Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Tips Menghias Dinding Rumah


 


 Memasuki penghujung tahun, dimana kita juga berada di musim penghujan, ditambah pandemi membuat kita memiliki lebih banyak waktu di rumah. Kita bisa menggunakan sebagian besar waktu kita untuk menghias rumah. Salah satu bagian rumah yang bisa kita hias adalah dinding. Berikut beberapa tips sederhana untuk menghias dinding rumah :

 

1.       Menggunakan peralatan sederhana

Untuk menghias dinding rumah, tidak harus menggunakan furniture mahal. Ada banyak pilihan yang bisa kita gunakan. Diantaranya adalah :

a.      Jam dinding

Saat ini ada banyak pilihan jam dinding dengan bentuk unik. Kita juga bisa membuat jam dinding sendiri. Kita cukup membeli mesin kecil pemutar jam, berkreasi dengan sisa triplek di rumah, atau peralatan lain untuk menjadi angka penunjuknya. Besarnya jam dinding tersebut pun bisa kita sesuaikan. Termasuk pula penggunaan warnanya. Selain untuk menghias dinding, jam dinding tentunya akan membantu kita mengetahui waktu.

 


b.      Wallpaper dengan banyak motif

Selanjutnya kita bisa menggunakan wallpaper dengan banyak motif. Ada banyak pilihan wallpaper yang bisa kita gunakan. Bahkan kini tersedia wallpaper yang sudah dilengkapi lem sehingga kita bisa memasang wallpaper tersebut sendiri. Ada banyak jenis wallpaper. Kita bisa menyesuaikannya dengan anggaran yang kita miliki. Misalnya hanya dengan memasang wallpaper pada satu sisi saja.

Secara umum, wallpaper terbagi menjadi dua, yaitu 2D dan 3D. Wallpaper 2D biasanya terbuat dari kertas dalam bentuk roll. Sedangkan wallpaper 3D sebagian besar terbuat dari bahan plastik yang tebal dan mudah untuk dibentuk. Wallpaper 2D ini terbuat dari berbagai jenis bahan, antara lain kertas, kain, vynil, serat alami, foil, cair, fiber glass dalam bentuk roll dan ada juga yang berbentuk cair.

Ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan saat memutuskan untuk menggunakan wallpaper untuk menghias dinding rumah kita agar awet dan bertahan lama :

·         Memilih orang yang berpengalaman untuk memasang wallpaper

·         Mengecek kondisi kelembaban ruangan. Hindari memasang wallpaper pada ruangan dan dinding yang lembab. Pastikan dinding tersebut kering dan benar-benar bersih sebelum dipasangi wallpaper. Kita juga bisa memakai cat dinding anti lembab untuk membuat dinding kita aman saat pemasangan wallpaper.

·         Jangan memasang wallpaper di dinding yang bergelombang.

·         Memastikan lem wallpaper benar-benar merata. Hal ini penting karena jika tidak rata, maka wallpaper akan mengelembung dan tidak rapi. Hal ini juga akan menyebabkan wallpaper cepat rusak.

·         Saat ingin mengganti wallpaper lama dengan yang baru, pastikan untuk melepas wallpaper lama dengan sempurna.

·         Rajin membersihkan debu yang menempel pada wallpaper dengan menggunakan kemoceng atau pembersih debu.

·         Untuk membersihkan wallpaper yang terkena noda, kita bisa menggunakan pembersih yang disesuaikan dengan jenisnya. Misalnya untuk yang berbahan kain, kita bisa menggunakan air hangat yang diberi perasan jeruk nipis. Lalu celupkan sikat lembut untuk menggosok nodanya.

Sedangkan untuk wallpaper berbahan kertas, kita cukup menggunakan lap kering dan sapu panjang yang dilapisi kaos kaki untuk menjangkau area yang sulit dijangkau. Dan jika wallpaper yang kita miliki berbahan anyaman, maka kita harus rajin membersihkannya dengan menggunakan lap yang lembab.

 

Wallpaper juga menjadi pilihan yang baik karena bisa menutupi kekurangan pada dinding yang bermasalah, misalnya retak halus. Selain itu, wallpaper akan memberi kesan yang jangat dan menyenangkan pada ruang. Kita juga bisa mengganti wallpaper saat kita ingin memberi suasana yang berbeda pada rumah kita. 

Hal lain yang membuat wallpaper menjadi pilihan untuk menghias dinding kita adalah karena membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat daripada cat dinding misalnya.

 

c.       Kaca untuk memberi efek ruangan yang lebih besar

Kaca atau cermin pada mulanya dibuat dari logam yang mengkilat. Kemudian berkembang menajdi kaca yang dilapisi alumunium tipis pada salah satu bagiannya. Kita bisa memilih kaca atau cermin ini untuk menghias dinding kita.


Berikut beberapa manfaat dari penghias dinding ini :

·         Membuat ruangan sempit menjadi ‘seakan’ memiliki luas hingga 10 kali lipat dari aslinya. Cermin memberikan solusi murah dan praktis terutama untuk ruang sempit atau rumah yang kecil. kita bisa menempatkan pada dinding yang berseberangan dengan jendela.

·         Memberikan rasa nyaman sehingga kita nyaman berlama-lama dalam ruangan tersebut.

·         Memberikan pencahayaan yang baik pada tamu yang datang berkunjung. Manakala cermin diletakkan di sekitar pintu masuk ruang tamu, di kanan atau kiri dinding. Selain itu, manfaat cermin di ruang ini adalah sebagai pantulan cahaya alami dari arah jendela atau pintu yang akan diteruskan ke ruang tamu.

·         Bermanfaat untuk keseimabangan antara dimensi ruang dengan dinding yang kosong agar tampak lebih atraktif.

Hal yang perlu kita perhatikan saat memilih hiasan dinding ini adalah menyesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruang. Termasuk bentuk dan pola bingkai yang kita sesuaikan dengan interior dalam rumah kita.

 

d.      Padu padan peletakan frame

Bukan rahasia lagi, perkembangan teknologi membuat aktivitas mengambil foto menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Hal ini makin menunjang tampilan foto di bagian rumah kita. Apalagi sekarang telah banyak jenis frame unik sekaligus sangat cantik untuk kita gunakan. Sekaligus sebagai penghias dinding rumah.


Kita bisa memasang frame foto pada dinding dengan warna polos. Terutama warna kalem seperti putih dan abu-abu muda. Kita tinggal memilih beberapa frame dengan beberapa ukuran, diisi foto lalu meletakkan pada dinding tersebut.

Kita juga bisa memilih foto-foto unik selain foto keluarga. Frame dengan warna putih atau hitam juga bisa menjadi pilihan menarik untuk menghias dinding. Bahkan kini telah menjadi suatu pilihan menarik, menjadikan foto seukuran satu dinding ruangan sehingga berfungsi seperti layaknya wallpaper. Kamu bisa berkreasi dengan frame ini. Atau bahkan membuat sendiri framenya sesuai selera.

 

e.      Ambalan bisa mengubah dinding kosong

Ambalan atau rak dinding bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk menghias dinding rumah kita. Kita bisa menempatkan buku-buku favorit kita didalamnya. Atau furnitur mini misalnya pot bunga kecil, frame foto, guci kecil, piala, plakat dan lain sebagainya.

Ambalan juga memiliki berbagai macam bentuk. Sehingga kita bisa berkreasi dengan ambalan ini. Selain tersedia di toko furnitur, kita juga bisa membuat sendiri ambalan ini. Biasanya warna-warna polos seperti hitam, merah dan putih menjadi pilihan  untuk mengecat ambalan ini.

 


f.        Karpet dinding/lukisan menambah tekstur dan warna pada ruang

Kamu penyuka karya seni lukis? Maka lukisan atau karpet dinding bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk menghias dinding rumahmu. Cara ini pun cukup mudah. Kita tinggal memilih lukisan atau karpet dinding yang kita sukai. Lalu memasangnya di area dinding yang kita inginkan.

Kini juga hadir lukisan dalam bentuk tulisan-tulisan motivasi. Kita juga bisa memasang tulisan-tulisan ini atau berkreasi dengannya. Hal penting yang perlu kita perhatikan adalah komposisi peletakan lukisan atau frame tulisan pada dinding agar terlihat proporsional dan indah. Juga warna dinding agar sesuai. Usahakan memasang hiasan dinding ini pada dinding yang polos agar bisa menonjolkan keindahannya. Dan mengurangi pemasangan hiasan dinding lain yang tak harmonis jika dipadankan dengan lukisan atau karpet dinding ini.

 

g.      Menggantung pot-pot tanaman

Kita juga bisa berkreasi dengan pot-pot tanaman milik kita untuk menghiasi dinding di rumah kita. Selain menyalurkan hobi bertanam, hiasan dinding ini terlihat alami dan akan menghadirkan suasana yang nyaman sekaligus udara yang segar.

Beberapa tanaman yang bisa kita pilih diantaranya adalah Dischidia Geri, Tradescantia, Dischidia Nummularia Variegeta, Sedum Morganianum, Creeping Charlie, Anggrek, Sirih Blaster Heart, Sirih Marble, Baby Tears Plant, Bunga Geranium, Terang Bulan, Petunia Red Picotee Dan Black Eyed Susan Vine (Thunbergi Alata).

 


h.      Padu padan warna cat dinding

Selanjutnya kita bisa menggunakan cat untuk menghias dinding rumah. Kini telah tersedia banyak jenis cat yang juga aman bagi kesehatan. Sehingga kita semakin tenang saat berkreasi dengan cat ini. Kita bisa mengecat dengan dua warna pada satu ruangan. Kini juga tersedia cetakan dan kuas cat yang bisa memberikan pola pada dinding sehingga akan menghasilkan warna dinding yang indah.Kita tinggal menyesuaikan dengan keinginan. Kita bisa berkreasi dengan melihat tips dan trik mengecat dinding yang banyak tersedia di berbagai situs.

 

2.    Perhatikan penggunaan warna di dalam ruangan

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah komposisi warna dalam ruangan. Jangan menggunakan dua jenis motif wallpaper di satu ruangan kecuali memiliki padu padan yang harmonis. Usahakan pula untuk tidak menggunakan banyak hiasan dinding pada satu dinding saja.

Bagi ruangan yang telah memiliki banyak warna, kita bisa memilih hiasan dinding yang minimalis saja agar tak menambah kesan “ramai” yang justru berpotensi mengurangi keindahan ruangan di rumah kita.

 

3.   Perhatikan furniture yang ada di dalam ruangan

Tips selanjutnya adalah memperhatikan furnitur yang ada di ruangan yang ingin kita hias dindingnya. Pada ruangan yang memiliki banyak furnitur apalagi dengan warna-warna yang ramai, usahakan menggunakan hiasan dinding yang minimalis saja.

Jika di ruangan tersebut telah ada tiga set sofa, satu jam dinding setinggi pintu dan guci setinggi satu setengah meter, maka kita memilih dinding yang sederhana saja, dengan pemilihan warna yang simpel pula.

 

4.   Perhatikan peletakan aksesoris penghias dinding

Komposisi dan posisi untuk meletakkan hiasan dinding juga sebaiknya menjadi perhatian kita. Terlalu besar, terlalu kecil, terlalu ramai, justru biea menghilangkan keindahan dinding itu sendiri. Usahakan pula untuk tak menggunakan hiasan dinding pada semua permukaan dinding pada satu ruangan.

 

5.   Menggunakan barang daur ulang

Ada banyak ide dari barang-barang yang tak terpakai yang bisa kita gunakan untuk menghias dinding kita. Pot bunga, ambalan, lukisan, frame foto adalah hiasan yang bisa kita kreasikan dari barang bekas yang mungkin tak terpakai lagi. Kita pun akan menghemat biaya, sekaligus merasa makin senang karena bisa menghiasi rumah kita dengan kreasi kita sendiri.

 

Nah, menghias dinding rumah bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bukan. Silakan berkreasi dengan dinding rumah kita agar makin betah di rumah dengan dinding yang indah. Selamat mencoba ya.

 

Sumber :

femina.co.id

crona.co.id

dekoruma.com

isibangunan.com

bingung.my.id

furnizing.com

99.co

corakayu.com

edianaarea.com

carousel.com

 

 

 

No comments