Support Me on SociaBuzz

Support Me on SociaBuzz
Dukung Blog Ini

Client Server untuk Kebutuhan Perusahaan Kamu

 


Dalam dunia TI, istilah client server memang sudah sering dipakai. Hanya saja sebagian besar orang sekarang belum memahami tentang arti istilah tersebut. Apabila kamu ingin mengetahui seluruh hal yang berkaitan dengan itu, maka perlu simak artikel ini.

 

Apa itu Client Server Network?

 

Web server digunakan untuk menyediakan, dan menyimpan konten pada sebuah website, seperti data aplikasi, gambar, teks, dan video. Data yang disimpan ini selanjutnya akan diberikan kepada client pada saat data tersebut diminta. Permintaan diberikan pada saat user mengklik sebuah link, atau men-download sebuah file di dalam browser.

           

Web server terhubung dengan sebuah web browser menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Berbeda dengan Hypertext Markup Language (HTML) yang digunakan untuk membaca konten pada halaman website dalam bentuk kode. Konten pada sebuah website dapat berbentuk statis, ataupun dinamis. Konten statis adalah konten yang hanya berisi gambar, dan teks. Berbeda dengan, konten dinamis yang biasanya terdapat dalam website e-commerce yang merupakan harga yang telah di input, atau daftar barang-barang yang sudah dimasukkan pada keranjang belanja. Umumnya, untuk menyediakan konten dinamis, sebuah web server akan dilengkapi dengan aplikasi yang digunakan untuk membaca skrip, seperti Javascript, PHP, Ruby, Python, dan ASP. Sebuah web server juga dapat menjadi host sebuah, atau bahkan beberapa website sekaligus menggunakan software, dan hardware utama yang sama, hal ini dikenal dengan sebutan virtual hosting.

 

Sedangkan, server yang menghubungkan pengguna (client) dengan jaringan komputer dinamakan client-server. Client Server Network adalah media yang dapat digunakan oleh client untuk mengakses data, dan informasi melalui komputer sentral, baik via Local Area Network (LAN), atau Wide Area Network (WAN), dan juga internet. Daemon adalah server khusus yang digunakan server hanya untuk menunggu permintaan dari client, dan ketika terkoneksi dengan jaringan internet permintaan client tersebut akan dilaksanakan. Kegunaan inti client server network adalah dapat dijadikan sebagai pusat manajemen bagi aplikasi, dan data. Ditambah lagi client server dapat memberikan fasilitas perlindungan data, dapat meng-install software, dan hardware (network segment, server, dan komputer) tanpa adanya kesulitan, dan client bisa mengakses data dalam client server dari jarak jauh.

 

Pentingnya Menggunakan Client Server

 

Jika berbicara soal dunia maya, maka server menjadi bagian penting dalam jaringan. Terkadang server yang menggunakan software, atau sistem operasi khusus yang dapat digunakan untuk menyimpan data, dan menjadi sumber utama di seluruh perusahaan adalah komputer dengan performa tinggi. Namun, ada baiknya jika sebuah perusahaan yang tengah berkembang, dan memiliki biaya yang cukup agar meng-upgrade server nya menjadi client server agar bisa mengumpulkan, dan mengontrol seluruh teknologi informasi di kantor. 

 

Biasanya, perusahaan dengan jumlah staf, dan komputer yang banyak akan sering menggunakan internet karena itulah sebuah perusahaan harus meng-upgrade server mereka. Dengan adanya upgrade server akan memudahkan perusahaan untuk mengatur data-data tambahan yang terkumpul, dan membuat laporan setelahnya. Ada beberapa keuntungan saat kamu menggunakan client server. Apa sajakah keuntungan-keuntungan tersebut?

 

Keuntungan Client Server

 

Ada beberapa keuntungan menggunakan client server, seperti sistem backup yang lebih maupun membantu menjalankan aplikasi kompleks. Kamu akan bisa mengetahui keuntungan lainnya sebagai berikut.

 

1.    Sistem Backup Lebih Baik

 

Dengan menggunakan client server, data-data dari beberapa komputer tambahan akan lebih mudah diatur. Ditambah lagi, backup data akan lebih mudah terkontrol dengan adanya client server. Client server jauh lebih baik dengan adanya fitur tambahan yaitu restore. Seiring berkembangnya sebuah perusahaan, kinerja software dengan server-level backup dinilai lebih efektif untuk recovery, dan menghindari kehilangan data. 

 

2.            Mampu Mengoperasikan Aplikasi yang Kompleks 

 

Banyak aplikasi seperti database penggalangan dana, project tracking, bahkan email membutuhkan server untuk beroperasi. Beberapa aplikasi tersebut tentunya akan lebih mudah, dan lebih aman jika berada pada server perusahaan kamu sendiri, sehingga kamu akan mendapatkan kendali penuh atas data-data tersebut. Oleh sebab itu, client server mampu membuat server kamu dapat mengoperasikan beberapa aplikasi yang membutuhkan setup yang kompleks yang dibutuhkan oleh perusahaan kamu.

 

3.            Memudahkan Pengaturan User dan Komputer

 

Dengan adanya server, maka user, dan komputer dapat diatur. Semua server yang menggunakan sistem operasi seperti Linux, dan Windows menyediakan layanan directory services yang memungkinkan kamu bisa membuat beberapa akun user berdasarkan dengan tugas, dan hak masing-masing user. Misalnya saja, kamu hanya akan memberikan akses file keuangan pada departemen keuangan, sehingga departemen lain tidak mendapatkan hak, dan akses pada file tersebut. 



4.            Tambahan Penyimpanan Data

Bertambahnya staf pada perusahaan kamu akan menyebabkan meningkatnya jumlah data yang tersimpan, maupun yang dibagikan. Client server memungkinkan semua kegiatan ini terjadi. Bahkan, client server mampu untuk membagikan data dari sumber lain, seperti database, dan printer. Ditambah lagi, client server merupakan tempat penyimpanan, dan pengambilan data yang efisien.

 

5.            Performa yang Lebih Baik

Untuk menambah performa, client server dilengkapi dengan kemampuan memori tambahan, dan kekuatan pemrosesan yang lebih besar jika dibandingkan dengan komputer biasa. 

 

Apabila kamu sedang mencari Profider hosting murah yang berkualitas, kamu bisa langsung berlangganan di Domainesia. Seluruh pelanggan dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu guna mendapatkan solusi yang terbaik berkaitan dengan layanan server dan hosting.

 

 

No comments