Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

5 Keunggulan Recruitment Software Dibandingkan Manual

 


Digitalisasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam perkembangan perusahaan. Mau tidak mau, perusahaan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital di dunia bisnis. Recruitment software pun mulai marak digunakan banyak perusahaan. Sebenarnya, apa sih keunggulan dari recruitment software dibandingkan rekrutmen manual? Apakah benar-benar akan efektif? Mari simak pembahasan berikut ini!

 

Otomatis

Pernahkah Anda membayangkan jika Anda lebih mudah memproses segala perencanaan seputar rekrutmen? Nah, recruitment software adalah salah satu media yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memproses rekrutmen menjadi otomatis sehingga tidak perlu lagi memusingkan proses yang akan berjalan.

Aman dan Cepat

Keamanan dan kecepatan dalam proses rekrutmen akan memudahkan seleksi kandidat terbaik. Untuk mewujudkannya, recruitment software dapat diandalkan. Hal ini tidak akan ditemukan melalui rekrutmen manual yang memakan waktu lama. Sebab, rekrutmen manual masih mengandalkan input dan dokumen fisik. Sementara rekrutmen menggunakan aplikasi sudah pasti lebih cepat karena semua data disusun dalam bentuk digital.

Hemat

Keuntungan lain dari recruitment software adalah hemat.  Perusahaan tidak perlu capek-capek membuat lowongan di job portal berbayar karena aplikasi dapat mengotomatisasi lowongan untuk di-publish career website. Sedangkan rekrutmen manual, Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk mengiklankan lowongan yang Anda buat.

 

Mampu Menyimpan Data Kandidat Lebih Banyak

Keuntungan lainnya dari recruitment software adalah soal kemampuan penyimpanan data kandidat. Cara manual dalam melakukan rekrutmen sangat tidak praktis karena masih melibatkan dokumen fisik seperti CV, surat lamaran kerja, dan sebagainya. Sedangkan HRD harus cepat dalam menyeleksi dan menentukan kandidat mana yang cocok dengan perusahaan.

Berbeda dengan recruitment software yang dapat menyimpan data kandidat dengan mudah. Setiap kandidat yang siap direkrut dan memenuhi persyaratan akan ditampilkan melalui fitur ready to hire.

Memudahkan Perencanaan SDM

Perencanaan SDM yang akurat akan membantu HRD untuk mendapatkan kandidat yang tepat. recruitment software akan membantu HRD melakukan perencanaan SDM melalui manpower planning request dan manpower planning. Fitur manpower planning request akan membantu HRD untuk membuat perencanaan SDM yang akan diajukan kepada pimpinan terkait. Lalu, perencanaan SDM yang telah disetujui akan ditampilkan melalui fitur manpower planning. Mudah dan sistematis, bukan? Hal ini tentu tidak akan ditemukan di metode rekrutmen manual.

Meningkatkan Efisiensi

Menggunakan recruitment software dapat meningkatkan kinerja HRD dalam rekrutmen karyawan. Perusahaan pun akan lebih cepat dalam mendapatkan kandidat yang sesuai kebutuhan. Dengan begitu, proses rekrutmen berjalan jauh lebih efisien. Coba pikirkan bagaimana jika perusahaan Anda  masih bertahan dengan rekrutmen manual yang memakan waktu lama karena tidak ada sistem yang memadai. Pasti semua proses berjalan jauh lebih lambat dan akan muncul berbagai kendala dalam rekrutmen

 

Untuk perusahaan yang mencari recruitment software, LinovHR adalah salah satu penyedia software HRD terbaik yang sudah banyak digunakan perusahaan untuk memperlancar proses rekrutmen. Alasan utamanya adalah tampilan recruitment software mudah dipahami dan digunakan oleh HRD. Demikianlah penjelasan singkat mengenai recruitment software. Semoga dapat bermanfaat!

 

 

 

 


No comments