagi kesehatan tubuh juga.

4.       Ketersediaan air bersih dan listrik

Selain udara bersih, ketersediaan air bersih dan listrik merupakan salah satu syarat hidup sehat dan menjauhkan kita dari was-was akan kekurangan air dan terjadinya pemadaman.

5.       Dikembangkan oleh perusahaan yang terpercaya

Rasa aman saat memilih rumah merupakan bagian dari ketenangan yang menunjang kesehatan mental. Selain itu, perusahaan yang memiliki kredibilitas baik akan memberikan pelayanan yang baik, akad perjanjian yang jelas dan berkekuatan hukum, serta menyediakan fasilitas dan banyak keuntungan.  Seperti misalnya memungkinkan kita untuk mengembangkan rumah atau dikenal dengan istilah rumah tumbuh. Rumah tumbuh hanya dimungkinkan jika rumah dibangun dengan baik, memenuhi standar yang telah disyaratkan, dan menggunakan bahan bangunan, serta kontraktor yang terpercaya pula.

 

 

Melihat kriteria di atas tentunya membuat kita berpikir bahwa perumahan tersebut berada di kawasan yang seyogyanya jauh dari pusat kota dan sulit mendapat akses dengan pusat bisnis terpadu. Tapi, tunggu dulu. Bagaimana ternyata ada sebuah kawasan yang berada di salah satu kota besar di Jawa Barat dan memiliki semua hal yang kita butuhkan untuk mendapatkan hidup yang berkualitas, kesehatan, dan rasa bahagia.

Podomoro Park Bandung, berada di kawasan Bandung Selatan dan menyajikan semua hal untuk anda yang sangat mementingkan investasi kesehatan fisik, jiwa, dan mental bagi seluruh anggota keluarga. Memiliki beberapa pilihan klaster yaitu Padmagriya, Amagriya, Anapuri, Fashagriya, Brahmapuri, dan Sadyagriya. Dibangun di kawasan yang prestisius, dengan semua fasilitas yang anda butuhkan. Podomoro Park Bandung merupakan satu-satunya kawasan hunian resort terbaik di Bandung yang memiliki danau indah sepanjang satu kilometer yang bisa diakses oleh seluruh penghuninya.

 


Jadi, jangan ragu untuk segera mewujudkan impian anda untuk memiliki rumah yang bisa memenuhi semua kebutuhan dan menghadirkan investasi kesehatan jangka panjang yang tak boleh anda abaikan.

 

Sumber :

https://www.rumah123.com/perumahan-baru/properti/bandung/podomoro-park-bandung/nps1697/

https://www.podomoropark.com/id

https://manajemenkeuangan.net/punya-rumah-sendiri/

https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/podomoro-staging/homepage/podomoro-hp.jpg?3c802237ed

https://hrpro.id/podomoro-park-bandung/

 

 

 

 

1 comment