Review Otomotif Chopper, Custom Hits yang Sedang Digandrungi

sumber : liputan6.com
Modifikasi motor saat ini semakin beragam. Bentuknya semakin unik dan menarik. Yang paling baru dan tengah menjadi hits adalah custom motor Chopper. Modifikasi motor ini menjadi buah bibir. Bahkan review otomotif motor ini  sempat diulas diberbagai media. Hanya karena motor ini dipakai oleh Bapak Presiden Jokowi. Kini Anda pun bisa memodifikasi motor milik Anda dengan custom Chopper.


Namun, sebelum melakukannya, terlebih dahulu kita review dan berkenalan dengan motor unik ini;


     1.      Chopper Berarti Potong

Jika ditilik dari namanya, Chopper berarti potong. Modifikasi motor ini memang mengaplikasikan potong sana sini. Jadi apabila sebuah motor dimodifikasi dan mengalami pemotongan di sana sini, sudah jelas Ia termasuk Chopper. Hanya saja tiap modifikasi memang berbeda. Sesuai dengan keinginan pemilik. Modifikasinya pun disesuiakan dengan ukuran tubuh orang Indonesia.


    2.      Sparepartnya Tidak Ada yang Orisinil

Yang menyebabkan custom yang satu ini istimewa bukan terletak pada modifikasinya saja yang unik, tapi dari segi sparepartnya yang tidak orisinil. Pada awalnya sparepart yang dibeli adalah yang asli. Namun, pada pengerjaannya mengalami modifikasi dan pemotongan hingga tidak nampak orisinil lagi.


    3.      Ciri Khasnya Menggunakan Setang dan Fork yang Panjang

Review otomotif motor ini semakin ramai ketika Bapak Presiden Jokowi membeli salah satu custom motor ini di kawasan Lebak Bulus. Jika dilihat dari tampilannya, custom ini memiliki ciri khas yang jarang dimiliki oleh custom motor yang lain. Yakni bentuk setang dan fork yang panjang menjulang. Dibagian belakang tidak terdapat suspensi sehingga penampilannya terkesan menarik dan ekstrim.
 
sumber : otomotif.tempo.co

     4.      Secara Review Otomotif Hampir Mirip dengan Harley

Banyak yang berpendapat bahwa custom motor ini mirip dengan motor Harley. Sekilas memang mirip. Yang membedakan adalah setang dan garpu depan motor yang dibuat memanjang. Sesuai dengan bentuk aslinya yang lebih banyak digunakan oleh orang bule sehingga dibuat memanjang. Ketika sampai di Indonesia kemudian mengalami modifikasi lagi disesuaikan dengan tinggi orang Indonesia. Jadi sekarang banyak ditemui Chopper dengan setang yang pendek.


     5.      Waktu Pengerjaan Cukup Lama

Terlihat simple dan sederhana. Nyatanya, pengerjaan custom motor ini ternyata cukup rumit dan bisa memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari konsep, mencari spare part, riset, proses hingga menjadi custom yang diinginkan, semuanya memakan waktu yang lama. Tak salah jika motor ini mendapat julukan motor ekstrem.

Biasanya paling cepat waktu yang dibutuhkan adalah satu bulan. Akan tetapi, jika konsep yang diusung semakin rumit, maka waktu yang dibutuhkan pun semakin lama.


     6.      Bahan Dasar Pembuatan Chopper

Bahan dasar pembuatan chopper adalah dengan memakai bahan frame standar dimana bagian down tube atau back bone dikurangi atau ditambah untuk proses pemanjangan. Jika bagian down tube telah mengalami perubahan, biasanya akan diikuti dengan teknik pengubahan bagian komstrir hingga menjadi lebih mendongak. Tangki diganti dengan dimensi yang lebih kecil disertai dengan aplikasi fender bagian belakang menjadi lebih pendek. Teknik dasar inilah yang menjadikan Chopper begitu istimewa.


Demikian sekilas tentang review otomotif motor custom Chopper yang belakangan tengah menjadi hits. Tidak cukup sulit bukan untuk melakukan modifikasinya. Asalkan tahu cara dan tekniknya. Namun, lebih baik memang dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Apabila Anda ingin mengetahui tentang review modifikasi motor lain yang lebih unik bisa mengunjungi portal Otoloka.id. Portal otomotif online Otoloka ini banyak menyediakan informasi tentang modifikasi berbagai motor dan informasi lainnya.




No comments