Ide Camilan Berbahan Dasar Coklat

 


Sebagian besar penduduk dunia mengenal dan menyukai aneka makanan yang terbuat dari coklat. Coklat sendiri berasal dari biji kakao yang diproses hingga menghasilkan coklat berbentuk batang, cair, butiran dan berbagai bentuk lainnya. Secara umum, untuk menghasilkan coklat hingga menjadi bentuk seperti yang kita ketahui akan melewati sekitar 8 (delapan) tahap :

 1.    Pemilihan dan pembersihan biji kakao untuk mendapatkan biji kakao yang memenuhi standar dari produsen.

2.    Pemanggangan biji kakao pada suhu yang sangat tinggi sehingga biji kakao akan berubah warna menjadi coklat. Disini aroma coklat mulai tercium. Setelah proses ini, biji kakao akan pecah dan terpisah, cangkang luarnya pecah menyisakan serpihan biji kakao. Pada titik ini, kita memiliki sesuatu yang bisa dimakan, yang benar-benar cokelat, dan rasanya benar-benar pahit. Untuk dagingnya, larutan alkali (dutched proses) ditambahkan untuk mengurangi rasa asam dan membuat nib lebih gelap.  

3.    Selanjutnya Nib kakao yang sudah dipanggang lalu digiling dan ditumbuk membentuk kakao massa. Kakao massa tidak mengandung alkohol dan dapat juga diartikan sebagai cairan cokelat. Kakao massa bisa diperas untuk menjelma jadi lemak kakao atau kakao bubuk, atau dicetak dan dipadatkan menjadi cokelat pahit. 

4.    Untuk membuat kakao, kakao massa diperas secara hidrolik untuk mendapatkan bagian lemak kakao dari kakao massa, hingga menyisakan cocoa cakes. Lemak kakao akan dipakai untuk obat-obatan, kosmetik, dan tentu saja dalam pembuatan cokelat. Dan sisa dari padatan kakao lainnya dihaluskan menjadi kakao bubuk.

5.    Sekarang ke bagian cokelatnya. Massa kakao sendiri sebetulnya pahit dan tidak begitu lembut. Untuk membuat berbagai jenis cokelat yang berbeda (untuk membuatnya jadi manis dan mengembangkan teksturnya), Produsen akan menambahkan beberapa bahan lainnya dalam jumlah tertentu seperti gula, lemak kakao, vanilla, dan susu. Bahan-bahan tadi akan dicampur menjadi pasta dengan adonan yang konsisten.  

6.    Masuk ke tahap conching. Conching adalah proses pengembangan rasa di mana cokelat ditempatkan pada proses pengadukan yang konstan. Mesin conching yang dinamai chonces, punya dayung yang kuat dan besar untuk menyapukan cokelat ke depan dan belakang menuju proses penghalusan massa cokelat yang bisa berlangsung beberapa jam sampai berhari-hari. Proses conching ini mengurangi kelembaban, menghilangkan semua rasa asam, dan melapisi setiap artikel cokelat dengan lapisan dari lemak kakao. Nantinya, cokelat yang dihasilkan akan lebih lembut dalam tekstur dan juga dalam rasa. 

7.    Cokelat kemudian memasuki tahap pengembangan elastisitas dengan proses pemanasan dan pendinginan atau yang disebut tempering. Proses ini menciptakan Kristal lemak kakao kecil yang berada di dalam massa cokelat yang cair. Ini kemudian disimpan kedalam cetakan berbagai bentuk seperti cetakan butiran (chips), tetesan, dan blok. Proses tempering yang tepat akan menjadikan produk akhir yang memiliki tampilan yang lembut dan mengkilat.

8.    Coklat yang telah dicetak memasuki terowongan pendingin untuk memadatkan bagian-bagian cokelat. Lalu coklat dicetak dan dipasarkan.

 

Sejarah Coklat

 Coklat mulai dikenal dalam peradaban umat manusia sejak tahun 400 SM. Berawal dari penemuan residu coklat pada tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno, peradaban pertama yang mendiami daerah Mesoamerika di Río Azul, Guatemala Utara. Suku Maya mengonsumsi cokelat dalam bentuk cairan berbuih ditaburi lada merah, vanila, atau rempah-rempah lain. Minuman yang dikenal dengan nama “Xocoatl”  juga dipercaya sebagai pencegah lelah, sebuah kepercayaan yang mungkin disebabkan dari kandungan theobromin di dalamnya.

 

Selanjutnya coklat terus berkembang hingga di tahun 1544 M, delegasi Kekchi dari Guatemala mengunjungi Istana Spanyol dan membawa hadiah, diantaranya minuman cokelat. Inilah awal mula coklat dikenal di dunia. Semula, coklat tidak cocok dengan lidah orang Eropa karena rasanya yang pahit. Kemudian ditambahkanlah madu atau gula sehingga terbentuklah coklat manis untuk pertama kali.

 

Di awal abad ke-17, coklat menjadi minuman penyegar yang digemari di istana Spanyol. Lalu coklat mulai menyebar diantara kaum elit Eropa. Kala ini, coklat dikonsumsi sebagai minuman. Hingga pada tahun 1847, barulah coklat berkembang menjadi coklat padat. Selanjutnya coklat makin berkembang menjadi hingga yang kita kenal saat ini.

 

Apakah kamu termasuk penggemar coklat? Coklat memang nikmat sebagai minuman maupun penganan atau cemilan. Berikut 5 ide cemilan berbahan dasar coklat yang bisa kamu buat di rumah dan dinikmati bersama keluarga. Dijamin menambah kebersamaanmu bersama orang-orang tersayang akan makin meriah apalagi di masa kita harus mengurangi aktivitas di luar rumah.


Wafel Coklat

Untuk bahan-bahannya, kamu membutuhkan :

200 gram tepung terigu

25 gram cokelat bubuk

1 sdt baking powder

1/4 sdt garam

100 gram gula pasir

300 ml susu cair

4 kuning telur

50 gram mentega cair

2 putih telur, kocok kaku

 

Cara membuatnya :

  1. Campur tepung terigu dengan cokelat bubuk, baking powder, garam dan gula pasir, aduk rata.
  2.  Masukkan susu cair dan kuning telur, aduk rata, tambahkan mentega cair, aduk rata.
  3. Masukkan putih telur yang telah dikocok, aduk rata dan diamkan selama 15 menit.
  4.  Siapkan cetakan wafel, olesi dengan sedikit mentega, tuangkan adonan hingga hampir penuh dan matangkan.
  5.  Sajikan hangat.

 



Chocolate Cheese Cake

Untuk bahan-bahannya, kamu membutuhkan :

Dasar

100 gram biscuit marie, haluskan

100 gram mentega

1 sdt kayumanis bubuk

Adonan :

150 gram cokelat masak dark

500 gram cream cheese

100 gram gula pasir castor

2 butir telur

50 gram tepung terigu

1 sdm cokelat bubuk

80 ml yogurt

taburan : cokelat bubuk, gula bubuk dan stroberi segar

 

Cara Membuatnya:

1.    Siapkan loyang bongkar pasang ukuran : 20 cm alasi dasar loyang dengan aluminium foil.  

2.    Panaskan oven dengan temperature 180 Derajat Celcius. 

3.    Dasar : campur biscuit marie dengan mentega dan kayumanis bubuk, aduk rata dan tata didasar loyang, padatkan.

4.    Adonan : kocok cream cheese dengan gula pasir hingga lembut, masukkan telur dan kocokhingga rata, tambahkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata, masukkan yogurt dancokelat masak yang telah dilelehkan, aduk rata.  

5.    Tuangkan kedalam loyang berisi Dasar dan panggang selama 1 jam, angkat, hilangkan uap panasnyadan simpan dalam lemari pendingin selama 3 jam. 

6.    Hias dengan cokelat, gula bubuk dan stroberi.

7.    Sajikan dingin

 

            Pai Cokelat Chips

Untuk bahan-bahannya, kamu membutuhkan :

300 gram tepung terigu

175 gram margarin

50 ml air

1/2 sdt garam

1 sdm gula pasir

1 butir telur

Isi :

200 ml susu cair

1 sdm cokelat bubuk

50 gram gula pasir

10 gram tepung maizena

125 gram cokelat masak oles roti

4 sdm pasta kacang

50 gram cokelat chips

 

Cara Membuatnya :

1.    Siapkan loyang pai ukuran kecil, oelsi dengan margarine, sisihkan.  

2.    Kulit : campur tepung terigu dengan margarine, aduk rata hingga seluruh tepung tertutupmargarine. Campur air dengan garam dan gula pasir, aduk rata tuangkan ke tepung, adukrata dan tambahkan telur, aduk rata kembali hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk,diamkan selama 15 menit. 

3.    Isi : Campur susu cair dengan cokelat bubuk, gula pasir dan tepung maizena, aduk rata,setelah mendidih dan mengental, angkat. Tambahkan cokelat oles dan pasta kacang, adukrata, simpan dalam lemari pendingin.

4.    Penyelesaian : pipihkan adonan dan cetak dalam cetakan kulit pai, panggang dalam ovendengan temperature 180 derajat selama 15 menit, atau hingga matang, angkat. Hilangkanuap panasnya, isi dengan isian taburi cokelat chips dan simpan dalam lemari pendingin.  

5.    Sajikan dingin, untuk : 20 buah

 


           Choco Sponge Roll

Untuk bahan-bahannya, kamu membutuhkan :

4 kuning telur

1 putih telur

80 gram gula pasir

1/2 sdt cake emulsifier

50 gram tepung terigu

10 gram cokelat bubuk

pasta cokelat secukupnya

80 gram margarine, lelehkan

Olesan : selai cokelat atau vla instant, secukupnya

 

Cara Membuatnya :

1.    Siapkan loyang ukuran 20 cm olesi dengan margarine dan taburi tepung terigu, dan dandang yang cukup untuk loyang ukuran 20 cm, panaskan dengan air yang cukup.  

2.    Kocok telur bersama gula pasir dan cake emulsifier/tbm/ovalet/sp, kocok hingga mengembang dan lembut.

3.    Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata, tambahkan margarine cair, adukrata dan tuangkan kedalam loyang. 

4.    Kukus selama 30 menit hingga matang, angkat siapkan kertas roti dan tuangkan kue, dinginkan dan olesi dengan selai cokelat, gulung dan padatkan.

5.    Potong-potong sajikan, untuk 8 potong.

 


Hot      Choco Souffle

Untuk bahan-bahannya, kamu membutuhkan :

250 gram margarine

125 gram tepung terigu

500 ml susu cair

100 gram gula pasir

250 gram cokelat masak "dark" lelehkan

4 kuning telur

4 putih telur, kocok kaku

Hiasan : cokelat masak "dark", parut secukupnya

 

Cara Membuatnya :

1.    Panaskan oven dengan temperature 175 derajat Celcius, siapkan mangkuk tahan panasukuran kecil 8 cm, olesi dengan margarine, sisihkan.  

2.    Panaskan margarine, masukkan tepung terigu, aduk rata, masukkan susu cair, gula pasirdan cokelat masak yang telah dilelehkan, aduk rata, angkat. Tambahkan kuning telur, adukrata. 

3.    Campur adonan telur dengan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk rata.

4.    Ambil mangkuk tuangkan adonan dan panggang selama 45 menit hingga matang, keluardari oven taburi dengan cokelat serut.  

5.    Sajikan hangat, untuk : 12 mangkuk.

 

Itu dia beberapa ide cemilan berbahan dasar coklat yang istimewa dan bisa membuat liburan akhir pekanmu makin meriah bersama keluarga tercinta.

Selamat mencoba ya.

 

Sumber :

medcom.id

wahana-interfood.com

indosiar.com

manfaatcara.com

yummy.co.id

heart.org

bettycrocker.com

rasoimenu.com

 

 

No comments