6 Buku Motivasi Bestseller yang Bisa Mencerahkan Hidupmu

 



 

Membaca buku merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi. Cara ini bahkan telah menjadi bagian penting dari kemajuan peradaban manusia. Berbagai manfaat membaca buku telah membuat buku menjadi tak lekang oleh waktu.

Diantara manfaat membaca buku adalah memberikan pencerahan. Dengan kata lain buku mampu menghadirkan solusi atas masalah yang sedang dihadapi. Saat ini ada begitu banyak pilihan buku. Kita bisa memilih sesuai dengan passion kita atau kebutuhan kita. Dari sekian banyak buku tersebut, banyak pula yang menjadi bestseller dan telah dicetak hingga ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan eksemplar dan beredar ke berbagai negara dalam berbagai bahasa.

 

Tema motivasi termasuk tema yang paling sering diangkat dalam sebuah buku. Buku-buku jenis ini tetap relevan mengikuti perkembangan umat manusia walaupun kadang ditulis puluhan tahun yang lalu. Bagi kamu yang menyukai buku-buku motivasi atau sedang mencari buku-buku motivasi untuk membantu menemukan solusi atas masalahmu atau mencari pencerahan, berikut 8 buku motivasi bestseller dunia yang berhasil mempengaruhi hidup jutaan orang di seluruh dunia :

 

Mindset: the New Psychology for Success

Buku yang terbit di tahun 2006 ini berisi 387 halaman. Ditulis oleh Carol S. Dweck, seorang Profesor di bidang psikologi yang lahir di tahun 1946  ini terbukti telah mengubah cara orang melihat dunia dan kesuksesan hidup di berbagai belahan dunia. Buku ini juga  bertengger jadi top-seller di amazon.com sejak  diterbitkan hingga sekarang.


Paparan tentang kesuksesan dalam buku ini sangat mendasar dan langka. Biasanya  buku-buku tentang kesuksesan lebih menawarkan sisi-sisi praktis. Namun, buku ini justru mengajak kita untuk menggarap inti masalah kesuksesan yakni pikiran. Tak hanya itu, buku ini mengontraskan dengan apik tokoh-tokoh dunia—di bidang musik, sastra, sains, olahraga, dan bisnis—yang berpola pikir tetap (fixed mindset) dan berpola pikir tumbuh (growth mindset). Ternyata, tokoh yang berpola pikir tumbuh lebih mampu mempertahankan kesuksesan dan kegembiraan hidup. Hal ini dikarenakan mereka lebih menekankan proses belajar dan peran ikhtiar daripada mengandalkan bakat dan kecerdasan.

 

Disini kita akan berkenalan dengan dua istilah utama yang digunakan oleh Carol S. Dweck yang melakukan puluhan tahun penelitian untuk menghasilkan buku yang hebat ini. Istilah pertama adalah fixed mindset atau mindset yang tetap dan yang kedua adalah growth mindset atau mindset yang berkembang. Fixed mindset percaya bahwa kualitas seseorang telah ditentukan. Golongan ini biasanya memiliki pola pikir seperti :

 

1.    Percaya jika kualitas hidup seseorang sudah ditetapkan sejak lahir.

2.    Percaya jika nilai IQ diri mengungkapkan seluruh kisah tentang siapa diri sebenarnya.

3.    Dalam memandang kegagalan, mindset ini mengeneralisir dirinya, padahal kesalahan yang dilakukan hanya kecil. Seperti seorang mahasiswa yang dapatkan nilai C dari tugas makalah. Kemudian dia mengatakan dirinya, tolol, sial, dan gagal.

4.    Tidak percaya dengan konsep usaha.

5.    Mindset ini membuat Anda prihatin dengan bagaimana Anda akan dinilai orang lain.

6.    Mentransformasikan dari sebuah tindakan menjadi identitas. Misalnya saya gagal—sebuah tindakan—menjadi identitas−saya adalah orang gagal.

7.    Mereka menganggap, usaha hanya dibutuhkan untuk orang-orang yang memiliki banyak kekurangan.

 

Sementara golongan growth mindset biasanya memiliki pola pikir seperti :

1.    Kualitas diri dapat dikembangkan dengan upaya-upaya tertentu

2.    Orang mindset ini percaya, bahwa dia bisa menjadi siapa pun/apa pun.

3.    Selalu semangat untuk mengembangkan diri dan tetap melakukannya, sekalipun ketika keadaan tidak berjalan dengan baik.

4.    Menikmati kegagalan dan proses.

5.    Mindset ini membuat Anda fokus dengan upaya peningkatan.

6.    Tidak terganggu kinerja walau stereotip ditempelkan pada dirinya 

 

Buku ini juga berisi pengalaman banyak tokoh yang berhasil dan sukses mengatasi kendala dalam hidup mereka. Sebut saja Christoper Reeve yang kita kenal sebagai salah satu aktor pemeran Superman. Di tahun 1995, Reeve mengalami patah leher dan sumsum tulang belakang yang terpisah dari otaknya akibat terlempar dari kuda. Reeve mengalami kelumpuhan total dari leher ke bawah. Dokter yang menanganinya menyerah. Sementara Reeve menolak untuk menyerah. Ia memulai program pelatihan berat yang menggerakkan seluruh bagian tubuhnya yang lumpuh dengan bantuan stimulasi elektrik. Walaupun dokter mengatakan agar Reeve tidak meneruskan usahanya karena akan kecewa. Nyatanya Reeve selama lima tahun terus melakukan usahanya hingga ia bisa bergerak kembali.

 

Ada pula kisah Michael Jordan, Wilma Rudolph, Ben Hogen hingga Geraldine Page, seorang aktris terbesar yang pernah dinasehati untuk berhenti karena dianggap tak berbakat.

 

Bagi kamu penikmat buku motivasi, buku ini sangat sayang untuk dilewatkan. Sementara bagi kamu yang bergerak di bidang apapun, buku ini sangat membantu dalam mengubah cara berpikir untuk bisa meraih sukses dan berbahagia. Banyak pula inspirasi yang akan membuat kita senantiasa optimistis, gembira, dan terampil membangkitkan kemampuan-kemampuan dahsyat dalam diri.

 

The 7 Habits of Highly Effective People

Rekomendasi buku motivasi diri terbaik selanjutnya adalah The 7 Habits of Highly Effective People atau 7 kebiasaan paling efektif manusia yang ditulis oleh Stephen R. Covey. Buku ini dipublikasikan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 1989 dan telah berhasil menjual sekitar 25 juta cetak di seluruh dunia. Buku yang memiliki 372 halaman ini membahas tentang 7 kebiasaan paling efektif yang bisa membuat seseorang bisa berhasil dalam mencapai tujuannya di dalam kehidupan.


 

Di dalam setiap bab yang ada, Covey membahas satu kebiasaan secara mendalam dan bagaimana kebiasaan tersebut bisa berkontribusi dalam menjalani hidup. Nah, 7 kebiasaan yang dibahas adalah:

 

·           Pertama: menjadi proaktif

Bertanggungjawab atas segala hal yang kamu lakukan, memiliki inisiatif untuk tetap optimis dan berusaha keras mengubah suatu keadaan menjadi lebih positif. Selain itu, sadarilah bahwa lingkungan pergaulanmu selalu memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap berbagai hal yang kamu hadapi dan alami, dan yang terakhir, jangan pernah menunggu suatu masalah terjadi sampai kamu mengambil aksi.

 

 

·           Kedua: mulailah dari akhir di dalam pikiran

Maksudnya adalah bahwa kamu harus mulai untuk memikirkan masa depan dan jangan pernah menyerah untuk tetap terpaku pada rencana yang ingin kamu jalani.

Selain itu, pahamilah bagaimana orang lain mengambil keputusan di dalam kehidupan mereka dan jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah yang mereka ambil.

Agar lebih efektif, kamu juga perlu berperilaku berdasarkan beberapa prinsip, seperti: kamu ingin menjadi siapa di masa yang akan datang? Apa yang harus aku katakan kepada diri sendiri? Dan bagaimana kamu ingin diingat oleh orang lain?Perlu diingat bahwa setiap kebiasaan baik yang kamu miliki kemungkinan bisa merubah hidupmu selamanya.

 

 

·           Ketiga: dahulukan yang utama

Mulailah untuk coba berpikir manakah yang harus menjadi prioritasmu, dan lakukanlah tugas-tugasmu berdasarkan skala prioritas yang sudah kamu buat.

 

 

·           Keempat: berpikir menang-menang (win win solution)

Dalam menjalin suatu hubungan, cobalah untuk selalu mencari solusi atas berbagai masalah yang terjadi, namun dengan hasil akhir yang saling menguntungkan satu sama lain. Berpikir menang-menang bukan berarti kamu berusaha untuk menjadi baik, tetapi lebih kepada penyelesaian masalah yang cepat.

 

 

·     Kelima: berusaha untuk mengerti orang lain terlebih dahulu, baru kemudian dimengerti

Mendengar perkataan orang lain dengan empati agar mereka juga melakukan hal yang sama padamu. Hal ini mampu menciptakan rasa kepedulian, menghormati, serta memecahkan masalah dalam bentuk yang lebih positif.

 

 

·           Keenam: sinergi

Menggabungkan kekuatan dari beberapa orang agar bisa menghasilkan kerjasama tim yang positif, sehingga guna mencapai tujuan, tidak ada satu orangpun yang akan bekerja sendirian.

 

 

·           Ketujuh: asahlah gergaji

Terakhir adalah dengan selalu berkembang. Seimbangkanlah antara energi dan kesehatan agar bisa menciptakan kehidupan yang bersifat jangka panjang, sebagai contoh seperti rutin melakukan meditasi ataupun yoga.

 

 

How to Win Friends & Influence People

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1936, buku How to Win Friends and Influence People karya Dale Carnegie sudah menjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh dunia. Maka dari itu, tak heran apabila buku ini juga masuk ke dalam daftar rekomendasi buku motivasi diri terbaik yang patut untuk kamu baca.Bahkan pada tahun 2011, buku ini berhasil menduduki urutan ke-19 dari 100 buku paling berpengaruh di dunia menurut majalah Time. Buku ini mengajarkan kita tentang 12 cara untuk dapat mempengaruhi orang lain terhadap cara berpikir kita sekaligus 9 cara untuk dapat mengubah orang lain tanpa ada rasa benci.


 

Selain itu, kamu juga akan belajar tentang bagaimana cara membuat orang lain menyukaimu, teknik dalam menghadapi orang lain yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dan masih banyak lagi.Dari kontennya saja, kita sudah bisa tahu bahwa buku yang berisi 288 halaman ini bisa mempengaruhi siapapun yang membacanya untuk menjadi lebih sukses dalam menjalankan kehidupan.

 

The Power of Positive Thinking

Rekomendasi buku motivasi selanjutnya adalah The Power of Positive Thinking yang ditulis oleh Norman Vincent Peale. Dengan membaca buku ini, kamu akan diberikan beberapa peraturan penting yang akan membawamu kepada pemikiran positif, sesuai judul bukunya sendiri.


Dalam buku ini, Dr. Peale menyampaikan bahwa pemikiran positif yang dimiliki oleh setiap orang pada nantinya akan membawa orang-orang tersebut kepada impian dan kesuksesan.

Kamu akan belajar mengenai beberapa poin penting dari dalam buku ini, diantaranya adalah:

  • Jangan ragu untuk berekspektasi tinggi dan selalu berusaha untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan
  • Selalu percaya pada diri sendiri dan apapun yang tengah kamu lakukan
  • Kembangkan kekuatan untuk dapat mencapai tujuan
  • Hilangkan sikap takut dan khawatir dan jalankan hidup yang santai dan rileks
  • Kembangkan hubungan dengan orang lain, baik itu hubungan pribadi maupun hubungan profesional
  • Selalu berperilaku baik pada diri sendiri
  • Mengambil kendali atas seluruh keadaan yang kamu alami

 

Tidak hanya itu, buku ini juga akan menjelaskan mengenai pentingnya menciptakan pikiran yang tenang dengan membaca buku-buku inspiratif, jernihkan pikiran, dan visualisasikan hal-hal yang membuat dirimu menjadi tenang.Dengan membaca buku setebal 128 halaman ini, diharapkan kamu menjadi lebih termotivasi dalam menjalankan kehidupan yang penuh dengan optimisme dan harapan.

 

Mulanya buku yang telah diterbitkan ke dalam 42 bahasa dan terjual sekitar 20 juta kopi ini tidak diterima oleh penerbit buku manapun. Hingga Peale merasa kesal dan memasukkan naskahnya ke dalam tempat sampah. Dia juga melarang istrinya untuk menyentuhnya. Keesokan harinya, sang istri yang tetap mematuhi perintah suaminya secara harfiah membawa naskah tersebut ke sebuah penerbit, masih tetap berada di dalam tempat sampah. Ditulis ketika usianya 50 tahun, buku ini memang patut masuk ke dalam buku motivasi terlaris sepanjang masa yang bisa membantu mencerahkan hidupmu.

 

Don’t Sweat The Small Stuff

Bagian penting dari motivasi adalah membersihkan pikiran dari kekacauan yang bisa memperburuk hidup Anda. Richard Carlson membantu Anda membedakan antara apa yang benar-benar penting dan layak mendapat perhatian, dan apa saja yang perlu diabaikan. Kutipan terkenal: "Stres tidak lebih dari sebuah bentuk penyakit mental yang dapat diterima secara sosial."


Buku ini berisi tentang kebiasaan memberi semangat dan mencintai orang lain dikombinasikan dengan sebuah konsepsi timur tentang waktu dan arti keheningan. Walau demikian, nilai sesungguhnya buku ini terletak pada kesadaran akan tuntunan hidup dan budaya, tempat kita hidup sekarang ini, yang mungkin menghancurkan. Kita mungkin memperoleh ketenangan dengan meditasi yang kita lakukan atau dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai selama akhir pekan. Tetapi efek ini segera luntur. Sehari-hari kita bergelut dengan kesibukan, kemacetan, marah-marah dan merasa kekurangan waktu.

 

Bagaimana cara membawa kedamaian dan perspektif ke dalam setiap momen kehidupan nyata? Carlson mengajukan pertanyaan yang menarik. Satu hal yang melegakan dari buku ini adalah bahwa buku ini memberitahukan pada kita untuk tidak merasa khawatir bila mempunyai perasaan buruk. Jangan menyingkirkan perasaan itu, tetapi cobalah menempatkannya dalam konteks yang lebih besar. Carlson juga menghadirkan strategi-strategi menarik yang bisa kita terapkan dalam hidup. Seperti bangun lebih pagi, jangan memotong atau menyelesaikan perkataan orang lain, tanyakan pada diri kita, “apakah setelah setahun lagi hal ini akan menjadi masalah?”, terbuka pada “apa yang ada” dan masih banyak strategi menarik lainnya. Buku yang didasari terapi kognitif ini menyatakan bahwa perasaan adalah produk dari pikiran; dengan menyadari apa yang kita pikirkan, kita dapat mengubah pikiran kita, dan kemudian perasaan kita.

 

Law of Attraction

Anda mungkin pernah mendengar atau membaca Hukum Ketertarikan (Law of Attraction). Hukum ini berlandaskan positif dan negatif.Sebagai contoh, suasana hati atau perasaan negatif akan memancarkan getaran negatif yang bisa dicirikan oleh muka kusut, was-was, marah, dan sejenisnya. Dan juga sebaliknya. Untuk menerapkan hukum tersebut, kita bisa mendapatkan jawabannya dalam buku ini.


Buku karya Michael J. Losieryang peraih bestseller international dan telah diterjemahkan ke dalam 37 bahasa ini merupakan panduan praktis bagi kita atau siapa saja yang ingin menerapkan hukum ini. Buku ini juga memberi panduan bagaimana mengubah getaran negatif menjadi getaran positif. Semuanya dijelaskan dengan cara yang mudah. Sehingga setelah membaca buku ini, kita akan lebih mudah menghadirkan energi positif dalam hidup kita. Dan menarik hal-hal positif untuk datang dalam hidup kita.

 

Masih banyak lagi tentunya buku-buku motivasi yang berhasil mendapatkan predikat bestseller international. Tetapi jauh melebihi itu semua, deretan buku motivasi ini telah berhasil membawa pencerahan dalam hidup jutaan orang di berbagai tempat di dunia ini. Kamu sedang mencari buku motivasi atau ingin mendapat solusi dari masalahmu dengan membaca buku, bisa jadi buku-buku ini adalah buku yang kamu cari. Atau barangkali, kamu udah punya salah satunya?

 

Selamat membaca.

 

Sumber :

cekaja.com

aksaragama.com

mobil88.astra.co.id

gramedia.com

sandiiswahyudi.com

id.bccrwp.org

opac.perpusnas.go.id

franklincovey.com

henkykuntarto.wordpress.com

dawsoncreekchamber.ca

boilingpointpodcast.com

oneincomedollar.com

medium.com

koorong.com

23 comments

  1. Dari semua buku di atas belum ada yang aku baca hehe.. Buku yg sering aku baca kebanyakan novel 😅

    ReplyDelete
  2. Dari keenam buku di atas, belum ada yang pernah saya baca. Justru buku motivasi lain yang sudah saya punya (belum dibaca juga): Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson, Mengatasi Masalah Besar dalam Hidup karya Richard Carlson, Men's Search for Meaning karya Victor E. Frankl, dan Big Magic karya Elizabeth Gilbert.

    Kesemua buku pernah saya baca walau cuma setengah buku. Karena merupakan buku motivasi, jadi pas baca bukunya, serasa dapat suntikan semangat baru. Kendalanya, lama-lama efek itu luntur juga. Buku motivasi memang harus dibaca sekaligus diresapi. Kalau perlu dipraktikkan langsung.

    ReplyDelete
  3. Keren-keren ....

    Buku Mindset: the New Psychology for Success luar biasa, bisa bertengger jadi top-seller di amazon.com sejak diterbitkan hingga sekarang.

    ReplyDelete
  4. Sepertinya saya pernah punya buku Don't Sweat The Small Stuff. Dulu saya penggemar buku-buku seperti ini. Sekarang udah jarang banget baca buku

    ReplyDelete
  5. Bukunya bagus-bagus, tapi bagiku agak berat, hehehe. Buku motivasi dan strategi kaya gitu kalau ditetapin di kehidupan tuh bikin damai

    ReplyDelete
  6. saya dulu menggemari buku seri "dont sweat the small stuff" mbak, sama chicken soup, sampai sekarang masih disimpan rapi buku2nya hehee

    ReplyDelete
  7. Buku-buku motivasi seperti ini sangat wajib dibaca ya. Sangat menginspirasi dan membawa dampak perubahan positif bagi banyak orang. Kakakku dan suamiku nih yang sering beli buku-buku motivasi seperti ini, aku tinggal nebeng baca aja hehe.

    ReplyDelete
  8. Mau coba baca buku motivasi lagi aahhh
    Selama pandemi ini, yg daku baca buku LKS kelas 8 SMP ama buku tabungan
    wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Sepertinya buku2 keren nih..tapi blm satupun yg kubaca. Hihi.. Trmksh sharingnya mba..mudah2an kpn2 bisa baca beberapa atau bahkan semua..

    ReplyDelete
  10. positive thinking dan 7 habbits ku ada tp dari jaman 10 tahun lalu sampai sekarang belum juga selesaiii. huaaa.

    ReplyDelete
  11. ini buku bergizi banget yaaa, cocok banget nih jadi bacaan di masa pandemi seperti sekarang ini agar semua orang bisa tetap semangat menjalani harinya

    ReplyDelete
  12. Aku baru mau beli the 7 habits punyanya Covey, di timeline teman sering update tentang buku ini

    ReplyDelete
  13. aku udah baca juga yang the power of positive thinking hehehe , yang lainnya belum bacaaa, jadi kepo deh sama yang lainnya hehehe

    ReplyDelete
  14. Aku belum baca semua judul buku motivasi ini, dan ini mengingatkanku pada setumpuk buku yang belum terbaca 😭

    ReplyDelete
  15. Buku buku bagus ini saya dulu punya buku seven habitnya steven covey ... buku2 bagus sayang semangat baca saya sekarang menurun nih..

    ReplyDelete
  16. Saya sudah membaca yang 7 habits itu mbak, memang mencerahkan yaa. Apalagi sekarang ada 7 habits versi anak-anaknya, jadi mudah memberi bimbingan anak-anak bagaimana memotivasi dirinya agar bisa melakukan 7 kebiasaan baik dengan mudah.

    ReplyDelete
  17. 7 Habits dlu pernah baca diajarin pas kuliah. Lalu ama suami sering bahas juga dulu. Makasih mba referensi buku lainnyaa

    ReplyDelete
  18. Salah satu jenis buku yang saya suka tuh yaa buku buku motivasi seperti ini. Entah kenapa, semangat aja gitu bacanya.

    ReplyDelete
  19. Belum pernah tak baca semua ini bund. Jadi punya rekomendasi bagus ini. Tapi kadang malas baca kalau temanya yang serius. Tapi ini kan motivasi bikin makin semangat menjalani hidup ya

    ReplyDelete
  20. Cover's book is indeed legendary mbaaa. Aku juga banyak baca dan belajar dari situ

    ReplyDelete
  21. Yakiin, jadi ngiler kalau lihat buku-buku yang bagus-bagus kayak gitu, gimana sih kakak tips supaya bisa giat membaca utamanya saat pandemi kayak begini.

    ReplyDelete
  22. Bukunya bagus semua mbak, dulu waktu kuliah aku paling senang dengan buku2 ini. Apalagi banyak manfaat yg didapat dan menambah motivasi.

    ReplyDelete
  23. Keren deh bacaannya buku-bukunya bagus banget dan tentunya pasti kita termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi

    ReplyDelete