Ide Kudapan Segar Berbahan Dasar Buah

 

Akhir-akhir ini, kudapan berbahan dasar buah kembali menjadi tren yang kian diminati. Apalagi di saat cuaca panas khas bulan Agustus. Kamu penyuka buah sekaligus kudapan dan ingin menikmati keduanya bersamaan, atau kamu sedang memikirkan ide untuk bisnis kulinermu? Berikut beberapa ide kudapan berbahan dasar buah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

 

     1.   Dalgona Buah

Dalgona kini tengah menjadi salah satu kuliner kekinian yang naik daun. Minuman yang memadukan kopi yang di-mikser hingga berbusa dan disajikan di atas susu UHT dan es tersebut juga bisa lho dipadukan dengan buah.

Kamu bisa memilih beragam jenis buah seperti alpukat, mangga dan buah naga untuk membuatnya. Hanya saja untuk  buah naga, strawberry dan mangga, kamu bisa meniadakan kopi. Sementara untuk alpukat, pencampuran dengan kopi akan memberikan sensasi rasa yang berbeda.

Untuk membuat dalgona alpukat kopi, kita butuh  kopi bubuk, buah alpukat yang diambil daging buahnya, gula pasir, susu UHT dan air. Campurkan air, gula dan bubuk kopi lalu mixer hingga berbusa. Sementara untuk alpukatnya, kamu bisa mencincang kasar atau memblendernya bersama susu UHT. Selanjutnya sajikan dengan busa kopi yang kamu buat sebelumnya. Jangan lupa tambahkan es batu untuk membuat minumannya tambah segar.

Namun bagi kamu yang kurang menyukai kopi, kamu bisa membuat dalgona buah dengan cara berikut ini. Untuk buah alpukat atau mangga, kamu cukup memblendernya bersama gula sesuai selera hingga mengental. Lalu tuangkan di atas susu UHT dan beri es secukupnya. Sedangkan untuk strawberry atau buah naga, setelah menghancurkan daging buahnya, kamu bisa memasaknya bersama gula dengan api kecil hingga mengental. Setelah dingin, sajikan di atas susu UHT yang telah diberi es secukupnya.

Untuk menyajikannya, kamu bisa menghiasnya dengan potongan buah yang diletakkan di pinggiran gelas. 

 

2.   Teh Peach Aneka Buah

Teh merupakan pilihan cemilan buah selanjutnya. Untuk menyajikan cemilan ini, kamu membutuhkan teh bubuk atau teh celup, buah peach kalengan, strawberry, daun mint, dan jeruk mandarin. Caranya cukup dengan menyeduh teh. Lalu potong-potong buah dengan ukuran hampir sama besar. Masukkan buah ke dalam teh lalu sajikan bersama es batu.

 

     3.   Salad Buah

Salad buah merupakan salah satu cemilan yang juga sering dijadikan ide usaha. Dijual dengan berbagai ukuran, salad buah bisa disajikan dengan memadukan berbagai jenis buah. Ditambah lagi dengan jelly beraneka warna dan rasa yang sangat pas untuk dipadukan.

Untuk membuatnya, kamu membutuhkan buah seperti buah apel, pir, strawberry, anggur, mangga, semangka, kiwi, jeruk mandarin, ditambah krimer kental manis, mayonaise, susu UHT dan keju parut. Siapkan pula jelly aneka rasa dan warna yang telah dimasak dan dibekukan.

Untuk membuatnya, kamu bisa memotong aneka buah tersebut dan ditata pada mangkuk yang telah disiapkan. Tambahkan pula jelly yang telah dipotong-potong. Di tempat lain campur mayonaise, susu UHT dan krimer kental manis sehingga menjadi campuran yang cukup kental. Untuk tingkat kemanisannya, kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu ya.

Siramkan campuran saus ini ke dalam campuran buah dan jelly tadi. Letakkan keju parut di atasnya lalu tata beberapa buah potong di atasnya. Salad buah siap disajikan.

 

    4.   Mango Punch

Kamu penggemar mangga? Mangga biasanya mulai banyak dijual pada bulan ini lho. Untuk menyajikan mangga dengan cita rasa yang lebih semriwing, kamu bisa mencoba resep Mango Punch ini. Siapkan mangga yang manis, es batu, biji selasih yang telah direndam air, dan air soda. Untuk menyajikannya, kamu bisa memblender mangga terlebih dahulu. Lalu letakkan es batu di dalam gelas, taruh selasih, siram dengan jus mangga hingga tiga perempat gelas. Terakhir guyur dengan air soda hingga gelas hampir penuh. Segera sajikan.

 

    5.   Puding Strawberry Keju Susu

Susu bercampur potongan strawberry merupakan salah satu minuman kekinian yang hits di Korea saat ini. Tetapi jika kamu menginginkan cemilan ini makin yummy, kamu bisa mencoba resep berikut ini. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan beberapa buah strawberry segar, gula secukupnya, agar-agar plain, keju parut dan susu UHT.

Mulailah dengan membuat puding strawberry. Campurkan air, gula, agar-agar dan strawberry yang telah dihancurkan. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Masukkan ke dalam gelas saji hingga setengahnya dan bekukan. Selanjutnya masak susu UHT bersama keju hingga mengental, dinginkan.

Untuk penyajiannya, letakkan campuran susu dan keju yang telah dimasak tadi ke atas puding strawberry. Hiasi dengan potongan strawberry segar, sajikan.

 

    6.   Es Kelapa Muda dengan Jeruk

Menikmati es kelapa muda atau yang kita kenal dengan nama dogan di pinggir pantai merupakan hal yang sangat menyenangkan. Ingin merasakan sensasi ini walaupun kita masih berjuang menghadapi pandemi corona? Yup, kamu cukup menyiapkan satu buah kelapa muda, air jeruk secukupnya, es, selasih yang telah direndam dan serutan melon. Agar lebih segar, kamu bisa menambahkan jelly plain yang telah dimasak dan dibekukan dan nata de coco.

Untuk menyajikannya, pisahkan kelapa muda dengan airnya. Selanjutnya tata dalam gelas, daging buah kelapa muda, serutan melon, nata de coco, dan jelly plain. Masukkan pula selasih dan es batu. Lalu siram dengan air jeruk hingga setengah gelas dan masukkan pula air kelapa tadi. Segera sajikan.

 

    7.   Es Teler

Sajian cemilan berbahan dasar buah selanjutnya adalah es teler. Untuk menambah rasa yang istimewa, kita bisa menyajikan dengan toping es krim sesuai selera. Untuk membuat sajian ini, kita membutuhkan alpukat, nangka, daging buah kelapa muda, selasih yang telah direndam, kolang-kaling, agar-agar warna yang telah dimasak dan dibekukan,  sirup gula, krimer kental manis, es serut, sirup merah dan es krim sesuai selera (vanila, strawberry, durian).

Untuk penyajiannya, tata buah, selasih dan agar-agar ke dalam gelas/mangkuk saji. Lalu masukkan sirup gula, es serut dan es krim. Terakhir siram dengan sirup merah dan krimer kental manis di atasnya. Namun jika kamu tidak menyukai sirup merah, kamu bisa meniadakan bahan ini. Sajikan.

 

    8.   Es Rujak Mangga

Kamu penyuka rasa pedas tetapi juga menyukai buah? Resep yang satu ini pas untuk kamu. Untuk membuatnya kita membutuhkan buah kweni (mangga indramayu, arum manis, manalagi juga bisa) yang dipotong berbentuk korek api, buah timun yang telah dibuang bijinya dan diserut. Lalu gula pasir, cabe rawit sesuai selera dan diiris tipis, air jeruk nipis dan daging jeruk bali secukupnya.

Untuk membuatnya, cukup campur semua bahan dan aduk hingga bulir-bulir jeruk bali terpisah dan larut. Simpan es rujak ini dalam lemari es hingga cita rasa buah, gula dan cabai tercampur rata. Setelah beberapa jam, sajikan es rujak mangga dan nikmati bersama keluarga atau kerabatmu ya.

 

    9.   Es Buah Tropis

Menu ini menjadi salah satu menu yang biasanya ada di hari-hari spesial seperti hajatan dan lebaran. Untuk membuatnya, kita membutuhkan pepaya matang yang masih agak keras, nenas dan bengkoang. Siapkan pula air dan gula secukupnya. Untuk memberi cita rasa yang makin istimewa, siapkan pula air soda secukupnya.

Untuk membuatnya, kupas buah dan potong-potong sama besar. Lalu masak air bersama gula hingga gula larut dan air mendidih. Masukkan nenas, bengkoang lalu masak selama 10 menit. Masukkan pepaya dan masak lagi 5 menit. Dinginkan. Saat akan menyajikan, tambahkan es batu dan air soda. Sajikan.

 

Itu dia, 9 ide cemilan berbahan dasar buah yang bisa kamu buat di rumah. Ataupun untuk dijadikan ide usaha. Selamat mencoba ya.

 

Sumber :

femina.co.id

pinterest

mangcook.com

sajiansedap.grid.id

flavouroffood.com

cookpad.com

lifestyle.okezone

kompas.com

 

 

No comments