Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

7 (tujuh) Produk Lokal Unggulan Dengan Kualitas Bersaing Buatan UMKM Indonesia



Indonesia memiliki lebih dari 64 juta pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) yang memiliki peran sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Pandemi covid-19 turut membawa dampak bagi UMKM. Selain dampak negatif berupa penurunan omset, permintaan pasar dan pengurangan tenaga kerja, terdapat pula dampak positif, yaitu peningkatan penggunaan teknologi digital oleh UMKM. Saat ini, jumlah UMKM yang telah menggunakan teknologi digital (e-commerce) mencapai 12 juta lebih (data Februari 2021). Jumlah ini bahkan melampaui target pemerintah yakni sebesar 10 juta pada akhir tahun 2020 lalu. 

 

 Selain itu, jenis produk UMKM yang telah dipasarkan di e-commerce juga semakin beragam. Diantaranya seperti yang dipasarkan melalui Blibli. Mulai dari produk kuliner, fashion, agrobisnis, kerajinan tangan, hingga digital, kosmetik, dan otomotif. Soal kualitas, produk milik UMKM Indonesia ternyata mampu bersaing dengan produk impor sehingga kita sudah selayaknya bangga buatan Indonesia. Ini dibuktikan dengan banyaknya jenis produk lokal yang telah memenuhi kualitas termasuk kualitas ekspor. 

Di antara beragam jenis produk lokal buatan UMKM, berikut ini 7 (tujuh) jenis produk lokal unggulan dengan kualitas bersaing buatan UMKM Indonesia yang akan membuatmu makin bangga buatan Indonesia : 

 

1.        Madu

Siapa yang tak kenal khasiat madu. Beberapa manfaat madu diantaranya adalah untuk menambah energi, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga meningkatkan kesehatan pencernaan. Kekayaan alam Indonesia termasuk flora dan fauna, juga turut menambah khasanah jenis madu asli buatan Indoesia. Diantaranya madu hutan, madu kelulut, madu randu, dan sebagainya. Jenis madu ini sangat ditentukan oleh jenis bunga yang nektarnya diisap oleh lebah dan tentu saja prosesnya.  Itu sebabnya madu juga memiliki rasa yang beragam. Ada yang dominan rasa asam, ada yang kecut, ada juga yang sedikit pahit. Namun semuanya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. 



2.        Sambal

Bagi orang Indonesia, makan belum lengkap tanpa kehadiran sambal. Kini, kamu tidak perlu bingung dan repot lagi untuk melengkapi hidangan makanmu dengan sambal favorit. Di laman Blibli terdapat beberapa pilihan sambal siap santap seperti milik brand Sambal Mama Ni yang terdiri dari Sambal Cumi Asap Pedas, Sambal Oseng Tuna Asap Pedas, dan masih banyak lagi. Ada pula sambal dari brand Sambal Gonze yang mengeluarkan varian Original, Cumi Sambal dan Teri Sambal. Dari varian rasanya saja sudah menggugah selera ya.

 

3.        Kopi

Sebagai salah satu komoditas penting dalam perdagangan dunia, kopi merupakan salah satu minuman favorit warga dunia. Kafein dalam kopi berperan untuk meningkatkan energi. Selain itu, kopi juga memiliki berbagai senyawa antioksidan seperti polifenol, flavanoid, proantosianidin, kumarin, asam klorogenat,dan tokoferol yang membantu tubuh untuk menangkal efek kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Indonesia termasuk negara yang kaya akan beragam jenis kopi pilihan. Ada kopi Arabika dari merk Redo, Gayo Land Coffe, Kopi Moup, Makanja, dan Kucing Hitam Espresso Based.

 


4.        Sepatu

Sepatu produksi UMKM Indonesia memiliki kualitas yang tak kalah dari brand luar. Sepatu lokal ini bahkan diprediksi akan mendominasi penjualan pasar lokal tanah air. Selain tampilan sepatu yang semakin menarik atau dikenal dengan istilah eye catching, material pembuat sepatu lokal Indonesia pun memiliki bahan yang bagus. Beberapa sepatu yang bisa kamu pesan di laman Blibli antara lain berjenis sepatu kulit, sepatu safety, dan sepatu formal.

 

5.        Tas

Indonesia dikenal menghasilkan produk tas yang sangat beragam. Selain itu, unsur etnik ikut pula menambah keunikan tas-tas dari Indonesia. Mulai dari tas motif batik, tenun, anyam, dan sebagainya. Kualitas tas produksi UMKM ini juga tidak perlu diragukan lagi. Di laman Stimulus Blibli, kamu dengan mudah akan menemukan beberapa tas dengan bahan kulit asli dengan model yang sangat menarik.

 

6.        Furnitur

Memiliki rumah dengan interior dan furnitur yang menarik tentu menjadi dambaan banyak orang. Di laman Blibli, kamu juga bisa memilih furnitur buatan lokal yang akan mempercantik tampilah interior rumahmu. Ada meja lipat dinding, rak TV, hingga meja tamu minimalis.

 

7.        Batik

Sebagai warisan Budaya Takbenda Indonesia ke-3 setelah keris dan wayang yang masuk ke daftar ICH UNESCO, batik Indonesia memang telah mendunia. Hal ini tentu menambah rasa bangga buatan Indonesia. Bagi kamu yang ingin menambah koleksi batikmu, kamu bisa langsung meluncur ke laman Blibli. Disana tersedia pilihan batik dalam berbagai mode busana seperti kemeja, jaket, gamis hingga outer.

 

Itulah 7 (tujuh) jenis produk lokal unggulan dengan kualitas bersaing buatan UMKM Indonesia yang akan menambah rasa bangga buatan Indonesia. Selain itu, tersedia pula ratusan produk lokal buatan UMKM yang tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Dengan berbelanja produk lokal, kita tidak hanya dapat menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap buatan Indonesia, tetapi juga dapat mendorong pengembangan UMKM di tanah air yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian bangsa pada umumnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo kunjungi Blibli, temukan produk lokal buatan UMKM favoritmu, and happy shopping!

 

Sumber :

https://www.blibli.com/

https://money.kompas.com/

https://www.banggabuatanindonesia.co.id/

https://bbi.kemendag.go.id/

 

 




1 comment