Bepergian Menggunakan Bus Di Era New Normal, Cek dulu Persyaratannya

 

Keberadaan pandemi Covid-19 telah mengubah sejumlah kebiasaan masyarakat. Tidak hanya dalam hal menjaga kesehatan, tetapi juga dalam hal mengendarai transportasi umum. Transportasi yang Anda gunakan tersebut akan menerapkan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh setiap penumpangnya. Hal ini dalam upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran virus dari Covid-19 sendiri. 

 

Syarat Melakukan Perjalanan Di Masa New Normal

 

Setelah melalui waktu beberapa bulan untuk stay at home akibat pandemi Covid-19, kini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan adaptasi terhadap kebiasaan atau kenormalan baru. Di mana Anda bias kembali beraktivitas di luar ruangan, dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

 

Memasuki masa new normal, Anda telah dapat bepergian dan bisa pesan tiket travel shuttle lewat Traveloka. Bahkan, beberapa tempat wisata juga sudah mulai dibuka untuk melayani masyarakat yang ingin berwisata setelah sekian lama. Namun tetap saja, semua tempat wisata tersebut tetap akan memberlakukan protokol kesehatan begitu juga dengan transportasi yang Anda gunakan, baik travel maupun bus.

 

Kebijakan pemerintah yang telah mengizinkan transportasi umum untuk bisa kembali beroperasi sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Darat Nomor SE.9/AJ.201/DRJD/2020. Di mana melalui surat ini telah diatur mengenai kriteria dan persyaratan bagi orang yang akan melakukan perjalanan di masa new normal. Apa saja persyaratan tersebut?

 

1.      Menunjukkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya.

2.      Menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 berdasarkan pada Polymerase Chain Reaction (PCR)/rapid test. Di mana tes PCR dan rapid test tersebut berlaku selama 14 hari.

3.      Pada daerah yang tidak terdapat sarana memadai untuk melakukan tes PCR ataurapid, dapatmenunjukkansuratketeranganbebasgejala, seperti sakit influenza yang diperoleh dari rumah sakit maupun puskesmas.

4.      Melakukan pengunduhan dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi di telepon seluler. Anda bias mengunduhnya melalui App Store atau Google Play Store.

5.      Mengenakan masker, menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, serta cuci tangan secara rutin.

 

Cara Operator Bus Menghadapi New Normal

 

Setiap bus memiliki cara masing-masing untuk menghadapi new normal sebagai upaya menghindari penyebaran virus Covid-19. Salah satunya seperti yang dilakukan perusahaan Otobus (PO) Pahala Kencana melalui program Clean Trip bersama Traveloka.

 

Untuk memastikan keamanan penumpang saat bepergian dengan bus, operator-operator Bus & Travel Traveloka, seperti Pahala Kencana, telah mengambil langkah-langkah pencegahan tambahan. Langkah-langkah yang diambil mencakup hal berikut ini:

 

  • PembersihTangan (Hand Sanitizer)

Pembersih tangan disediakan di dalam bus dan di titik-titik pemberhentian.

  • Desinfeksi

Desinfeksi dilakukan secara rutin di bus dan di lokasi keberangkatan.

  • Pengurangan Kapasitas Penumpang

Kapasitas penumpang bus telah dikurangi hingga 30%.

  •  Pemeriksaan Kesehatan

Pengecekan kesehatan penumpang, pengemudi, dan staf bus rutin dilakukan sebelum perjalanan dimulai. Individu yang menunjukkan gejala infeksi saluran pernapasan dilarang naik ke bus.

  • Penjagaan Kesehatan Staf

Pengemudi dan staf bus mengenakan masker wajah untuk keseluruhan perjalanan. Staf konter juga mengenakan masker wajah.

  •  Penggunaan Masker Wajah

Penumpang yang tidak memakai masker wajah akan dilarang naik ke bus.

Upaya di atas dilakukan untuk memperkecil risiko penularan di antara penumpang. Dengan begitu, penumpang bias tetap melakukan perjalanan tanpa gelisah dan sampai di tujuan dengan kondisi yang sehat.

 

Jadi, memasuki era new normal, senantiasa patuhi protocol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah maupun dari pihak operator bus, ya. Selamat bepergian dengan aman dan nyaman!

 

No comments