7 Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara

7 Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara
Hai hai, apa nih menu buka puasanya hari ini? Meskipun saat ini kita tengah berjuang (dan bertahan) di tengah pandemi corona, kedatangan bulan suci nan mulia, Ramadan penuh barakah menjadi momentum yang tidak boleh kita sia-siakan. 

Ada banyak sekali keutamaan di bulan suci. Diantaranya, bulan ketika Allah menurunkan kitab suci Al Quran, bulan dimana terdapat malam Lailatul Qadr yang lebih baik daripada 1000 bulan.  Bulan tatkala Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka serta membelenggu setan-setan dari mengganggu manusia.

Berbicara tentang menu buka puasa, ada begitu banyak pilihan menu. Tentunya, kita dianjurkan memilih menu yang sehat, mudah dibuat dan bahan-bahannya juga ramah di kantong. Di negara kita, biasanya menu buka puasa terdiri dari yang manis dan segar seperti kolak, cendol, bubur sumsum, sop buah, es cincau, kue-kue dan masih banyak pilihan menu lainnya.

Nah, di negara lain kira-kira apa ya menu buka puasanya? Yuk kita intip aneka menu berbuka puasa dari negara lain, siapa tahu kita bisa membuatnya di rumah dan memberikan suasana berbeda, serasa berbuka puasa di negara luar walaupun Ramadan tetap di rumah saja.

  • Pide – Turki
Pide adalah roti datar ala Turki yang mirip pizza. Khasnya menu ini terletak pada toppingnya yang berupa lamb atau daging domba dan telur. Untuk adonan roti atau doughnya kita bisa menggunakan tepung, ragi, susu hangat, gula, garam, minyak zaitun dan butter. Sedangkan toppingnya menggunakan daging domba atau daging sapi, bawang putih, keju, daun mint, parsley, paprika, merica, garam dan minyak zaitun. Dimakan hangat-hangat, menu ini biasanya disajikan di Turki sebagai menu berbuka puasa.

  •  Nasi Briyani – India
Kalau menu yang satu ini, kita tentunya sudah familiar ya, karena menu ini dengan mudah bisa kita jumpai di Indonesia. Nasi briyani biasa disajikan bersama daging domba. Untuk membuatnya membutuhkan bahan yang tidak sedikit lho. Kita butuh daging kambing, kenari, beras yang biasanya berbentuk kecil dan panjang yang disebut beras basmati, kurma, irisan cabe, yoghurt, susu segar, jeruk nipis dan minyak untuk menumis. Sedangkan untuk bumbunya kita butuh bawang merah, jinten, jahe, cengkeh, bawang putih dan tentunya garam. Nasi ini biasanya disajikan dalam porsi besar dan disantap ramai-ramai.


  • Samosa – Pakistan
Samosa juga merupakan menu yang dengan mudah kita temukan di Indonesia. Penampilannya mirip martabak berbentuk segitiga, biasanya berisi daging domba, kentang, kacang polong dan bawang dan terkadang ditambahkan wortel dan mangga.


Untuk membuat menu ini, kita membutuhkan daging domba atau daging sapi atau bisa pula daging ayam, kentang, bawang putih, bawang bombay, kari bubuk, merica, kaldu bubuk, air, minyak, garam, gula, kacang polong, wortel dan untuk kulitnya bisa menggunakan kulit spring roll atau kulit lumpia.

  •  Nasi Lemak – Malaysia
Di Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan nasi uduk, yakni nasi yang berasal dari beras yang dimasak bersama santan dan bumbu-bumbu lalu dimakan dengan sejumlah lauk-pauk dan sambal.

Untuk membuatnya kita membutuhkan beras, santan, daun salam, jahe, daun serai, daun jeruk dan daun pandan. Tak lupa pula garam dan air secukupnya. Sebagai pelengkap kita bisa menambahkan ikan teri goreng, mentimun, telur dan kacang tanah goreng serta sambal goreng.

  • Harira -  Maroko
Harira merupakan sop tradisional Maroko yang biasanya disajikan saat berbuka puasa. Masyarakat disana sering menyantap harira dengan roti. Untuk membuat menu ini kita membutuhkan daging domba, kunyit, lada hitam, kayu manis, cabe, margarin, seledri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, tomat, air, kacang polong, kacang garbanzo, bihun, telur, lemon dan air. Proses memasaknya cukup lama, yakni hampir 3 jam. Sementara warna merah pada sop berasal dari tomat. Hmm, seperti apa ya rasanya.


  •  Qatayef - Yordania
Kamu suka pancake? Nah ini dia pancake ala Yordania. Qatayef adalah sejenis pancake dengan kayu manis dan diisi dengan kenari dan gula. Untuk membuatnya butuh bahan untuk kulit berupa tepung terigu, garam, air hangat, ragi, minyak sayur dan gula pasir. Sedangkan untuk isinya kita perlu cream chesse, gula pasir, jeruk lemon, sirup gula, kenari dan kayu manis. Rasanya manis dan segar dengan tambahan kayu manis yang yummy.


  •  Medames - Mesir
Medames ini mulai dikenal pada zaman Firaun yakni sejak dinasti kedua belas. Makanan ini adalah makanan tradisional Mesir yang terbuat dari rebusan kacang lava yang disajikan dengan minyak, bawang putih dan air lemon.

Untuk membuatnya, kita membutuhkan kacang lava kering yang direndam semalaman, 3 buah jeruk lemon yang diambil airnya, bawang putih, garam, daun bawang, minyak zaitun, lada hitam dan air.

Nah itulah tujuh menu berbuka puasa yang biasa disajikan dari berbagai negara di dunia. Tiap negara tentunya memiliki tradisi dan menu spesial yang berbeda untuk dimakan ketika berbuka puasa ya. Menu mana nih kira-kira yang ingin kalian coba?

Sumber :
         Kiblat.net   
         trosenses.com
         Happyfresh.id
         Food.detik.com
         Resepkoki.id
         Cairofood.id
         Masakapahariini.com
         Rasamalaysia.com











No comments