IFA Award, Apresiasi Tertinggi Untuk Lembaga Kemanusiaan

Berdonasi online, boleh dikatakan telah menjadi gaya hidup kaum millenial. Selaras dengan hal tersebut, lembaga filantropi atau fundraising pun tumbuh begitu pesatnya bak jamur di musim hujan. 

Pertama kali saya mengenal lembaga fundraising, adalah melalui sosial media. Beberapa kali pula saya ikut berdonasi secara online di dalam program-program yang mereka miliki. Beberapa program donasi yang pernah saya ikuti, antara lain program zakat, waqaf, kesehatan, pendidikan, hingga pangan.

Jujur, berdonasi online melalui lembaga fundraising memang bikin ketagihan. Bagaimana tidak. Cukup dengan menggerakkan jemari di atas ponsel, dalam beberapa menit saja kita sudah bisa berkontribusi untuk masyarakat dan (insya Allah) mendulang pahala. Bahkan donasi pun bisa diberikan mulai dari nominal yang kecil.

Saya ingat, seorang presenter terkenal pernah menunjukkan skrinshot orang-orang yang ikut berdonasi di masa pandemi ini. Meskipun hanya dengan sepuluh ribu rupiah, karena dalam keseharian mereka juga mengalami kesulitan, namun nyatanya mereka tetap tergerak untuk bersedekah. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa lembaga-lembaga fundraising, berhasil memotivasi masyarakat dari segala lapisan untuk ikut berbagi.

Pesatnya pertumbuhan lembaga fundraising juga ditunjang oleh kultur masyarakat Indonesia yang gemar bergotong royong, sehingga potensi kedermawanan orang Indonesia sangatlah besar. Bahkan pada tahun 2018, Charities Aid Foundation menobatkan Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia. Pemilihan tersebut didasarkan atas 3 (tiga) indikator : donasi uang, partisipasi sebagai relawan dan kesediaan membantu orang asing.
sumber : katadata.co.id
Potensi ini tentunya akan berkontribusi besar terhadap pemberdayaan umat, jika dikelola secara baik dan bertanggung jawab.

Untuk itulah, Institut Fundraising Indonesia (IFI) sangat mengapresiasi lembaga-lembaga yang telah berkiprah dalam aktivitas sosial kemanusiaan di Indonesia. Dan sebagai bentuk apresiasi itu, adalah dengan digelarnya Indonesia Fundraising Award 2020.

Sekilas Tentang IFI
Mari sejenak kita berkenalan dengan IFI. Ini merupakan lembaga training, consulting dan publishing yang bergerak di bidang fundraising, didirikan oleh Arlina F. Saliman dan M.Arifin Purwakananta pada tahun 2013. Keduanya adalah tokoh  yang sudah malang melintang di dunia fundraising.
Lahir dan terbentuknya IFI didorong oleh faktor-faktor sebagai berikut :
  • Adanya keresahan akan minimnya kaderisasi sumber daya manusia di bidang fundraising.
  •  Masih banyak lembaga sosial yang tidak berkembang karena strategi fundraising yang kurang tepat.

Adapun visi dan misi IFI, dapat kita lihat pada grafis berikut  :


Arlina berharap, hadirnya IFI bisa mewarnai dunia sosial sehingga lembaga sosial akan tumbuh dan mandiri dengan fundraising public dan dukungan masyarakat.

Perhelatan IFA Award 2020
Sebagaimana dikatakan oleh Direktur IFI, Arlina F.Saliman,  lembaga-lembaga fundraising telah berhasil menggerakkan kepercayaan publik untuk terus berbagi terhadap sesama. Sehingga wajib diapresiasi keberadaannya dan IFI merasa wajib untuk memberikan penghargaan kepada lembaga-lembaga sosial kemanusiaan tersebut. Selain itu, pemberian penghargaan ini juga dimaksudkan untuk :

Penghargaan perdana yang diberi nama Institute Fundraising Award (IFA) ini, diberikan setelah melalui proses penjurian oleh dewan juri yang terdiri dari : Direktur KNKS Ahmad Juwani, Direktur IFI Arlina F. Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto. Sebagaimana dikatakan Ibu Arlina, proses penilaian dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan : pendataan, seleksi berkas dan administrasi, serta penjurian.

Tahapan penilaian ini telah dimulai sejak Januari 2020, dilakukan secara cermat menggunakan metode yang terukur dalam menilai lembaga-lembaga kemanusiaan yang selama ini telah berkontribusi aktif dalam mengentaskan masalah sosial dan kemanusiaan. Sedianya pemenang IFA Award 2020 ini akan diumumkan pada bulan Maret 2020. Namun karena terkendala pandemi covid-19, pengumuman baru dilaksanakan pada Juli 2020.


Menurut Direktur Eksekutif Forum Zakat Agus Budiyanto, sampai hari ini, data lembaga kemanusiaan yang tergabung di dalam forum zakat, jumlahnya mencapai 148 lembaga. Dan jumlah lembaga filantropi di Indonesia saat ini tercatat mencapai angka 400 lembaga.

“Ini membuktikan bahwa banyak lembaga fundraising yang dipercaya masyarakat,” demikian ujar Direktur KNKS, Ahmad Juwani.

Selain itu, masih menurut Agus Budiyanto, pada masa pandemi covid 19 ini, sebanyak 110 lembaga zakat telah menyalurkan dana penanganan covid-19 meliputi bantuan APD, pemulasaran jenazah, bantuan ekonomi kepada keluarga terdampak covid, dan sebagainya. Total dana yang digelontorkan untuk program ini telah mencapai 350 Miliar. 

Terdapat 17 (tujuh belas) kategori nominasi IFA Award yang dianugerahkan kepada berbagai lembaga yang sudah berjibaku dalam kemanusiaan, meliputi : Fundraising Zakat Terbaik, Fundraising Infak Terbaik, Fundraising Kemanusiaan Terbaik, Fundraising CSR Terbaik, Fundraising Digital Terbaik, Platform Fundraising Digital Terbaik, Fundraising Program KesehatanTerbaik, Fundraising Program Pendidikan Terbaik, Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik, Fundraising Program Bantuan HukumTerbaik, Fundraising Wakaf Produktif Terbaik, Fundraising Komunitas Terbaik, Fundraising Penggalangan Dana Langsung, Fundraising KurbanTerbaik, Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi, dan Life Achievement Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia.

Berbagai lembaga yang masuk di dalam nominasi antara lain : Aksi Cepat Tanggap, Dompet Dhuafa, Lazis Nu, PMI, LAZ Harfa, Yatim Mandiri dan lembaga-lembaga besar lainnya. 

Untuk tahun ini, Penghargaan IFA 2020 dilakukan secara daring mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi profesionalitas dan  kemegahan acara yang juga dihadiri oleh para nominator, media massa, media online, tokoh masyarakat, dan puluhan blogger Indonesia.
 
Direktur IFI Arlina F. Saliman (kiri) pada acara IFA Award yang digelar secara daring
Dalam acara penghargaan tersebut, IFI juga berterima kasih kepada lembaga-lembaga pendukung gerakan fundraising di Indonesia seperti Pegadaian Syariah, Bamuis BNI,  Yatim Mandiri, Badan Wakaf Alquran, Solo Peduli, LazHarfa, Nurul Hayat, dan Sekolah Relawan.


PEMENANG IFA AWARD 2020
Lantas, siapakah pemenang IFA Award 2020?
Berikut daftar kategori, pemenang dan kiprah prestasi masing-masing lembaga peraih penghargaan :

Kategori Fundraising Zakat Terbaik
Pemenang : Dompet Dhuafa
Kiprah prestasi : Selama 27 tahun membentang kebaikan zakat kepada lebih dari 19 juta penerima manfaat.

Kategori Fundraising Infak Terbaik

Pemenang : Baitul Maal Hidayatullah

Kiprah prestasi :  berhasil mengelola infak melintasi berbagai daerah di Indonesia. Terdapat tidak kurang dari 287 pesantren telah eksis dan berkiprah, 5213 dai tersebar di nusantara, ribuan keluarga dhuafa terberdayakan mandiri, dan ribuan anak usia sekolah mendapat pendidikan yang layak.


Kategori Fundraising Kemanusiaan Terbaik
Pemenang :  Aksi Cepat Tanggap
Kiprah prestasi : aktif dalam bencana-bencana alam dan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun luar negeri.


Kategori Fundraising CSR Terbaik
Pemenang : Human Initiative
Kiprah prestasi : mendapat penghargaan dari BNPB karena dinilai telah berjasa mendukung Pemerintah dalam penanggulangan bencana pada tahun 2018, dan semakin dipercaya menyalurkan CSR-CSR darikorporat.

Kategori Fundraising Digital Terbaik
Pemenang : Baznas
Kiprah prestasi : lembaga terdepan dalam inovasi-inovasi digital dalam melakukan kampanye fundraisingnya, juga merangkul berbagai mitra untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi.

Kategori Platform Fundraising Digital Terbaik
Pemenang : kitabisa.com
Kiprah prestasi : Menggabungkan pergerakan sosial dengan kekuatan teknologi digital, sehingga memudahkan penggalangan dana di berbagai pergerakan.

Kategori Fundraising Program KesehatanTerbaik
Pemenang : Palang Merah Indonesia
Kiprah prestasi : PMI merupakan lembaga paling berdedikasi  dalam bidang kesehatan baik sebelum masa pandemi, terlebih saat pandemi seperti ini.

Kategori Fundraising Program PendidikanTerbaik
Pemenang : Yatim Mandiri
Kiprah prestasi : program sekolah unggulan.

Kategori Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik
Pemenang : ICW
Kiprah prestasi : memberdayakan masyarakat untuk terlibat/berpartisipasi aktif melakukan perlawanan terhadap praktik korupsi.

Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik
Pemenang : LBH Jakarta
Kiprah prestasi : berjasa mendampingi, memberi bantuan hukum kepada masyarakat.
 
Kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik
Pemenang : Sinergi Foundation
Kiprah Prestasi : menggerakkan potensi waqaf untuk pemberdayaan umat

Kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung
Pemenang : LMI
Kiprah prestasi : lembaga terpercaya dalam melakukan penggalangan dana secara langsung di masyarakat

Kategori Fundraising Kurban Terbaik,
Pemenang : LAZISNU
Kiprah prestasi : melakukan penggalangan kurban dan mendistribusikan kepada masyarakat

Kategori Fundraising Komunitas Terbaik
Pemenang : Gerak Bareng
Kiprah prestasi : merupakan komunitas yang aktif bahu membahu dalam membantu sesama dan fokus dengan berbagai galang dana di komunitasnya.

Kategori Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi
Pemenang : STF UIN
Kiprah prestasi : lembaga kemanusiaan dari jalur pendidikan

Kategori spesial Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising di Indonesia
Diberikan kepada Almarhum Gus Sholah. Atas kiprah dan kepedulian beliau dalam bidang sosial kemanusiaan. Sebagai tokoh yang aktif di pesantren, beliau paham bahwa fundraising merupakan salah satu poin utama kemandirian organisasi.


Semua pemenang adalah lembaga-lembaga yang memang terbukti telah berbuat banyak kepada masyarakat Indonesia. Selamat kepada semua pemenang. Semoga terus aktif, bertambah profesionalitasnya dalam mengelola dana umat dan semakin banyak masyarakat yang merasakan peran lembaga kemanusiaan.



 Sebelum menutup tulisan ini, berikut adalah harapan saya kepada lembaga-lembaga kemanusiaan yang ada di Indonesia saat ini :
  •  Agar program-programnya terdistribusikan secara merata ke seluruh wilayah tanah air. Sebagai abdi negara yang berkecimpung dalam usaha mikro kecil di daerah saya, sejauh ini, bantuan yang sampai kepada masyarakat kecil yang membutuhkan, masih didominasi oleh bantuan pemerintah dan organisasi / komunitas setempat. Dalam hal ini, lembaga fundraising bisa bekerjasama dengan pemda setempat dalam hal pendataan masyarakat yang membutuhkan untuk kemudian menetapkan program bantuan yang tepat untuk disalurkan
  • Selain melakukan penggalangan dana, diharapkan lembaga-lembaga kemanusiaan juga dapat berkontribusi aktif dalam hal pemberdayaan melalui pelatihan-pelatihan lifeskill, peluang untuk berkreasi dan memperluas jaringan, serta pengelolaan usaha dengan permodalan non ribawi
  •  Jika memungkinkan, lembaga juga dapat memberikan apresiasi kepada individu yang berpartisipasi aktif dalam berdonasi melalui lembaganya. Hal ini tentunya tidak bermaksud menyelisihi niat sang donatur untuk semata-mata mengharapkan ridho Allah, tetapi dalam rangka memotivasi umat untuk lebih giat bersedekah. Pemberian apresiasi dapat dilakukan tanpa publikasi untuk menghindari unsur riya dan ujub yang mungkin timbul pada penerima apresiasi tersebut.

Tabik kepada IFI atas gelaran IFA Award 2020. Semoga pemberian penghargaan ini dapat dilakukan setiap tahunnya dan semakin memotivasi para lembaga kemanusiaan untuk meningkatkan profesionalitas serta semangat bersedekah dari masyarakat di segala lapisan.

Bagi anda yang ingin menyaksikan perhelatan IFA Award 2020, silakan klik video di bawah ini ya :

16 comments

  1. Zaman sekarang memang serba online termasuk berdonasi. Jadi kalau ada lembaga bergerak di bidang ini, kemanusiaan, ya kita dukung. Penghargaan sebagai wujud terima kasih dan semangat buat mereka

    ReplyDelete
  2. Lembaga fundraising sekarang banyak banget bantu masyarakat ya soalnya gak cuma melulu mengeluarkan dan beruba uang tapi juga pelatihan-pelatihan. Ada awardnya juga ternyata ya lembaga fundraising

    ReplyDelete
  3. Rasa kedermawanan masyarakat Indonesia memang juara, deh! Award begini juga bisa bikin saya tau mana aja lembaga fundraising yang bisa dipercaya

    ReplyDelete
  4. Keren ini kegiatannya. Btw selamat ya buat para pemenang. Kegiatan awards kayak gini moga diadakan terus tiap tahun yaa

    ReplyDelete
  5. Wah saya baru tahu nih ttg IFA dan IFI ini.. Semoga penghargaan ini mendorong kinerja lebih dari lembaga-lembaga fundraising ini ya..

    ReplyDelete
  6. Sekarang tuh dimudahkan banget sama lembaga atau platform yg bergerak di bidang kemanusiaan.

    Bahkan sekarang udah ada penghargaan ya juga ya. Semoga makin banyak ya lembaga2 yg juga fokus sama kemanusiaan biar orang2 juga makin aware bt saling bantu satu sama lain

    ReplyDelete
  7. Bangga bgt Indonesia jd negara paling dermawan sedunia
    Emang kalau ada apa2 tuh gercep sih masyaaAllah
    Ini yg paling bikin kangen: semangat gotong royongnya

    ReplyDelete
  8. IFI award akan berpengaruh pada perusahan fundraising untuk tetap semangat mempertahankan tahun depan dan bagi yang belum terpilih harus semangat penghargaan bergengsi IFI award untuk diraihnya tahun depan.

    ReplyDelete
  9. Senang banget ada IFA Award ini ya mbak, apalagi apresiasi buat semua lembaga yang memang selama ini totalitas membantu masyarakat.

    ReplyDelete
  10. Menjadi bagian dari kegiatan kemanusian untuk saat ini bisa banget dilakukan secara online ya. Penghargaan IFA ini memberi penegasan kepercayaan pada lembaga terpilih dan juga masyarakat.

    ReplyDelete
  11. Keren banget Masha Allah acaranya sangat mengapresiasi sekali semoga kedepannya banyak yang ngikutin jejak mereka untuk membuat fundrising ya.

    ReplyDelete
  12. Salut dengan Lembaga fundraising Indonesia ini. Bekerja untuk kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat

    ReplyDelete
  13. Indonesia memang terkenal dengan kedermawannya ya mba. Congratulations to all winners

    ReplyDelete
  14. Setujuu..
    Fundraising, menyumbangkan dana memang bikin ketagihan.
    Kemudahan dan laporan yang jelas ke mana akan disalurkan, bikin banyak masyarakat semakin percaya.

    Selamat kepada para pemenang.

    ReplyDelete
  15. Senang bisa ikut dalam penganugerahan ini
    Bahkan organisasi favoritku juga masuk pemenang

    ReplyDelete
  16. Woww, ternyata Indonesia orang-orangnya baikan ya. Jiwa gotong royongnya masih kuat banget. Di Kitabisa sering banget mengadakan donatur dadakan dan hasilnya sungguh luar biasa. Kereeennnnn!

    ReplyDelete