Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Liburan Aman, Nyaman, dan Ramah Lingkungan Dengan Elecric Vehicle di The Nusa Dua Bali

 


Pariwisata di Indonesia tak bisa lepas dari pesona Pulau Dewata, Bali. Sebagai tujuan utama pariwisata di tanah air, sejarah panjang Bali sebagai sebuah tujuan wisata bagi turis mancanegara maupun domestik telah membuktikan bahwa Bali memang tepat sebagai andalan wisata Indonesia. Sejak tahun 1920-an, Bali bahkan telah dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budaya.

 

Bali memiliki banyak pilihan wisata, mulai dari deretan pantai yang eksotis, gunung, wisata budaya, hingga wisata buatan yang melengkapi dan mengukuhkan Bali sebagai tempat wisata yang tak boleh dilewatkan di Indonesia. Beberapa tempat wisata di Bali diantaranya Pura Tanah Lot, Pantai Kuta, Pura Uluwatu, Bali Safari Marine Park, Ubud Monkey Forest, Sawah Terasering Tegalalang, Pura Besakih, Garuda Wisnu Kencana hingga Nusa Penida.

 

Selain beberapa destinasi wisata di atas, sebuah kawasan pariwisata terintegrasi yang juga dimiliki Bali adalah The Nusa Dua. The Nusa Dua merupakan salah satu kawasan pariwisata bertaraf internasional yang terletak di Kabupaten Badung. Memiliki luas 350 ha, kawasan ini menjadi kawasan percontohan pariwisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Bali dan Indonesia karena masuk ke dalam salah satu kawasan pariwisata terbaik di dunia.

 

sumber : liputan6.com

Nama Nusa Dua sendiri diambil dari dua buah pulau yang dipisahkan dengan pasir putih. Nusa berarti pulau dan dua bermakna dua. Dibangun sejak tahun 1974, kawasan ini memiliki fasilitas pariwisata yang sangat lengkap. Memiliki lebih dari sepuluh hotel seperti Amarterra Villas Bali Nusa Dua – M Gallery Collection, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Grand Hyatt Bali, Kayumanis Nusa Dua Private Villa & Spa, Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Mercure Bali Nusa Dua, Melia Bali, Grand Whiz Hotel Nusa Dua, Merusaka Nusa Dua, The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Ayodya Resort Bali, Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali Nusa Dua Convention Center dan Bali Nusa Dua Hotel, Novotel Bali Nusa Dua Hotel, serta Renaissance Bali Nusa Dua Resort.

 

Fasilitas lainnya adalah rumah sakit, restoran, Yoga and Health Club, Pusat Perbelanjaan, Museum, lapangan golf, area olahraga serta beragam pertunjukan. Kawasan ini juga telah menerima sertifikat CHSE (Clean, Health, Safety & Environment)sejak Agustus 2020 lalu. Sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan. 

 

Menyikapi pandemi yang melanda dunia, The Nusa Dua juga telah menyiapkan diri mengantisipasi hal tersebut. Sehingga bagi para wisatawan baik mancanegara maupun domestik tidak perlu khawatir untuk berkunjung dan berlibur ke kawasan ini. Selain sertifikat CHSE yang telah dikantongi, The Nusa Dua Bali juga telah mengimplementasikan aplikasi PeduliLindungi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi turis yang datang berkunjung, berlibur, dan menetap di kawasan ini. Penggunaan aplikasi itu merupakan implementasi dari program digital tracing COVID-19 PeduliLindungi di lokasi pariwisata yang diluncurkan Kementerian Kesehatan, Pemprov Bali, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) serta GIPI Bali/BTB.

 

Project EV Smart Mobility

Untuk melengkapi semua fasilitas di kawasan ini, yang terbaru adalah Project Electric Vehicle (EV) Smart Mobility di Bali. Project ini sejalan dengan peringatan 50 tahun Toyota hadir di Indonesia. Menghadirkan ecotourism yang terintegrasi dengan produk–produk elektrifikasi Toyota berteknologi (BEV) dan (PHEV), Toyota memberikan komitmen untuk mengenalkan dan membuat masyarakat memiliki pemahaman yang baik terhadap teknologi elektrifikasi.

 

Project EV Smart Mobility ini didukung oleh 13 partner yakni PT Astra International Tbk., Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Denso Indonesia, PT KDDI Indonesia, PT Asuransi MSIG Indonesia, PT Panasonic Gobel Indonesia, PT Sugity Creatives, PT Toyota Astra Financial Services, Toyota Industries Corporation, PT Toyota Tsusho Indonesia, dan TCD Asia Pacific Indonesia. Sementara untuk menangani aktivitas operasional project EV Smart Mobility, Toyota juga menggandeng PT Serasi Auto Raya (SERA).

 

Project ini juga bagian dari dukungan Toyota dan prinsipal terhadap proyek pemerintah untuk mempopulerkan teknologi elektrifikasi termasuk untuk kendaraan (vehicle). Hal ini juga merupakan langkah nyata untuk teknologi ramah lingkungan yang sedang digalakkan pemerintah.

 

 

Untuk memberikan pilihan lengkap bagi para pengguna, project EV Smart Mobility ini menyediakan 3 lineup kendaraan elektrifikasi Toyota dengan total 30 unit, terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV. Semuanya disiapkan secara khusus untuk project ini.

 

Project yang mendukung ecotourism atau pariwisata ramah lingkungan ini yang dapat digunakan oleh masyarakat dan wisatawan dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya adalah Full Battery EV yaitu Toyota COMS dan C+pod. Sedangkan Toyota Prius PHEV bisa digunakan sebagai layanan airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai serta sebagai kendaraan untuk bermobilitas di wilayah Bali. Selain mendukung ecotourism di kawasan The Nusa Dua Bali khususnya, lebih jauh lagi, project ini juga dilengkapi dengan teknologi panel surya atau solar panel guna memenuhi kebutuhan shelter/station untuk mengisi daya listrik pada kendaraan elektrifikasi Toyota. Hal ini sekaligus untuk menerapkan green dan renewable energy.

 

Diharapkan dengan adanya project ini, akan banyak masyarakat dan wisatawan yang akan merasakan kendaraan BEV dan PHEV Toyota. Pengguna juga bisa memberikan masukan, saran, dan tanggapan untuk pengembangan project ini ke depannya. Hal ini akan membantu Toyota untuk memahami kebutuhan masyarakat, mendukung program kendaraan ramah lingkungan dengan bahan bakar yang bisa diperbaharui sekaligus meraih komitmen terhadap elektrifikasi massal di Indonesia.

 

Untuk bisa menggunakan layanan di EV Smart Mobility ini, ada dua cara yang bisa digunakan oleh calon pengguna. Yang pertama adalah dengan datang langsung ke station di depan central parkir The Nusa Dua (depan Bali Collection) atau ke station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua.

 

Cara kedua adalah dengan mengakses layanan ini secara digital di aplikasi mToyota dan TRAC To Go. Berikut link untuk menginstal aplikasi ini.

 

·      Link GooglePlay Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trac.tractogo&hl=en&gl=US 

 

·      Link Apple App Store :https://apps.apple.com/us/app/trac-to-go/id1459840738 

 

Setelah menginstal layanan digital ini, pengguna bisa langsung masuk dan melihat bagian promo. Pengguna akan bisa merasakan pengalaman baru berkendara dengan menggunakan Toyota Electric Vehicle di kawasan The Nusa Dua dengan harga promo, mulai dari harga Rp 55K saja. Tersedia 3 tipe Electric Vehicle (EV) seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu Toyota COMS (BEV), Toyota C+pod (BEV), dan Toyota Prius PHEV.

 


 

Semua electric vehicle Bali ini sangat nyaman digunakan di area The Nusa Dua. Pengguna bisa menikmati pemandangan yang sangat memukau di kawasan ini. Semua layanan ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut Pricelist yang ditawarkan :

Unit

Service

Price

Details

COMS

Self drive/hour Self

IDR55,000

PPN Included

C+POD

Self drive/hour Self

IDR88,000

PPN Included

Prius

Self drive/day

IDR550,000

PPN Included

Prius

With driver 4h

IDR435,000

BBM+PPN Included

Prius

With driver 12h

IDR985,000

BBM+PPN Included

 

Bagi pengguna yang ingin menikmati suasana The Nusa Dua Bali sendiri, bisa memesan tipe COMS, dan EV ini bisa dikendarai dengan kecepatan 40—50km/hour di jalan yang datar. Sedangkan untuk tipe dengan dua penumpang, bisa memesan tipe C+POD. Tipe ini memiliki kecepatan >55km/hour dengan kondisi jalan yang lebih variatif.

 

Semua informasi mengenai syarat dan ketentuan penyewaan EV juga tersedia lengkap di aplikasi TRAC To Go. Pengguna tinggal mengikuti ketentuan tersebut sehingga bisa menikmati pengalaman berkendara dengan EV dengan nyaman dan aman.

 

Untuk menambah kenyamanan pengguna EV ini, Toyota telah melengkapi unit Toyota C+pod dan Toyota Prius PHEV dengan fitur Digital Key sehingga pengguna dapat melakukan seluruh akses secara digital. Mulai dari booking, payment, hingga akses seperti membuka dan mengunci pintu mobil dan juga menyalakan mobil hanya dengan menggunakan smartphone pengguna.

 

Kemudahan digitalisasi ini membuat pengguna bisa menggunakan kendaraan tanpa perlu kontak langsung dengan banyak orang. Hal ini sangat penting mengingat penerapan protokol kesehatan yang wajib dilakukan. 

 

Pengguna juga tidak perlu khawatir untuk menggunakan kendaraan ini karena seluruh EV Smart Mobility disterilisasi sebelum dan sesudah digunakan. Sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman mobilitas dengan kendaraan elektrifikasi Toyota yang nyaman, menyenangkan, mudah, dan aman.

 


 

Pihak The Nusa sangat mendukung program ini karena sejalan dengan komitmen ITDC untuk mewujudkan Eco Sustainable Tourism di kawasan tersebut. Project ini juga menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali Energi Bersih yang merupakan program Pemerintah Provinsi Bali serta sebagai wujud dukungan ITDC atas Peraturan Presiden No.55/2019, demikian menurut Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC.

 

Selain itu, project ini juga sangat mendukung implementasi protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) yang telah lebih dulu didapatkan oleh kawasan The Nusa Dua Bali. Semua hal ini akan mewujudkan The Nusa Dua Bali sebagai tujuan wisata yang berkualitas, bertaraf internasional yang aman, nyaman, bersih, ramah lingkungan dan akan menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan untuk berkunjung. Terutama sejak pandemi yang berimbas ke banyak sektor, termasuk sektor pariwisata.

 

Pemerintah Provinsi Bali juga sangat mendukung kerjasama dan project ini, yang selaras dengan Peraturan Gubernur Bali No. 48 tahun 2019 dan Visi Pembangunan Daerah Bali. Hadirnya EV ini mendukung program pemerintah daerah untuk menjaga alam dan lingkungan Bali yang bersih, meningkatkan kualitas pariwisatanya serta membantu pemerintah daerah untuk mengatasi masalah lingkungan yang terjadi sebagai imbas industri pariwisata di wilayah ini.

 

Referensi :

https://www.toyota.astra.co.id/

https://www.trac.astra.co.id/

https://travel.detik.com/

https://www.liputan6.com/

https://id.berita.yahoo.com/

https://www.wisata-bali.com/

 

16 comments

  1. wah keren ya fitur2nya Toyota yang baru, dan aku tuh udah lama jadi pengguna TRAC TO GO, nyaman dan aman soalnya

    ReplyDelete
  2. Keren banget ya, project Project Electric Vehicle Smart Mobility ini didukung oleh banyak pihak, terlebih oleh Nusa Dua.
    Toyota memang keren, selalu menghadirkan sesuatu yang oenuh inovasi demi kenyamanan pelanggan :)

    ReplyDelete
  3. Bali memang pastinya sudah jadi incaran project2 para pengusaha ya, karena pastinya memang menguntungkan, karena wisata bali itu sudah meng internasional ��

    ReplyDelete
  4. wah jadi pengen langsung liburan ke nusa dua bali rasanyaa~ ngebayangin staycationnya dan pantainyaa.. pengen cobain juga electric vehicle nya ^^

    ReplyDelete
  5. Wah.. jadi pengen nyobain Electric Vehicle Smart Mobility di Nusa Dua Bali. Liburan di sana bisa jadi nyaman dengan transportasi yang terjaga protokol kesehatannya, ya ..

    ReplyDelete
  6. Kalau mendukung program pemerintah dengan menjaga kelestarian dengan kebersihan daerah tuh aku dukung de. Bagus juga konsepnya :)

    ReplyDelete
  7. Wah, seru banget nih bisa jalan2 di Bali pake Toyota, programnya keren banget sih bisa mendukung pariwisata di Bali pastinya yaaah

    Mudah2an pandemi cepetan kelar biar bisa jalan2 di Bali pake Toyota yaaah

    ReplyDelete
  8. menarik juga ya kalau seperti ini, duh jadi ingin segera nyobain juga liburan nyaman

    ReplyDelete
  9. Terakhir ke Bali tahun 2015 masih single, ke mana mana modal sewa motor deket bandara wkwkwk.... Sekarang mah uda punya buntut dua anak, kalau ke Bali lagi kayanya mempertimbangkan sewa kendaraan yang lebih memadai :) thanks dan noted referensinya tentang EV ya mbak....

    ReplyDelete
  10. Duh jadi kangen liburan ke Bali deeh. Jadi penasaran juga pengen cobain Electric Vehicle ini. Sekalian mendukung program ramah lingkungan

    ReplyDelete
  11. Muter muter menikmati keindahan nusa dua akan membuat liburan jadi berkesan

    ReplyDelete
  12. Ternyata layanan EV Smart Mobiloty juga bisa diakses lewat TRAC To Go ya, praktis juga. Pingin ih nyobain nanti kalau ke Nusa Dua sambil menikmati suasana di sana, kangen liburan jadinya

    ReplyDelete
  13. Ke Nusa Dua nya aku belum nih... kebayang indah banget ya. Baca ini jadi pengen ke Bali lagi terutama ke Nusa Dua nya... hehe

    ReplyDelete
  14. Wah keren ini yaa, electrical vehicles teh artinya mobil dengan bahan bakar listrik kah? Aduh beneran kudet. Jadi bebas polusi yaa. Sesuai dengan tujuan pariwisata yang bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  15. Kangen Baliiii... aku penasaran coba EV vehicle mobility ini. Dulu pernah pakai TRAC untuk sewa mobil, baru tau soal program electric vehicle.

    ReplyDelete
  16. Seru nih menjelajahi Bali menggunakan Electric Vehicle. Kebayang loh mba klo menelusuri area kota di Bali tuh padat banget. Cocok loh menggunakan EV yang ukuran kecil. Manuvernya pasti lincah banget dan gampang parkirnya.

    ReplyDelete