Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Tips Mendapatkan Kulit Indah Dengan Berpuasa Secara Tepat Selama Ramadhan

  


Menjalani ibadah puasa selama Ramadhan akan memberikan manfaat yang luar biasa. Tidak hanya fisik yang semakin sehat, namun juga berpengaruh terhadap kesehatan mental dan jiwa kita. Selama berpuasa, sistem pencernaan yang beristirahat selama kita melaksanakan puasa akan membuat energi yang biasanya digunakan untuk mencerna makanan akan dialihkan ke proses lain. Salah satunya untuk meremajakan sel-sel tubuh, termasuk kulit. Beberapa masalah kulit terutama yang berkaitan dengan faktor hormonal seperti jerawat dan eksim bisa berkurang dengan puasa yang benar. Demikian pula masalah kulit akibat iritasi dengan zat tertentu.

 

Seiring  perkembangan zaman, tak bisa dipungkiri sebagian besar dari kita mendambakan memiliki kulit tubuh yang indah. Berbagai usaha dilakukan, mulai dari mengonsumsi suplemen khusus kecantikan kulit, memakai krim untuk merawat kulit, bahkan rela merogoh kocek dalam–dalam untuk melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan. Kulit tubuh yang sehat dan cantik akan memberikan efek positif terhadap kepercayaan diri tidak hanya seorang wanita tetapi juga seorang pria. Hal ini juga berkorelasi dengan pola hidup sehat yang dijalani. Dimana kulit sehat akan menunjukkan pengendalian diri yang baik terhadap diri sendiri.

 

Selain itu, saat berpuasa tubuh juga akan melakukan proses detoksifikasi. Detoksifikasi ini akan mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh kita. Termasuk pula lemak-lemak yang menyumbat di kulit dan seringkali menyebabkan jerawat. Puasa yang baik akan membuat kulit menjadi segar, sehat, berseri dan lembut. Saat puasa, tubuh juga akan mengalami perbaikan proses metabolisme energi. Metabolisme energi merupakan peristiwa perubahan dari energi yang terkandung dalam zat gizi menjadi energi potensial dalam tubuh. Sisanya dari proses ini akan disimpan di dalam tubuh, sel ginjal, sel kulit dan pelupuk mata serta dalam bentuk lemak dan glikogen.

 

Glikogen merupakan cadangan energi yang dapat bertahan selama 25 jam. Cadangan ini akan dibakar sewaktu–waktu menjadi energi sehingga melegakan pernapasan organ–organ tubuh dan sel–sel penyimpanannya. Hal inilah yang disebut dengan peremajaan sel. Sehingga kita yang berpuasa dengan baik dan rutin, akan mendapat manfaat kecantikan kulit dengan  sendirinya. Dimana kulit lembut, sehat dan segar akan menjadi milik kita tanpa usaha keras dan mengeluarkan dana yang besar.

 

Namun untuk mendapatkan manfaat maksimal tersebut, ada sejumlah hal yang harus kita perhatikan. Berikut beberapa tipsnya ya :

 

1.        Memilih makanan yang tepat

Setelah berpuasa seharian, godaan makanan manis, yang digoreng, berlemak tentu menjadi sesuatu yang sulit untuk dihindari. Namun, meskipun kita dalam kondisi lapar seharian, tetap usahakan untuk memilih makanan yang tepat ya. Khusus untuk kulit, beberapa makanan yang baik diantaranya adalah ubi jalar, tomat, ikan, teh hijau, alpukat, brokoli, pepaya, stroberi, paprika, labu, bayam, tahu hingga jagung. 


 

Kita bisa mengolah bahan makanan ini menjadi menu lezat. Tentunya dengan cara pengolahan yang baik pula. Semangkuk sop jagung hangat dengan campuran brokoli dan tahu tentu menyenangkan untuk dikonsumsi. Sementara untuk menu awal berbuka puasa, konsumsi kurma tentu sangat dianjurkan. Kamu juga bisa menyajikan salad dengan buah-buahan yang nikmat seperi pepaya, alpukat dan stroberi. Sementara ubi jalar dengan pilihan warna ungu, kuning hingga oranye bisa kita olah menjadi menu lezat. Bagi kamu yang anti ribet, kamu bisa mengukus ubi jalar dan dinikmati dengan secangkir air teh hangat.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tidak terlalu berlebihan. Meskipun sehat, segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik untuk tubuh. Oleh karenanya tetap makan dalam porsi wajar.

 

2.        Konsumsi cairan yang tepat

Kulit yang kenyal membutuhkan cairan dengan jumlah yang cukup. Selama berpuasa, kita bisa mengatur asupan cairan dengan minum pada waktu-waktu : saat berbuka, selepas shalat Magrib, selepas Isya, selepas shalat Tarawih, sebelum tidur, selepas bangun sahur, selepas sahur, masing-masing 1 gelas. Jika kita tak bisa memenuhi hal tersebut, mengkonsumsi buah dengan kandungan air yang banyak seperti semangka dan pepaya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Demikian pula dengan kuah sayur dan kuah sop.

 



3.        Perhatikan pembagian porsi makan

Menurut Ketua Departemen Ilmu Gizi RSCM FKUI, dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, kita bisa mengatur porsi makan kita sebagai berikut :

Waktu sahur : meliputi 40%, yakni makan besar 30% dan makan kecil menjelang imsak 10%

Waktu berbuka : meliputi 50%, yakni makanan manis 10%, makanan lengkap 30% dan makanan kecil 10%

Setelah tarawih : 10%, meliputi makanan kecil saja.

 

4.        Makan dengan perlahan

Meskipun kita lapar setelah seharian berpuasa, saat mengunyah makanan haruslah tetap dengan perlahan. Pengunyahan makanan dengan baik akan membantu proses pencernaan, memaksimalkan penyerapan zat gizi yang dibutuhkan tubuh hingga kulit dan menghindari kita dari rasa tak nyaman setelah makan.

 

5.        Memperhatikan konsumsi gula

Makanan manis saat berbuka puasa tentu sangat menggoda. Sepiring kolak dengan pisang dan kolang-kaling, teh manis hangat, sirup aneka rasa atau cendol hingga es teler tentu sangat menyenangkan saat berbuka puasa. Namun siapa sangka, konsumsi gula yang berlebihan juga ikut berpengaruh pada kesehatan kulit kita.

Dilansir dari halosehat.com, konsumsi gula berlebihan akan memicu munculnya jerawat. Terungkap berdasarkan beberapa penelitian, bahwa kandungan glikemik yang tinggi bisa saja menyebabkan jerawat dan jerawat ini bukanlah jerawat biasa.

Selain itu, konsumsi gula tinggi juga berpengaruh pada kinerja hati. Seperti yang telah kita ketahui, hati merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi menyaring racun yang masuk ke tubuh. Konsumsi gula tinggi, dalam waktu lama dan teratur hingga menjadi kebiasaan termasuk di bulan Ramadhan ini akan berpengaruh kepada organ hati. Jika organ hati bermasalah, tentunya racun akan menumpuk dalam tubuh. Dan hal ini tentu juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh termasuk kulit.

Konsumsi gula yang tinggi ternyata juga berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah timbunan dan kandungan lemak dalam tubuh. Kandungan lemak tinggi tentunya berpengaru terhadap kesehatan tubuh dan tentunya berimbas terhadap kondisi kesehatan kulit kita.

 

6.        Tetap melakukan perawatan wajah

Selain memperhatikan asupan dari dalam, hal penting lainnya adalah memperhatikan asupan dari luar. Tetap melakukan perawatan, seperti misalnya menggunakan krim tabir surya saat akan beraktivitasdi luar rumah, memakai krim malam sebelum tidur, menggunakan masker sekali seminggu serta melakukan scrubbing seminggu maksimal dua kali bisa membantu kulit mendapatkan performa terbaiknya.

Saat ini ada banyak pilihan masker praktis yang bisa kamu gunakan. Berbentuk lembaran hingga bisa diaplikasikan dengan sangat mudah. Tentunya seluruh skincare ini harus disesuaikan dengan usia dan jenis kulitmu ya.


 

 7.        Istirahat yang cukup

Selama berpuasa, kita akan menjalani pola hidup yang cenderung lebih teratur. Salah satunya dari jam tidur. Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, tidak hanya dari segi kuantitas saja. Kualitas istirahat juga harus kita perhatikan. Untuk mendapatkan kualitas istirahat yang baik, kita bisa mengatur suasana ruang tidur mulai dari pencahayaan, temperatur, kebersihan alas tidur dan juga tidak makan besar tepat sebelum makan.

Kualitas istirahat yang cukup juga didukung dengan pola pikir yang baik.

Terutama di bulan suci ini, dimana kita berada dalam kondisi keimanan yang baik. Sehingga semua masalah kehidupan, tekanan kehidupan bisa diminimalisasi. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kualitas tidur. Dimana pikiran yang tenang akan membuat kita bisa tidur dengan lebih lelap. Kualitas tidur yang baik akan berpengaruh kepada kondisi kulit kita juga tentunya.

 


Berpuasa akan menghasilkan dampak luar biasa bagi kesehatan termasuk kulit. Jangan biarkan puasa terlalui dengan sia-sia dan dapatkan manfaat yang maksimal termasuk untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.

 Selamat berpuasa ya.

 

Riawani Elyta

Risa Mutia

 

Sumber :

Halosehat.com

herworld.co.id

fimela.com

republika.co.id

doktersehat.com

kaahil.wordpress.com

alodokter.com

nakita.grid.id

liputan6.com

hellosehat.com

freepik.com

 

 

 

 

 

 

No comments